X
  • Rachie Dendalidya

IntipSeleb – Pemilik nama lengkap Rachel Charlotte Lidya merupakan satu dari jutaan pengguna Twitter. Seperti kebanyakan orang, Rachie begitu sapaannya menuliskan beberapa tweet tentang dirinya. Yang menarik, beberapa pengakuan Rachie tentang dirinya dianggap kehaluan belaka dan mendapat banyak sorotan.

Rachie memang gemar menuliskan tentang perjalanan hidup dan pendidikannya saat ini. Ia juga sering mengangkat isu terkait hak dan kewajiban perempuan di Twitter. Menurut Rachie, ia tidak akan menikah dengan pria yang tidak mapan secara finansial. Sebab, berkeluarga itu mahal, dan harus memenuhi semua kebutuhan anak-anak kelak. Ia juga menuliskan skill dan prestasi yang dimilikinya untuk membuktikan kepada pria yang tidak setuju dengan pernyataannya tersebut.

“Skill apa? Prestasi apa? Hihi fyi aja mas, saya fasih 4 bahasa (bahasa Indonesia, Inggris, Jerman, Mandarin) Saya pemain piano dan cello Saya bisa bermain tennis, berenang, memanah, polo, pacuan kuda Saya bisa dansa Waltz Nah soal prestasi, yuk kita mulai ngelist di bawah,” tulis Rachie.

Rachie memang dikenal sebagai perempuan yang bijak dan pendidikan yang mantap di Jerman. Tapi, kok sekarang dia malah tidak menuliskan apapun lagi di Twitternya?

Jurusan Teknik Pertambangan UI

Rachie
Sumber: Twitter/@dendalidya

Karena sering membagikan kisah hidup dan jejang pendidikannya, Rachie dijadikan panutan oleh sebagian warga Twitter. Ia membuat beberapa tulisan tentang riwayat pendidikan keluarganya saat menjawab tweet dari netter soal tips berprestasi versi Rachie. Tidak mengungkapkan secara jelas apa tipsnya, Rachie justru menjelaskan bahwa kepintaran yang dimilikinya adalah warisan dari keluarga sang mama.

“Buat yang bertanya gimana, sebenarnya aku gak akan bisa begini tanpa didikan ortuku terutama mamaku. Mamaku sendiri adalah sosok yang cerdas dan sangat berbudaya. Oleh karena itu dia bisa mendidik aku dengan baik.”

Beberapa reaksi dilontarkan dalam kolom komentar. Mulai dari banjir pujian kepada Rachie dan beberapa kata-kata hujatan karena dianggap pamer oleh netizen. Hingga yang paling banyak dikomentari netizen adalah soal pendidikan mama Rachie. 

Mamaku sendiri dulu lulusan UI jurusan teknik pertambangan dan ambil S2 di IFA Paris jurusan luxury brand management. Ya karena pencapaian pendidikan mamaku sendiri itu, akhirnya diturunkanlah ke aku,” lanjut Rachie.

Komentar netizen

Cuitan tersebut mendapat 1 ribu komentar dari warga Twitter. Menurutnya, Rachie tidak menyadari bahwa tidak ada jurusan Teknik Pertambangan di Universitas Indonesia. Sebagian netizen juga menuliskan beberapa reaksi lucu sebagai bentuk sindiran kepada Rachie.

Kasihan Gres yg sibuk bela dia, tapi sbnrny ceritanya fiktif hmmm.. kenpa org2 TRY SO HARD TO IMPRESS ya? Apa enaknya bohong? Mana bohongnya agak tolol lagi, masa gak ngecek dulu jurusan di UI ada apa aja, jdi penasaran Gres pernah dibohongi apa Et tp urusan org, bkn urusan gue,” tulis salah satu netter.

Kuliah di Jerman

Selain itu, Rachie juga menuliskan bahwa ia termasuk salah satu mahasiswa di Goethe University jurusan HI dan Ekonomi Internasional. Namun, salah satu netizen yang mengaku sempat tertarik dengan universitas tersebut sengaja menanyakan langsung kepada pihak yang bersangkutan. Ia mengunggah tangkapan layar balasan email dari universitas tersebut bahwa tidak ada jurusan yang disebutkan oleh Rachie.

Kak krn aku jadi ikutan kepo juga, jdny ku tanya in smua ke studierende. Program kuliah double degree kakak itu (HI dan Ekonomi Internasional) dan program akselerasi nya ga ada di Goethe university. Orang Goethe Uni nya sampai kebingungan gitu. Ini sesat ga?”

Setelah itu, Rachie menuliskan beberapa tweet untuk membuktikan bahwa dirinya benar-benar kuliah di Jerman. Namun, tidak mau tinggal diam, netizen justru meminta bukti Kartu Tanda Mahasiswa, sementara Rachie tidak mengunggah foto KTM tersebut karena alesan pribadi.

Ardit Erwandha komentar

Ardit Erwandha
Sumber: Twitter/@arditerwandha

Warga Twitter dari berbagai kalangan turut mengomentari kehaluan yang sedang ramai dibicarakan. Salah satu komika, Ardit Erwandha juga kerap menyinggung Rachie dengan lawakannya di Twitter. Ia mengomentari Tweet Rachie yang menyatakan bahwa talenta dirinya adalah keturunan.

“Bisa dibilang talentaku itu adalah talenta keturunan. Contoh, aku awalnya disuruh belajar dansa Waltz, piano, cello, ballet, tennis, berenang, polo, dan pacuan kuda itu karena itu udah jadi “standar” di keluargaku, semua anggota keluargaku dari pihak mama bisa semua,” tulis Rachie.

Dengan bercanda, Ardhit yang merupakan pelawak sekaligus pemain peran dalam film komedi ini memanfaatkan kata “standar” yang sedang ramai diperbincangkan oleh netizen +62 di Twitter.

“Bisa dibilang talenta motorku itu adalah talenta keturunan. Contoh, motor aku bisa dibikin tinggi atau posisi miring itu karena ada “standar” di motor aku, semua motor anggota keluargaku dari pihak mama bisa semua,” tulis Ardit. Ngakak!