img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya HidupCara menghilangkan jerawat dengan cepat dan ampuh, sekaligus menggunakan bahan herbal biasanya tidak meninggalkan bekas. Jerawat memang terkadang membuat seseorang menjadi tak percaya diri, dan dianggao sebuah penyakit yang susah dihilangkan.

Kemunculan jerawat dalam wajah, akan menyebabkan kekurangan rasa percaya diri. Sehingga jerawat harus segera diobati atau dihilangkan agar kepercayaan diri Anda tetap terjaga.

Penanganan yang salah dalam jerawat justru akan menyebabkan munculnya noda hitam di wajah, termasuk bopeng-bopeng. Perawatan wajah secara konvensional terkadang banyak dipilih. Akan tetapi cara ini sering kali memunculkan efek samping yang tidak diinginkan seperti kemerahan hingga iritasi.

Getah Lidah Buaya

Pinterest
Foto : Pinterest

Lidah buaya adalah antibakteri dan anti-inflamasi alami, yang berarti dapat mengurangi munculnya jerawat dan mencegah timbulnya jerawat. Lidah buaya mengandung banyak air dan merupakan pelembab yang sangat baik, sehingga sangat cocok untuk orang yang ingin mendapatkan kulit kering dari produk anti-jerawat lainnya.

Cara menggunakannya sangat mudah, bersihkan luka jerawat lalu oleskan krim atau gel tipis-tipis dengan kandungan lidah buaya minimal 10 persen. Jika tidak, Anda bisa melembabkan dengan gel atau krim yang mengandung lidah buaya. Ini tersedia untuk dibeli dari toko kesehatan atau online.

Madu

Pinterest
Foto : Pinterest

Madu telah digunakan untuk mengobati masalah kulit, seperti jerawat, selama ribuan tahun. Madu mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu membersihkan kotoran dan kotoran dari pori-pori yang tersumbat. Cara menggunakan madu ambil sedikit madu menggunakan jari bersih atau kapas, oleskan madu ke jerawat. Jika tidak, tambahkan madu ke masker wajah Anda.

Bawang Putih

Pinterest
Foto : Pinterest

Banyak praktisi pengobatan tradisional menggunakan bawang putih untuk mengobati infeksi dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan kuman dan infeksi.

Bawang putih mengandung senyawa organosulfur yang memiliki efek anti bakteri dan anti inflamasi alami. Senyawa organosulfur juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang membantu tubuh melawan infeksi.

Bawang putih memang sering digunakan untuk beberapa penyakit tubuh, selain sebagai penghilang jerawat bawang putih juga mampu menurunkan tekanan darah tinggi dan baru-baru ini diheboh disebut mampu mengatasi virus Covid-19.

Teh Hijau

Pinterest
Foto : Pinterest

Teh hijau kaya akan antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit. Teh hijau mengandung konsentrat tinggi dari kelompok antioksidan polifenol yang disebut katekin. Kebanyakan orang dengan jerawat memiliki terlalu banyak minyak dalam pori-pori mereka dan tidak cukup antioksidan.

Antioksidan membantu tubuh memecah minyak dan bakteri dapat merusak sel-sel sehat. Teh hijau dapat membantu membersihkan beberapa kotoran yang menumpuk di luka jerawat terbuka. Teh hijau juga mengandung senyawa yang dapat membantu untuk:

  1. Mengurangi peradangan jerawat
  2. Mengurangi produksi sebum kulit
  3. Mengatasi bruntusan

Cara menggunakan teh hijau sangat mudah. Anda dapat menemukan teh hijau di sebagian besar toko jalanan. Ekstrak teh hijau lebih sulit ditemukan, tetapi tersedia di beberapa toko kesehatan atau online.

Minyak Kelapa

Pinterest
Foto : Pinterest

Seperti obat alami lainnya, minyak kelapa mengandung senyawa anti-inflamasi dan antibakteri. Sifat-sifat ini berarti bahwa minyak kelapa dapat menghancurkan bakteri penyebab jerawat dan mengurangi kemerahan dan pembengkakan jerawat.

Minyak kelapa juga dapat mempercepat penyembuhan luka jerawat terbuka.
Cara menggunakannya yaitu mengoleskan minyak kelapa murni langsung ke area yang berjerawat.

Cuka Apel

Pinterest
Foto : Pinterest

Asam organik dalam cuka sari apel dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengurangi munculnya bekas luka. Menggunakan cuka apel ke kulit secara langsung dapat menyebabkan luka bakar atau iritasi, jadi harus digunakan dengan hati-hati.

Cara menggunakan: Campurkan 1 sdm cuka sari apel dan 3 sdm air (gunakan lebih banyak air untuk kulit sensitif). Setelah dibersihkan, oleskan campuran tersebut ke kulit dengan lembut menggunakan kapas. Diamkan selama 5-20 detik, bilas dengan air dan keringkan. Ulangi proses ini 1-2 kali sehari, sesuai kebutuhan. Penting untuk dicatat bahwa mengoleskan cuka sari apel ke kulit Anda dapat menyebabkan luka bakar dan iritasi. Jika Anda memilih untuk mencobanya, gunakan dalam jumlah kecil dan encerkan dengan air.

Tea Tree Oil

Pinterest
Foto : Pinterest

Memakai tea tree oil ke kulit dapat membantu mengurangi pembengkakan dan kemerahan. Tea tree oil adalah antibakteri dan anti-inflamasi alami, yang berarti dapat membunuh P. acnes, bakteri penyebab jerawat. Sifat anti-inflamasi tea tree oil juga dapat mengurangi pembengkakan dan kemerahan pada jerawat.

Cara menggunakan tea tree oil cukup mudah. Anda dapat mengoleskan ekstrak tea tree oil ke jerawat Anda. Jika orang menggunakan minyak esensial, selalu encerkan dalam minyak pembawa terlebih dahulu.

Timun

Pinterest
Foto : Pinterest

Saat Anda memiliki kulit berjerawat, seringkali juga terasa sensitif. Inilah saatnya mentimun datang untuk menyelamatkan Anda karena memiliki efek pendinginan pada kulit. Selain itu, mentimun juga kaya akan Vitamin A, C, dan E yang semuanya membantu membersihkan kulit Anda. Caranya parut mentimun lalu peras airnya. Oleskan air seperti cairan pada kulit Anda dan diamkan di wajah Anda selama 15 menit. Cuci bersih dengan air hangat.

Soda Kue

Pinterest
Foto : Pinterest

Soda kue memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu meredakan pembengkakan dan kemerahan. Soda kue akan membantu meredamkan ruam, iritasi, dan kulit terbakar.

Soda kue memiliki partikel halus yang bisa menghilangkan kotoran dan sel-sel kulit mati dari pori-pori Anda. Soda kue juga menyebabkan iritasi yang relatif lebih sedikit daripada kebanyakan eksfoliator sekaligus lebih efisien.

Yogurt

Pinterest
Foto : Pinterest

Yogurt yang sering digunakan sebagai minuman untuk membantu melancarkan pencernaan memiliki rasa yang lezat. Ternyata minuman ini juga dapat membantu menghilangkan jerawat.

Selain untuk dikonsumsi, yogurt juga dapat digunakan untuk masker. Caranya kamu hanya perlu menjadikan yogurt sebagai masker. Oleskan yogurt yang creamy ke seluruh wajah, kemudian diamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat.

Alternatif masker yogurt kedua yaitu dengan menambahkan bubuk kunyit, gula merah bubuk, bubuk cendana dengan yogurt. Aduk hingga rata kemudian oleskan ke wajah sambil dipijat secara perlahan. Tunggu hingga 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Buah Anggur

Pinterest
Foto : Pinterest

Buah berwarna ungu ini ternyata memiliki khasiat yang cukup ampuh untuk mengusir jerawat. Hal yang perlu kamu lakukan adalah dengan membelah buah anggur menjadi dua, kemudian mengoleskannya pada wajah secara merata.

Diamkan selama 30 menit. Setelah sari anggur mulai mengering pijat wajah seperti melakukan peeling untuk mengangkat sel-sel kulit mati, kemudian bilas.

Kulit Pisang

Pinterest
Foto : Pinterest

Salah satu cara menyembuhkan jerawat adalah dengan kulit pisang. Kamu hanya perlu mengambil kulit pisang yang sudah matang kemudian gosok-gosokkan pada wajah yang berjerawat sebagai masker.

Pastikan ketika menggosok jangan sampai kulit pisang berubah menjadi hitam. Gosokkan selama 10 menit kemudian diamkan selama 10 – 30 menit sebelum dibilas.

Nah diatas merupakan bahan-bahan alami yang sering digunakan untuk kalian yang memiliki masalah kulit berjerawat dan sering beruntusan hingga membandel. Kulit wajah berjerawat biasanya mengurangi kepercaya durian seseorang, terlebih jika jerawatnya tersebut begitu meradang di area wajah.

Topik Terkait