img_title
Foto : Instagram/xolovelyayana

IntipSeleb – Ayana Moon menuai kritik setelah masuk ke dalam masjid Istiqlal menggunakan alas kaki. Perempuan bernama lengkap Ayana Jihye Moon ini dianggap tidak menghormati masjid karena memakai alas kaki.

Alih-alih tersinggung, Ayana Moon memberikan jawaban bijak atas tuduhan tidak menghormati batas suci di masjid Istiqlal. Seperti apa pembelaan Ayana Moon? Yuk simak artikel di bawah ini.

Ditegur Pakai Sepatu di Dalam Masjid Istiqlal

Instagram/xolovelyayana
Foto : Instagram/xolovelyayana

Ayana Moon ditegur oleh sejumlah netizen setelah mengunggah foto di depan beduk raksasa di dalam Masjid Istiqlal. Beberapa netizen itu melayangkan protes karena Ayana Moon memakai sepatu hak tinggi di dalam Masjid Istiqlal.

Backlight #ootd di depan beduk raksasa. Sudah nonton vlog aku belum? Waktu itu, alhamdulillah aku dapat kesempatan mengunjungi dan solat di Masjid Istiqlal. Setelah renovasi, Masjid Istiqlal menjadi lebih bagus dan indah. Semoga kita bisa solat berjammah di Masjid Istiqlal. Aamiin! Link youtube nya di profil IG ku #Jakarta #MasjidIstiqlal,” tulis Ayana Moon dilansir IntipSeleb dari Instagram @xolovelyayana yang diunggah pada 24 Maret 2021.

Kok pakai sepatu di masjid unnie?” tanya netizen.
Kok pake spatu cantik, masuk mesjid, gk boleh, itu rumah Allah,” sambung yang lain.
Tolong lebih perhatikan adab dlm mengunjungi masjid,” kata berikutnya.
Sepatunya jgn masuk,” komentar warganet.

Namun rupanya, Ayana Moon sudah memberikan penjelasan jika dirinya memakai sepatu di luar batas suci Masjid Istiqlal. Perempuan berusia 25 tahun itu bahkan mengaku ditemani oleh pihak Masjid Istiqlal saat berkunjung ke masjid terbesar di Asia Tenggara itu.

Ini sudah di luar batas suci, jadi boleh pakai sepatu lagi. I was even with a person from Masjid Istiqlal teman teman. ku pakai sepatu karena ini sudah di luar batas suci, jadi boleh pakai sepatu lagi. And I was even with the person from Masjid Istiqlal. Tolong BACA caption dong teman teman,” kata Ayana Moon memberikan penjelasan.

Minta Membaca Seperti Ajaran Islam

Instagram/xolovelyayana
Foto : Instagram/xolovelyayana

Ayana Moon kemudian memberikan klarifikasi lebih lanjut di Instagram Story. Ia menekankan netizen untuk membudayakan membaca terlebih dahulu sebelum men-judge. Menurut Ayana Moon, membaca merupakan salah satu ajaran yang penting di agama Islam.

Tentu saja saya tidak memakai sepatu di mana saya harus melepas sepatu saya. Hanya ingin memastikan bahwa pihak masjid menemani saya dan tim saya sepanjang waktu. Terus, kami memeriksa satu per satu sebelum apa pun yang kami lakukan. Tolong BACA. Membaca juga penting dalam agama kebanggaan kita, Islam,” tulisnya dalam Instastory.

Ia juga berterima kasih kepada netizen yang membelanya dari tuduhan tidak menghormati masjid Istiqlal karena memakai sepatu. Ayana Moon kecewa kepada orang-orang yang salah paham. Padahal menurut pengakuannya, Ayana dan tim YouTube-nya tetap menghormati Masjid Istiqlal.

“Ya sayangnya. Lagian, tempat itu ada di depan tangga dan orang lain bisa memakai sepatu juga di sana. Aku bahkan ditemani sama pihak Masjid Istiqlal dan mengecek beberapa kali saat aku pakai dan lepas sepatuku. Terima kasih atas komentarmu,” tutup Ayana Moon terkait tuduhan tidak menghormati Masjid Istiqlal karena tidak melepas sepatunya.

Berita Terkait
Topik Terkait