X
  • Ria Ricis

IntipSeleb – Menjadi seorang content creator tidak mudah dilakukan oleh sebagian orang. Harus memiliki jiwa kreatif yang tinggi agar hasil karya dinimkati oleh banyak kalangan. Saking kreatifnya, 6 artis di bawah ini rela jadi gembel demi konten. Namun, ada tak hanya demi viewers, ada nilai positif juga yang tersirat dalam rekaman video YouTuber berikut.

Selain itu, tema yang diangkat oleh para YouTuber adalah sosial eksperimen. Di mana, membantu sesama manusia merupakan salah satu tujuan baik dari konten menyamar menjadi gelandangan. Diawali oleh Baim Wong yang menjadi gembel, para pembuat konten lain mengikuti jejaknya. Seperti apa keseruan dan keharuan menyamar jadi gembel yang dibuat oleh 6 artis ini? Simak ulasan berikut.

Baim Wong​

Baim Wong

Video yang diawali dengan rekaman Baim Wong dirias sedemikian rupa hingga menyerupai seseorang tuna wisma tersebut disambut baik oleh warganet. Video berjudul JADI ORANG GILA ENAK JUGA!! PRANK ROMANTIS BARENG PAULA!! merupakan awal dari video prank menjadi gembel. Diunggah pada Januari 2019 lalu berhasil diputar sebanyak 11 juta kali, ternyata tema menyamar menjadi gembel ini menginspirasi content creator lain. 

Dalam aksinya tersebut, Baim mencari orang yang menurutnya bisa dijahili. Beberapa reaksi dilakukan saat melihat seorang gembel membawa kardus dan hanya mengenakan sarung sebagai busananya. Seperti diusir, diberi makanan, hingga kabur karena ketakutan. Waduh!

Atta Halilintar

Atta Halilintar

Video berjudul ATTA NYAMAR JADI GEMBEL MASUK RESTO MEWAH!! diunggah Atta pada Februari 2019. Vide tersebut berhasil mendapat 12 juta viewers hingga saat ini. Sebelum menyamar jadi gelandangan, Atta merekam dirinya belanja baju di sebuah pasar tradisional agar lebih maksimal melakukan aksinya.

Dengan merias wajah di mobil, Atta mulai melakukan prank jadi gembel di menit ke 4:19. Seperti Baim, orang-orang yang menjadi sasaran prank Atta menunjukkan berbagai aksi seperti ketakutan, dan curiga. Namun sayang, prank gembel kali ini gagal karena ada yang kenal dengan Atta Halilintar. 

Andhika Mahesa (Kangen Band)

Andhika Mahesa

Melalui YouTube channel Andhika Mahesa Official, Andhika membagi rekaman video tentang prank nyamar jadi gembel. Video berjudul Babang tamvan Nyamar jadi gembel malah diciduk Pol PP Semarang ini diunggah pada September 2019 dengan 700 ribu viweres. 

Dengan riasan dan busana layaknya gelandangan, Andhika melakukan aksinya menjadi pengamen. Dia dihina, diusir, danbahkan ditangkap oleh Satpol PP setempat. Apes! Tapi yang bikin haru, seorang nenek-nenek menghampiri Andhika dengan maksud untuk membantunya, ia pun memberi sejumlah uang sebagai bentuk terima kasih dan imbalan. 

Sarwendah

Sarwendah

Di Medan, Sarwendah berperan sebagai seorang pemulung dengan maksud untuk melihat apakah ada yang membantunya saat itu. Video yang berjudul SARWENDAH MENJADI PEMULUNG DI MEDAN – DIARY SARWENDAH ini diunggah pada awal Oktober 2019 lalu. Video itu berhasil ditonton sebanyak 2 juta kali. 

Mengenakan pakaian lusuh sebagai busana sebagai aksinya kali itu, Sarwendah menunjukkan reaksi yang dilakukan orang-orang kepada pemulung. Di awal tidak ada yang memberi makan Sarwendah, namun seorang gadis kecil yang mengalami kelainan pada matanya rela memberikan makanannya kepada Sarwendah yang sedang menyamar menjadi pemulung. Sarwendah pun menangis melihat kebaikan gadis cantik tersebut.

Nino Kuya

Nino Kuya

Dengan berpakaian kaus oblong lusuh lengkap dengan topi hitamnya, Nino membuat konten dengan prank kepada penjual handphone di konter-konter. Video berjudul Nyamar Jadi Gembel Beli I Phone 11, 60 Juta Cash!!! ini sempat menjadi trending No. 1 di Indonesia. Nino mengunggah video tersebut pada 11 Oktober 2019 dan sudah diputar sebanyak 13 juta kali. Wow!

Baca juga: Siapa Nino Kuya? Gembel Beli IPhone 11 Cash Rp60 Juta

Dalam video tersebut, Nino tidak diterima bahkan tidak digubris sama sekali oleh beberapa penjual di konter hp di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta. Waduh! Nggak tahu saja kalau Nino lagi nge-prank. Namun, akhirnya ia berhasil menjaili penjual handphone bernama Dwi setelah ditolak oleh dua konter hp.

Ria Ricis

Ria Ricis

Video berjudul RICIS NYAMAR JADI GEMBEL SAMPAI DIUSIR....SABAR ini diunggah pada Juni 2019 lalu. Unggahan ini merekam aksinya dengan wajah Ria dirias layaknya orang pinggiran dan berhasil mendapat 4 juta viewers. Dengan cara versi Ria, ia akan melakukan aksinya dengan menjadi seorang tuna wisma yang kekurangan. 

Baca juga: Video Ria Ricis Makan Gurita Hidup Bikin Merinding

Sasaran pertama yang ditunjuk Ria Ricis adalah seorang pedagang kacang pinggiran waktu malam hari. Awalnya si penjual tidak menggubris Ria, hingga di akhir ia memberikan sebagian dagangannya untuk Ria Ricis. Kebetulan saat itu adalah bulan Ramadhan, di mana Ria ingin melihat bagaimana sikap para penjual makanan kepada gelandangan.