X
  • Kevin

IntipSeleb – Keluar sebagai mantan finalis ajang pencarian bakat Indonesian Idol 2018 telah menjadikan sosok Kevin sebagai seseorang yang terkenal. Namun dibalik kepopulerannya sebagai penyanyi, Kevin ternyata menderita penyakit mental.

Kevin yang enggan membicarakan hal ini pada siapapun akhirnya berani buka suara dengan penyakit yang sedang dideritanya. Teman dari Ghea Indraswari ini bahkan sempat 10 kali dilarikan ke rumah sakit karena gangguan mentalnya tersebut. Yuk intip kisah Abraham Kevin!

Alami Gangguan Psikosomatis

Kevin
Sumber foto: instagram/@abraham.kevin_

Tiga hari lalu, dalam sebuah acara tanya jawab yang ditayangkan di sebuah stasiun TV, Kevin bercerita bahwa dirinya mengalami gangguan psikosomatis. Psikosomatis adalah penyakit yang melibatkan pikiran dan tubuh dan hal inilah dapat memicu penyakit atau memperparah suatu penyakit.

Penyakit yang dideritanya ini juga berdampak pada ketakutan yang berlebihan sehingga membuat jantung berdebar dan tremor. Hal ini pula dirasakan oleh Kevin.

“Kadang aku ngerasa deg-degan, kadang mataku blur. Tapi kata dokter gak ada apa-apa. Jadi itu cuma reaksi. Kadang aku mengalami vertigo, kadang kaki-kakiku lemes dan gak bisa digerakkin. Takutnya saraf motoriknya keganggu. Tapi aku cek ke ahli syaraf itu gak ada masalah apa-apa,” ujar Kevin dalam acara Q&A.

Terjadi Setiap Hari

Kevin
Sumber foto: instagram/@abraham.kevin_

Kevin juga mengaku bahwa gangguan psikosomatis terjadi setiap hari. Bahkan telah menjadi makanannya sehari-hari. Ia tidak bisa memprediksikan kapan hal itu akan terjadi, namun setiap pagi, siang dan malam gangguan mental tersebut selalu datang.

Lelaki yang dijuluki Travis Scott Indonesia itu juga sempat mengalami ketakutan berlebihan ketika diundang ke acara Q&A Metro TV. Pikirannya bercampur aduk ketika harus tampil untuk ribuan penonton. Bahkan Kevin pun berpikir bahwa dia akan sakit ketika tampil di layar kaca.

Lebih Lega Kalau Menyanyi

Abraham kevin
Sumber foto: instagram/@abraham.kevin_

Meskipun sempat panik dan ketakutan, ternyata menyanyi adalah obatnya saat itu. Kevin yang memang memiliki bakat dalam hal tarik suara ini ternyata bisa sedikit lebih tenang dengan bernyanyi. Menurutnya, menyanyi adalah salah satu hal yang dapat menyalurkan emosinya. Sehingga Ia akan santai dan rileks dengan apa yang akan Ia hadapi.

Kevin juga enggan menceritakan hal ini pada orang lain. Dirinya berpikir bahwa orang-orang akan menjudge jika tahu mengenai penyakit dalam dirinya.

Awal Mula Sakit

Kevin

Sumber foto: instagram/@abraham.kevin_

Pria kelahiran tahun 2000 ini awal mulanya karena sering mendiagnosa penyakitnya sendiri. Kevin yang awalnya adalah seorang atlet ini sebelumnya belum pernah memiliki riwayat penyakit yang parah. Hingga suatu hari, dia memiliki asam lambung dan membuatnya ketakutan.

“Sensasi asam lambung itu bikin gue cari di Google dan gak ada yang bisa jadi pegangan apakah gue sehat apa sembuh. Tapi ketika cek semuanya normal. Tapi reaksi tubuh itu sakit bener-bener lemes,” ujar Kevin.

Ketika dirinya mengalami ini, yang Ia rasakan seperti serangan jantung, mata blur, sesak nafas seperti rasanya dicekik. Ia juga sempat mengatakan pada orang-orang di rumahnya, namun mereka tidak percaya dengan apa yang diderita Kevin.

“Saking keselnya saya jedotin kepala saya agar mereka percaya atau pukul-pukul dispenser. Karena dalam keluarga saya, hanya saya yang mengalami gangguan seperti ini,” ujar Kevin.

Baca Juga: Kembali Dihujat Massal, Kondisi Mental Awkarin Bikin Khawatir