X
  • Calon sarjana, Ernest

IntipSeleb – Channel YouTube Calon Sarjana tengah menjadi buah bibir warganet karena telah plagiat video-video luar negeri. Pemilik JT YouTube mengunggah tangakapan layar lewat akun Twitter pribadinya. Ia menampilkan perbandingan antara kanal YouTube nya dan kanal YouTube Calon Sarjana. 

“12,4 juta subscriber dan dia mencuri thumbnail saya. Dia benar-benar tidak tahu apa yang saya lakukan,” tulis @JTonYouTube.

Viralnya cuitan JT YouTube tersebut membuat warganet tidak menyangkan kalau Calon Sarjana telah menjiplak karya orang lain. Terlebih, Calon Sarjana berhasil masuk nominasi dalam sebuah acara penghargaan Panasonic Gobel Award 2019 sebagai kategori Kreator Konten Digital.

Patut disayangkan y satu-satunya channel YT yg masuk 5 besar @PGAward. Indonesia yg dikirain paling bermutu diantara lainnya eh ternyata reuploader. Ngenes banget y kriteria Award. #CalonSarjana,” kata salah satu netter.

Viral dari Kamis, 7 November 2019 hingga kini, pihak Calon Sarjana akhirnya meminta maaf kepada publik lewat Twitter. Mereka tak lupa juga melontarkan permintaan maaf kepada JT YouTube yang telah dicuri karyanya.

Calon Sarjana minta maaf kepada JT YouTube

Berdasarkan unggahan pemilik JT YouTube di Twitter, Calon Sarjana telah mengirimkan permohonan maafnya lewat direct message. Dengan bahasa Inggris, Calon Sarjana telah menyadari kesalahannya. Ia juga meminta yang bersangkutan untuk memberitahu apa yang harus dilakukannya untuk menyelesaikan permasalahan ini.

“Untuk pemilik JT Youtube, mewakili Calon Sarjana, kami ingin meminta maaf dalam-dalam karena mencuri ide anda, menggunakan thumbnail dan cuplikan dari video anda tanpa persetujuan Anda. Kami telah menyadari apa yang kami lakukan adalah sangat salah, dan kami benar-benar minta maaf atas properti kreatif ini. Karenanya, kami telah menghapus video dari saluran kami, karena kami memahami kekhawatiran Anda dan menghormati pandangan Anda tentang masalah khusus ini. Jika ini tidak memuaskan bagi Anda, beri tahu kami apa yang dapat kami lakukan untuk menyelesaikan ini dengan damai.”

Dalam tangkapan layar tersebut telihat JT YouTube tidak menggubris Calon Sarjana. Ia hanya menuliskan keterangan “namun masih ada 100-an video curian. 12 juta subs, ok sobat.” dalam unggahannya pada Kamis, 7 November 2019.

Calon Sarjana minta maaf depan publik

Calon Sarjana
Sumber: Twitter/@calonsarjanaaa

Selain meminta maaf kepada JT YouTube yang telah dicuri karyanya, Calon Sarjana juga meminta maaf kepada masyarakat Indonesia yang merasa dirugikan. 

“Kami juga memohon maaf kepada seluruh subscribers dan seluruh pihak yang telah kami kecewakan. Kami selalu berusaha untuk belajar dari kesalahan dan permasalahan yang telah terjadi. Setelah kejadian ini pun, kami sadar bahwa itu pun tidak cukup.”

Komentar Ernest Prakasa

Ernest Prakasa
Sumber: Twitter/@ernestprakasa

Sebagai sesama kreator, Ernest merasa malu akibat perbuatan Calon Sarjana. Lewat akun Twitter, Ernest menampilkan susunan bisnis Calon Sarjana dengan menyebut Infia sebagai kepala dari Channel YouTube Calon Sarjana. 

Seriusan yutub Calon Sarjana itu kerjaannya Infia juga? Itu perusahaan ga bisa dipenjara ya bosnya? Kok enak banget. Dulu Dagelan udah nyomot2 konten orang seenaknya, sekarang malah bikin malu 1 negara. Bangke amat.”

Ernest juga tidak sungkan untuk melontarkan kata-kata kasar karena telah tersulut emosi mendengar kabar plagiat Calon Sarjana.

“Sori banget nih. Tapi sebagai sesama seniman/kreator, gw gampang banget kepancing emosi kalo ada kasus pencurian ide. Apalagi oleh korporasi, dan dilakukan berulang-ulang untuk mengeruk keuntungan. Bajingan,” tulis Ernest Prakasa.