X
  • Nadine Kaiser

IntipSeleb – Nama Susi Pudjiastuti terdaftar dalam urutan trending topic di Twitter sejak Rabu pagi, 23 Oktober 2019. Hal ini karena namanya tidak termasuk dalam daftar Menteri Kabinet Jokowi 2019 – 2024. Banyak yang bertanya, kemana Ibu Susi?

Tidak terdaftarnya wanita asal Pangandaran ini dipertanyakan oleh masyarakat luas. Pasalnya, ibu Nadine Kaiser ini dianggap sebagai pribadi yang tegas saat menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan periode lalu. Kata andalan yang terkenal “tenggelamkan” itu membuahkan hasil yang baik untuk negeri.

Baca juga: 5 Fakta Nadine Kaiser, Anak Menteri Susi yang Ditaksir Al Ghazali

Kebijakan yang dibuat Susi perihal penangkapan ikan ilegal ini menimbulkan penelitian yang diterbitkan di jurnal Nature. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa kebijakan agresif Susi terhadap penangkapan ikan ilegal telah mengurangi upaya tangkap sebesar 25% dan berpotensi menambah jumlah tangkapan sebesar 14% dan keuntungan sebesar 12%.

Prestasi Susi Pudjiastuti selama 4 tahun

Nadine Kaiser dan Susi Pudjiastuti
Sumber: Instagram/@nadinepascale​​

Selain berhasil menenggelamkan 488 unit kapal ilegal, Susi juga menjadikan Indonesia sebagai peringkat pertama dalam perdagangan perikanan di ASEAM yang merupakan sejarah baru bagi negeri. Berkat usahanya tersebut Indonesia berhasil meningkatkan PDB Perikanan sebanyak 42% atau sejumlah RP349,53 triliun.

Selain itu, beliau juga berhasil meningkatkan produksi perikanan tangkap, PNBP perikanan tangkap, luas lahan konservasi dan konsumsi ikan Indonesia. Kenaikan tersebut membawa keuntungan bagi Indonesia.

Kebingungan netizen

Hampir 60 ribu cuitan di Twitter dilontarkan netizen soal Bu Susi. Mulai dari pertanyaan warganet soal alasan mengapa Susi Pudjiastuti tidak menjabat lagi sebagai Menteri hingga ucapan terima kasih kepada wanita tangguh itu.

“Saya tidak tahu apakah akan bahagia atau sedih tentang kabinet baru. Ada beberapa nama yang menjanjikan, ada beberapa pilihan yang dipertanyakan. Dan bu Susi masih belum ada.”

“bu susi adalah salah satu wanita terbaik di dunia. dia layak untuk tetap menjadi menteri urusan kelautan. bahkan leo memuji Anda: "). sangat menghormati Anda, Bu???? # WeWantSUSI”

Penjelasan Nadine Kaiser

Nadine Kaiser
Sumber: Instagram/@nadinepascale

Melalui Instagram Story sang anak @nadinepascale, Nadine Kaiser memberi penjelasan kepada netizen yang mencari Susi dalam daftar nama Menteri periode kali ini. Postingan dari @asumsico berisi seperti poster pencarian Susi Pudjiastuti diunggah kembali oleh cewek kelahiran Florida, Amerika Serikat itu. Diawali dengan kata maaf, Nadine mengungkapkan alasan mengapa sang ibu tidak menjabat lagi sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan

Sorry guys, dia kembali menjadi ibu, eyang & pebisnis wanita sampai pemberitahuan lanjut,” kata Nadine Kaiser, Rabu, 23 Oktober 2019.