img_title
Foto : Instagram/@nadiepascale

IntipSeleb – Nama Susi Pudjiastuti terdaftar dalam urutan trending topic di Twitter sejak Rabu pagi, 23 Oktober 2019. Hal ini karena namanya tidak termasuk dalam daftar Menteri Kabinet Jokowi 2019 – 2024. Banyak yang bertanya, kemana Ibu Susi?

Tidak terdaftarnya wanita asal Pangandaran ini dipertanyakan oleh masyarakat luas. Pasalnya, ibu Nadine Kaiser ini dianggap sebagai pribadi yang tegas saat menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan periode lalu. Kata andalan yang terkenal “tenggelamkan” itu membuahkan hasil yang baik untuk negeri.

Baca juga: 5 Fakta Nadine Kaiser, Anak Menteri Susi yang Ditaksir Al Ghazali

Kebijakan yang dibuat Susi perihal penangkapan ikan ilegal ini menimbulkan penelitian yang diterbitkan di jurnal Nature. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa kebijakan agresif Susi terhadap penangkapan ikan ilegal telah mengurangi upaya tangkap sebesar 25% dan berpotensi menambah jumlah tangkapan sebesar 14% dan keuntungan sebesar 12%.

Prestasi Susi Pudjiastuti selama 4 tahun

Nadine Kaiser dan Susi PudjiastutiSumber: Instagram/@nadinepascale​​

Selain berhasil menenggelamkan 488 unit kapal ilegal, Susi juga menjadikan Indonesia sebagai peringkat pertama dalam perdagangan perikanan di ASEAM yang merupakan sejarah baru bagi negeri. Berkat usahanya tersebut Indonesia berhasil meningkatkan PDB Perikanan sebanyak 42% atau sejumlah RP349,53 triliun.

Topik Terkait