img_title
Foto : Netflix/ Film Romantis Indonesia

IntipSelebFilm romantis Indonesia memang memiliki nilai tersendiri di hati penggemarnya. Film ini berkaitan langsung dengan kisah cinta yang nyata dengan pengalaman pribadi pemainnya dan juga penontonnya. Selain alurnya yang menarik dan kadang-kadang melankolis, terkadang cerita yang disuguhkan pun disajikan dengan sangat sempurna oleh para pemerannya.

Deretan film romantis Indonesia yang mungkin dapat dikenang dan melekat di benak penonton salah satunya adalah film 'Ada Apa Dengan Cinta 2'. Selain disebut film reuni karena vakum dari AADC pertama dengan jarak waktu yang lama, film tersebut berhasil membuat sosok Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra namanya diingat kembali oleh remaja era 2000-an. Selain film AADC 2, masih banyak lagi deret film romantis Indonesia lainnya yang membuat penontonnya baper. Penasaran apa saja film yang membuat penonton baper dan menangis, yuk berikut IntipSeleb rangkum artikelnya.

Film Ada Apa Dengan Cinta 2

Netflix/ Ada apa dengan cinta 2
Foto : Netflix/ Ada apa dengan cinta 2

Ada Apa dengan Cinta 2 merupakan film remaja yang kembali disuguhkan setelah film pertama Ada Apa dengan Cinta jilid 1 di tahun 2002 berhasil membuat jutaan penonton susah move on . Sosok Rangga dan Cinta sangat dikenang dan dinantikan oleh para pencinta AADC tahun 2002 lalu. Dibintangi oleh pemeran yang sama yaitu Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra sebagai Cinta dan Rangga yang membuat masyarakat Indonesia menggilainya pada era AADC tersebut.

Cerita karya Mira Lesmana ini memang patut diapresiasi dan diacungi jempol. Secara terpisah selama 14 tahun film AADC ini dibuat kembali dan merupakan reuni setelah berpisah lama antar pemain AADC tersebut. AADC ini dibuat kembali dan merupakan reuni setelah berpisah antar pemain AADC tersebut. Film karya Miles Production tersebut berhasil menggebrak dunia layar lebar dengan alur terbarunya di tahun 2016.

Film Ada Apa dengan Cinta 2 ini tayang pada 28 April 2016 dan berhasil meraih 3,6 juta penonton serta merupakan film terlaris kedua di tahun 2016 lalu. Tidak hanya itu film yang legendaris dan banyak dinantikan tersebut rilis hanya dan tayang di beberapa negara, tidak di Indonesia. Malaysia, Brunei, dan Singapura pun bangsa kecipratan karya anak tercinta ini.

Disebut film terlaris sepanjang 2016, menceritakan kisah kelanjutan dari yang sebelumnya selama 14 tahun antara Rangga dan Cinta di sekolah menengah atas bertemu kembali ketika mereka berada di Yogyakarta setelah Rangga yang meninggalkan Cinta tanpa kejelasan pada saat Ada Apa dengan Cinta tahun 2002.

Film Ayat Ayat Cinta 2

Netflix/ Ayat-Ayat Cinta 2
Foto : Netflix/ Ayat-Ayat Cinta 2

Siapa yang tidak tahu dengan film yang sangat terkenal ini. Sosok Fahri Abdullah telah digandrungi kaum wanita sejak film Ayat Ayat Cinta pertama di tahun 2008 silam. Fahri Abdullah telah digandrungi kaum wanita sejaj film Ayat Ayat Cinta pertama di tahun 2008 silam. Sosok Fahri pun menjadi incaran semua wanita. Kembali rilis di tahun 2017 membuat film Ayat-Ayat Cinta 2 ini kembali dikenang setelah 9 tahun hilang. Nama Fedi Nuril dan Dewi Sandra Kembali menuai segala pujian dari hasil karya dalam film romansa yang begitu sayang ini. Film karya MD Pictures dan diproduseri langsung oleh Manoj Punjabi beserta sutradara keren Guntur Soehardjanto ini berhasil membuat penonton menangis.

Cerita milik Alim Sudio dan Ifan Ismail ini sukses membuat penonton setia Ayat Cinta meneteskan air mata. Kisah Fahri yang semakin rumit berkat hadirnya sosok Hulya (Tatjana Saphira) membuat peran Aisha yang sebelumnya disandingkan dengan sosok Fahri ini menjadi tergantikan. Fahri yang masih menantikan Aisha akan kembali hidup dan menemuinya, dengan begitu tidak merespon adanya Hulya yang ceria dan dinamis.

Film yang menghadirkan keromantisan antara Fahri dan Aisha ini berhasil ditonton oleh 2,9 juta orang yang begitu antusias menunggu film romansa cinta yang kental sekali dengan agama Islam. Dengan perolehan tersebut membuat film Ayat Ayat Cinta 2 ini menduduki posisi ke-3 sebagai film box office Indonesia pada tahun 2017.

Film Habibie & Ainun 3

Instagram/Habibie&Ainun3
Foto : Instagram/Habibie&Ainun3

Film romantis Indonesia yang menceritakan kisah cinta yang sesungguhnya mengenai perjalanan cinta BJ Habibie Habibie & ibu Ainun. Disutradarai langsung oleh Hanung Bramantyo Bramantyo dan penulis naskah cerita Ifan Ismail, film lanjutan dari Rudy Habibie, Habibie & Ainun 1, begitu dahsyat dan dinantikan oleh semua penonton tanah air. Film kisah cinta romantis yang ditayangkan di dua negara ini disambut positif oleh penggemar setia Habibie & Ainun.

Habibie & Ainun Ainun 3 ini menceritakan sosok ibu Ainun saat muda, yang dibintangi oleh aktris cantik dan berprestasi Maudy Ayunda. Kemiripan yang ada dalam sosok Maudy Ayunda dan Ibu Ainun ini membuat Hanung Bramantyo menggunakan pemeran utama. Reza Rahardian pemeran sosok Habibie pun kembali main dalam jilid 3 ini, ditemani Jefri Nichol sebagai pemeran baru dalam film ini. Film yang dirilis pada 19 Desember 2019 karya MD Pictures dan diproduseri langsung oleh Manoj Punjabi, berhasil mendapatkan sebanyak Rp84 miliar.

Film Habibie & Ainun 3 ini menceritakan kisah balik sosok Ainun pada saat masih muda dan menjadi seorang mahasiswi kedokteran di Universitas Indonesia. Film romansa cinta Habibie & Ainun ini menarik penonton sebanyak 2,3 juta orang dan menduduki peringkat 5 film Indonesia terlaris. Pencapaian film ini juga membuat pihak MD Pictures menaikkan kinerja keuangan di Bursa Efek Indonesia.

Film Dilan Dilan1990

Instagram/Dilan1990
Foto : Instagram/Dilan1990

Film romantis Indonesia karya Pidi Baiq dan Fajar Bustomi ini sempat menjadi film terlaris sepanjang tahun 2018. Lewat Max Pictures, Film Dilan 1990 berhasil menggebrak bioskop Indonesia dengan tiket habis ditonton setiap hari. Kisah asmara film ini bercerita tentang Dilan dan Milea seorang pelajar SMA di Kota Bandung, yang diambil langsung dari kisah novel karya Pidi Baiq.

Dibintangi Iqbaal Ramadhan Vanesha Prescilla, keduanya berhasil membuat semua penonton di Indonesia baper dan terhipnotis. Menceritakan perjuangan seorang pelajar SMA yang bernama Dilan yang berandal mengejar cinta dari Milea gadis baik-baik. Keduanya memang terlihat cocok dan sesuai dengan usia yang diperankan dalam film tersebut. Dilan yang sempat populer dengan kata “Milea jangan rindu berat (kamu gak akan kuat)..biar aku saja” berhasil menjadi idola baru tanah air.

Pada saat rilis di semua bioskop tanah air, film Dilan 1990 ini memang heboh dan diburu penonton sehingga setiap hari tiket Dilan 1990 habis di buru penonton. Berhasil menarik penonton sebanyak 6,4 juta orang membuat film ini disebut sebagai film Indonesia terlaris sepanjang 2018 dan terlaris kedua sepanjang masa.

Film yang menyajikan kisah cinta Dilan dan Milea tersebut berhasil meraup keuntungan sebanyak Rp250 miliar hingga batas penayangan di Bioskop. Dengan prestasi tersebut membuat film karya Pidi Baiq ini mendapatkan beberapa penghargaan bergengsi seperti Indonesian Choice Awards 2018 berhasil meraih Movie oh the Year , Film Terfavorit , dan menjadikan pasangan terfavorit yaitu Dilan & Milea .

Dan juga berhasil menyabet piala diTelevisi Indonesia Awards 2018 sebagai artis terpopuler yang diraih Vanesha Prescilla.

Topik Terkait