img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb – Film Indonesia terbaik tentunya tak kalah dengan kualitas film Hollywood ataupun film luar negeri lainnya. Film Indonesia terbaik memiliki unsur-unsur yang membuat film tersebut layak untuk dibilang terbaik. Dari segi kualitas, film Indonesia terbaik menampilkan jalan cerita yang jelas atau ide cerita cemerlang, plot, penokohan, serta alur menarik. Yang akhirnya itu memberikan nilai dan pesan yang mudah dimengerti dalam penayangannya. Sehingga membuat orang-orang jadi berpikir bahwa film tersebut layak menjadi film Indonesia terbaik. Bahkan, adegan-adegan di dalam filmnya menjadi hal yang ikonik dan mudah diingat.

Kalau kamu bingung sedang ingin menonton apa, IntipSeleb bisa banget bantu kamu untuk nonton rekomendasi film Indonesia terbaik nih. Langsung aja, check it out guys!

1. Ali & Ratu Ratu Queens

pinterest
Foto : pinterest

Mengisahkan tentang Ali (diperankan Iqbaal Ramadhan) yang sedang mencari keberadaan sang ibu, Mia (diperankan oleh Marissa Anita), yang pergi meninggalkan Ali saat kecil untuk pergi mengejar impiannya ke New York. Sehingga Ali tumbuh besar tanpa ada sosok ibu di sampingnya. Hingga akhirnya, Ali beranjak dewasa dan mulai mencari keberadaan sang ibu dengan pergi ke New York. Tak semudah membalikkan telapak tangan, berbekal alamat yang ada di surat-surat temuan ia dari sang ibu, Ali justru belum bisa bertemu sang ibu. Tetapi, ia bertemu dengan ibu-ibu yang sudah lama tinggal di apartemen yang sempat ditinggali oleh Mia. Ali pun akhirnya dibantu oleh ibu-ibu, Party (diperankan oleh Nirina Zubir), Biyah (diperankan oleh Asri Welas), Ance (diperankan oleh Tika Panggabean), dan Chinta (diperankan oleh Happy Salma) untuk mencari jejak Mia. Sampai akhirnya mereka menemukan fakta baru tentang keberadaan Mia, ibu dari Ali. Penasaran fakta apa yang ditemukan Ali di New York? Langsung aja kamu tonton buat tahu keseruannya!

Tayang di platform Netflix sejak 17 Juni 2021, salah satu film Indonesia terbaik Ali & Ratu Ratu Queens banyak menuai pujian. Film Indonesia terbaik ini bergenre drama-komedi dan disutradarai oleh Lucky Kuswandi. Banyak nilai dan hal-hal yang dapat dipetik dalam film ini, utamanya tentang keluarga. Hati-hati, film ini mengandung sedikit bawang bombay, sehingga kamu harus menyiapkan tisu nih, guys.

2. Cek Toko Sebelah

pinterest
Foto : pinterest

Banyak mendapatkan ulasan positif, film Indonesia terbaik Cek Toko Sebelah menuai kesuksesan. Berdurasi 98 menit, film Indonesia terbaik Cek Toko Sebelah menceritakan kisah Erwin (diperankan oleh Ernest Prakasa) yang memiliki kehidupan dan karier cemerlang dilengkapi dengan kekasih yang cantik, Natalie (diperankan oleh Giselle Anastasia). Suatu hari, sang ayah terjatuh sakit dan harus membuat Erwin melewatkan promosi jabatannya di Singapura. Hingga akhirnya, bertubi-tubi masalah datang menghampiri Erwin. Mau tahu seperti apa masalah-masalah tersebut? Langsung aja kamu tonton keseruan film Indonesia terbaik, Cek Toko Sebelah.

Layak mendapatkan predikat film terbaik, penonton film Cek Toko Sebelah meraih 2 juta penonton pada penayangannya di bioskop di tahun 2017. Bahkan, Ernest Prakasa sang sutradara tak menyangka filmnya akan diterima dengan baik oleh masyarakat. Sehingga, pesan-pesan dalam film tersebut memiliki banyak makna dan sampai kepada para penonton. Tunggu apalagi? Ayo jangan sampai ketinggalan untuk nonton film ini ya.

3. 5 Cm

pinterest
Foto : pinterest

Rilis pada tahun 2012, film 5 Cm banyak membekas di hati para penonton. Eits, jangan sedih buat kamu yang belum nonton, IntipSeleb rekomendasiin kamu film 5 Cm karena ini salah satu film terbaik di perfilman Indonesia dan memiliki banyak nilai di dalamnya.

Mengisahkan tentang persahabatan 5 orang yang sedang menjalani hidupnya masing-masing. Sudah berjalan selama 10 tahun, lima orang sahabat tersebut yaitu Genta (diperankan oleh Fedi Nuril), Arial (diperankan oleh Denny Sumargo), Zafran (diperankan oleh Herjunot Ali), Riani (diperankan oleh Raline Shah), dan Ian (diperankan oleh Igor Saykoji) memutuskan untuk mendaki gunung Semeru. Tak lupa, Dinda (diperankan oleh Pevita Pearce) adik dari Arial, ikut dalam perjalanan mendaki gunung tersebut. Selama perjalanan, banyak hal yang tak diduga-duga dalam persahabatan mereka. Sehingga sangat disayangkan jika dilewatkan.

Film 5 Cm menjadi cikal bakal tren naik gunung bersama sahabat-sahabat. Bahkan, film 5 Cm ini juga menyabet banyak penghargaan, di antaranya 4 penghargaan di Festival Film Bandung (FFB) tahun 2013 dengan kategori penghargaan Sutradara Terpuji, Film Terpuji, Penata Editing Terpuji, dan Penata Kamera Terpuji. Keren banget ya 5 Cm! Enggak heran ini jadi film yang layak banget ditonton ulang karena bisa membuat ketagihan.

4. Laskar Pelangi

pinterest
Foto : pinterest

Film inspiratif karya Andrea Hirata, Laskar Pelangi, sangat hits pada masa penayangannya bahkan hingga saat ini rasanya sulit dilupakan. Bagaimana tidak, film ini banyak menyisipkan nilai-nilai yang sangat bermakna di dalamnya.

Mengisahkan tentang sebuah gedung sekolah SD yang memiliki 10 murid di dalamnya, di mana sebelumnya hampir terancam ditutup karena kekurangan murid. Sekolah tersebut bernama SD Muhammadiyah, sekolah yang sangat memprihatinkan kondisinya serta menjadi tempat murid-murid yang karena kondisinya kurang dapat menempuh pendidikan yang layak dan adil. Bu Muslimah (diperankan oleh Cut Mini) amat sangat yakin dengan potensi dari 10 siswanya. Hingga akhirnya pendidikan terus berjalan, dan banyak rintangan yang akan dihadapi oleh Bu Mus serta para siswanya ke depannya.

Dengan durasi 125 menit, penayangan Laskar Pelangi pada tahun 2008 lalu mampu meraup 4,6 penonton. Bukan film romantis, namun film ini dapat menghangatkan hati kamu. Tunggu apalagi? langsung aja nonton di kala senggang kamu.

5. Ada Apa Dengan Cinta?

pinterest
Foto : pinterest

Film tahun produksi 2002 karya Mira Lesmana, siapa yang tak tahu dengan Ada Apa Dengan CInta? Pasti kamu ketagihan kalau nonton film ini. Menceritakan keseruan kisah Cinta (diperankan oleh Dian Sastrowardoyo) semasa SMA, film ini penuh dengan nostalgia masa-masa indah di sekolah. Dengan dua tokohnya, Cinta bersama dengan Rangga (diperankan oleh Nicholas Saputra), film AADC ini menjadi kisah panutan bagi para remaja. Bahkan, tak kalah seru, selain kisah romansa Cinta dan Rangga, kisah persahabatan Cinta dan gengnya, Maura (diperankan oleh Titi Kamal), Milly (diperankan oleh Sissy Prescillia), Alya (diperankan oleh Ladya Cheryl), dan Karmen (diperankan oleh Adinia Wirasti) juga patut dilayangkan jempol. Tak ayal, film ini pun pada tahun 2002 mampu meraih penonton hingga 2 juta, sebuah angka yang fantastis kala itu.

Saking nagihnya, banyak penonton yang mengharapkan adanya kelanjutan dari kisah Cinta dan Rangga yang cukup menggantung dari jilid pertama. Sampai akhirnya, sekuel dari AADC hadir pada tahun 2016. Film ini pun sukses mengguncangkan hati para penonton. Dan tak heran bila film AADC jilid juga meraih penonton 2 juta kembali. Siapa yang tidak menunggu kisah Cinta dan Rangga yang kelewat romantis tersebut? Pastikan kamu enggak kelewatan menyaksikan film yang seru banget ditonton ulang ini yah.

Topik Terkait