X

IntipSeleb – Hari Guru di Indonesia diperingati setiap tanggal 25 November. Hari tersebut menjadi momen untuk menunjukkan penghargaan pada guru-guru yang telah berjasa mendidik anak muridnya. Diketahui, profesi sebagai guru merupakan pekerjaan yang mulia. Tak banyak orang yang dapat mendidik orang lain seperti yang dilakukan oleh para guru.

Namun 6 aktor dan aktris berikut berkesempatan menjajal tugas sebagai guru meski hanya sebatas film. Bahkan karakter guru itu pun begitu melekat dengan pribadi mereka meski di luar dari film tersebut. Siapa saja? Ini nih daftarnya.

Cut Mini - Laskar Pelangi

Sumber foto: laskarpelangithemovie.blogspot

Karakter Bu Muslimah dalam film Laskar Pelangi tahun 2008 yang diperankan Cut Mini begitu melekat di ingatan. Aktris 45 tahun itu berhasil menggambarkan sosok Bu Muslimah dengan sangat apik.

Bu Muslimah digambarkan sebagai sosok pengajar pertama bagi anak-anak Laskar Pelangi dan yang paling berharga bagi mereka. Cut Mini juga berhasil menampilkan akting total dengan logat melayu yang kental. Ditambah dengan kesabaran dan kelembutannya mendidik para murid menyadarkan penonton jika menjadi seorang guru tidaklah mudah. Setuju enggak nih?

Laudya Cynthia Bella - Aisyah: Biarkan Kami Bersaudara

Sumber foto: indonesianfilmcenter.com

Laudya Cynthia Bella juga pernah menjajal profesi guru dalam film Aisyah: Biarkan Kami Bersaudara yang dirilis tahun 2016 lalu. Film yang diangkat dari kisah nyata seorang wanita Muslim itu, menceritakan tentang perjuangannya jauh dari orang tua untuk mengajar di desa terpencil di daerah Nusa Tenggara Timur (NTT).

Film garapan Herwin Novianto ini mencerminkan seorang guru yang gigih dan tidak membedakan agama meski ada anak murid yang membencinya. Kesabaran yang ditunjukkan Laudya Cynthia Bella begitu terasa dan sampai ke hati penontonnya. Dari situ lah, penonton semakin sadar jika Indonesia terdiri dari masyarakat majemuk yang kaya akan suku, bangsa, bahasa dan agama. Dengan adanya toleransi, maka perbedaan tersebut bukanlah suatu masalah dan malah membuat hidup menjadi lebih indah.

Prisia Nasution - Sokola Rimba

Sumber foto: Kineforum

Prisia Nasution berperan sebagai karakter Butet Manurung dalam film Sokola Rimba yang dirilis 2013 lalu. Butet merupakan seorang guru yang mengajar baca serta tulis kepada masyarakat Suku Anak Dalam yang tinggal di hulu sungai Makekal di daerah Jambi.

Prisia pun berhasil memvisualisasikan perjuangan Butet mendidik anak-anak Rimba yang terbilang tidak mudah. Dimana, ia dihadapkan dengan mitos yang membelenggu salah satu anak muridnya yang percaya jika belajar akan membawa malapetaka untuk mereka. Namun usaha Prisia menggambarkan sosok Butet itu pun patut dihargai.

Reza Rahadian - Guru Bangsa: Tjokroaminoto

Sumber foto: Viva.co.id

Reza Rahadian juga bisa dibilang sukses memerankan guru yakni Tjokroaminoto dalam film Guru Bangsa: Tjokroaminoto. Dari karakter yang dimainkannya, penonton mengenal sosok Tjokroaminoto sebagai pejuang dan juga guru dari para pemimpin penggerak seperti Soekarno, Semaoen, Alimin, dan Musso.

Film yang disutradarai oleh Garin Nugroho ini memang bercerita tentang kisah salah satu pahlawan bangsa Indonesia yakni Oemar Said Tjokroaminoto atau biasa dikenal dengan Tjokro. Lewat Reza Rahadian penonton dibuat semakin menyadari perjuangan Tjokroaminoto dalam memperjuangkan bangsa Indonesia dan menjadi guru yang hebat pada masa itu.

Donny Alamsyah - Negeri 5 Menara

Sumber foto: databasefilm.blogspot

Sosok Donny Alamsyah juga berhasil menciptakan karakter guru inspiratif dalam film Negeri 5 Menara yang dirilis tahun 2012. Di bagian awal film diceritakan karakter Donny sebagai Ustaz Salman yang mempengaruhi santri-santrinya dengan ungkapan 'Man jadda wajada'.

Ia menunjukkan pada santrinya bahwa apa saja yang dilakukan dengan sungguh-sungguh maka akan berhasil. Kalimat itulah yang menjadi pedoman bagi murid-muridnya dalam mengarungi kehidupan.

Mathias Muchus - Denias Senandung di Atas Awan

Sumber foto: Hipwee

Karakter Pak Guru juga begitu melekat dalam diri Mathias Muchus. Dalam film Denias Senandung di Atas Awan, suami Mira Lesmana itu berhasil menjadi sosok guru yang begitu berjasa bagi Denias untuk bisa mengenyam pendidikan.

Sosok Mathias Muchus yang begitu bersahaja ini juga mampu membuat penonton ikut terbius dengan kalimat-kalimat penyemangat yang disampaikannya pada Denias, bocah dari desa terpencil yang berjuang agar bisa sekolah. Nah, dari sederet artis yang berperan sebagai guru, siapakah favoritmu? Selamat hari guru ya!