IntipSeleb – Kabar duka datang dari pembalap motor Afridza Munandar. Ia dinyatakan tewas setelah dilarikan ke Rumah Sakit Kuala Lumpur menggunakan helikopter. Afridza mengalami kecelakaan pada tikungan ke-10 di lap pertama dalam Race 1 di Sirkuit Sepang, Malaysia, Sabtu 2 November 2019. 

Menurut laporan Viva.co.id, di tikungan sembilan Afridza berhasil mendahului pemimpin klasemen, Takuma Matsuyama. Melihat Afridza mendahului, Matsumaya nekat mengerem keras di tikungan 10. Saat keluar tikungan, tampak motor Matsumaya sedikit lebih pelan dari Afridza yang meluncur kencang. 

Namun sayang, jalur yang dipilih Afridza sama dengan Matsumaya, sehingga ia tidak sempat menjaga jarak aman.  Roda depan motor Afridza menabrak roda belakang motor Matsuyama. Afridza langsung terjatuh, sementara Matsuyama tampak masih bisa melanjutkan balapan. Beberapa waktu kemudian, tampak motor Afridza hancur bagian depannya. 

Nomor start 4 yang ia gunakan tidak lagi terlihat, sementara petugas sibuk menggotong tubuhnya ke gedung perawatan. Kabar duka ini membuat nama Afridza Munandar terdaftar dalam urutan trending topic di Twitter pada Sabtu, 2 November 2019. Warganet berbondong-bondong melontarkan rasa duka kepada pembalap andalannya tersebut. Lantas siapakah sosok Almarhum Afridza Munandar? Simak ulasan berikut.

Pembalap asal Tasikmalaya

Sumber: Motogp

Afridza Munandar merupakan seorang pembalap motor Indonesia. Namanya mulai dikenal publik saat meraih juara di ajang balap nasional. Pria kelahiran Tasikmalaya ini merupakan salah satu rider paling mencolok dalam Kejuaraan Nasional Oneprix Indonesia Motoprix 2019 dengan membela AStra Motor Racing Team (ART) Yogyakarta.

Lulusan Honda terbaik

Sumber: Viva.co.id

Dilansir dari Viva.co.id, Afridza Munandar adalah salah satu pembalap yang diunggulkan oleh tim Astra Honda Racing Team. Pemuda asal Tasikmalaya, Jawa Barat yang kini bermukim di Bogor itu dikenal sebagai pembalap yang bertalenta. Berdasarkan keterangan dari PT Astra Honda Motor, Afridza merupakan salah satu pembalap lulusan Astra Honda Racing School pada 2017. Sebagai pemalap muda, ia terpilih seleksi Dorna Sport untuk mengikuti ajang balap ATC sejak 2018.

Pada ATC 2019, Afridza berada di posisi ketiga klasemen dengan 142 poin, 27 angka tertinggal dari pemimpin klasemen sementara. Ia juga pernah memperkuat AHRT, dalam ajang Suzuka Endurance 4 Hours di Jepang.

“Kami juga turut menyampaikan duka untuk keluarga yang ditinggalkan Afridza. Semoga diberi ketabahan dan selalu dalam lindungan Allah SWT," ujar General Manager Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin dilansir dari Viva.co.id

Pembalap yang menonjol

Afridza Munandar
Sumber: Instagram/@afridzasyach

Afridza merupakan salah satu unggulan bangsa, ia dikenal sebagai sosok pembalap yang menonjol sepanjang musim ini dilasir dari Motogp. Sepanjang musim balapan Idemitsu Asia Talent Cup 2019 ini, Afriza telah meraih dua kemenangan, dua kali peringkat kedua dan finis urutan ketiga. 

Pada pertengahan Oktober lalu, balapan seri ke-5, Idemitsu Asia Talent Cup 2019, Afridza sukses meraih podium di Sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang.

Menuliskan kata mutiara

Afridza Munandar
Sumber: Instagram/@afridzasyach

Dilihat dari akun Instagram pribadinya, Afridza menuliskan kata-kata mutiara yang berkesan Menurutnya, menjadi sukses adalah bukan segalanya, ia lebih memilih untuk menjadi orang yang berguna

Try not to be a success, but be a worthy one,” tulisnya.