X

IntipSeleb – Azura Luna Mangunhardjono tengah jadi perbincangan hangat publik di Indonesia. Ini terkait kasus penipuan serta dugaan pencurian yang dilakukannya di Hong Kong.

Azura Luna yang merupakan warga negara Indonesia diduga telah menipu sejumlah orang kaya serta sosialita Hong Kong yang juga merupakan teman dan kerabatnya. Intip yuk ulasannya.

Penipuan diduga dilakukan beberapa tahun terakhir

Azura Luna

Sumber foto: South China Morning Post

Dilansir dari South China Morning Post, Azura diduga telah melakukan penipuan selama beberapa tahun. Ia dilaporkan oleh seorang pria diduga mantan kekasihnya yang merupakan seorang ahli teknologi dari New York bernama Jason. Ia merasa telah ditipu olehnya. 

Dalam usalan itu, Jason menceritakan awal pertemuannya dengan Azura yang terjadi pada 15 Oktober 2018. Pada Jason, Azura mengaku dirinya merupakan anak di antara 10 orang kaya di Indonesia dan merupakan seorang putri Keraton yang hidup mewah dengan uang saku hingga 150 ribu dollar atau setara Rp2,1 miliar dalam sebulan.

Azura Luna mengatakan ia berkeliling dunia menggunakan pesawat jet pribadi. Ia bahkan menceritakan kalau dirinya tumbuh besar dengan berpindah-pindah antara London, Paris dan Bali. Azura Luna pun mengaku memiliki 10 persen saham sebuah hotel berbintang.

Seminggu setelah perkenalan mereka, Azura Luna mengajak Jason ke rumahnya di lantai 20 apartemen Robinson Road, daerah kelas menengah yang harga sewa unitnya mencapai lebih dari 12 ribu dollar atau setara Rp. 176 juta. Apartemennya pun dipenuhi interior mahal termasuk di dalamnya lemari penyimpanan anggur. 

"Kami bertukar nomor telepon, saya terbang ke Beijing, Seoul, Tokyo, dan selama seminggu, kami mengirim SMS. Dia genit, mengirim foto, dan berkata saya harus datang menemuinya di Hong Kong. Dan saya berpikir, 'Wow, saya belum pernah bertemu orang seperti ini.' Jadi saya mengubah penerbangan pulang dan kembali," ungkap Jason.

Kapda Jason, Azura juga mengaku memiliki warisan senilai 30 juta dollar atau Rp. 422 miliar, termasuk kapal pesiar dari ayahnya yang telah meninggal dunia. Ia juga mengatakan kalau sang ibu telah membantu Bill Clinton menjadi Presiden Amerika Serikat.

Kasus penipuan lain

Azura Luna

Sumber foto: South China Morning Post

Ternyata selain kasus Jason, Azura Luna juga pernah melakukan penipuan dengan menjual tas Hermes palsu pada warga Los Angeles bernama Shopie. Ini bermula saat Shopie melakukan pembelian empat buah tas hermes seharga 86 ribu dollar atau Rp. 1,2 miliar.

Saat dibawa ke toko untuk menjualnya, ternyata semua tas yang diberikan Azura Luna dinyatakan palsu. Azura pun sempat bermasalah karena kasus ini, namun ia kemudian dibebaskan dengan bantuan dua pengacara.

Penipuan lainnya juga dilakukan Azura Luna pada mantan kekasihnya. Kali ini, korbannya adalah Robert. Ia diminta Azura untuk mengirim uang sebesar 150 ribu dollar atau Rp2,1 miliar untuk membantu ayah Azura yang sedang sakit pada akhir tahun 2017. 

Tidak hanya itu, Robert juga mentransfer uang senilai Rp422 juta ke Azura untuk sumbangan amal, tapi kemudian Robert mengetahui bahwa uang itu tidak pernah diberikan kepada badan amal oleh Azura.

Kini, Azura Luna Mangunhardjono masih dicari keberadaannya. Namanya pun sudah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO). Akun Instagramnya @followyourbliss007 kini sudah dihapus sehingga jejaknya semakin sulit ditemukan. Kabarnya Azura Luna pun bukan nama asli sebenarnya. Ia juga dikenal dengan nama dikenal sebagai Alexandra, Ally atau Miss M.