X

IntipSeleb – Cara menghilangkan karang gigi dengan mudah ampuh, tanpa harus pergi ke dokter gigi dan bisa dilakukan di rumah sendirian. Karang gigi atau flak, dapat mengurangi rasa kepercayaan diri kita saat tertawa atau menunjukan gigi kita terlihat oleh orang lain.

Tidak hanya penampilan saja yang terganggu akibat dari timbulnya karang gigi tersebut, bahkan karang gigi juga mampu menyebabkan radang gusi, atau juga dikenal dengan sebutan Gingivitis yang akan memperparah kesehatan gigi Anda. Penasaran kira-kira apa saja tips untuk membersihkan karang gigi dengan mudah dan alami, yuk simak berikut ini.

Air Putih

img_title
Foto : Pinterest

Cara menghilangkan karang gigi yang lebih sederhana adalah dengan mengkonsumsi air putih. Air putih memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Air putih bisa membantu melancarkan pencernaan. Air putih juga bisa membantu melancarkan metabolisme pada tubuh. Tentunya, air putih juga mampu membersihkan karang yang bersarang pada gigi.

Caranya, Anda hanya perlu rutin mengkonsumsi air putih setiap hari, minimal 8 gelas sehari. Ketika Anda ingin menggunakannya sebagai pembersih karang gigi, Anda hanya perlu berkumur-kumur dengan menggunakan air putih.

Dengan mengkonsumsi air putih yang banyak dan cukup, dapat membantu proses perontokan karang gigi yang membandel di gigi kita, bahkan susah untuk dibersihkan selama bertahun-tahun. Air putih sendiri dapat melarutkan setiap kuman yang ada sedikit demi sedikit.

Lidah Buaya

img_title
Foto : Pinterest

Lidah buaya dapat membantu proses perontokan karang gigi yang sudah membandel dan susah untuk dihancurkan. Proses penumpukan karang gigi, biasanya terjadi karena terlalu sering kurang membersihkan gigi baik itu menggosok gigi ataupun mengkonsumsi makanan dan minuman tak beraturan.

Daftar manfaat kesehatan dari lidah buaya sangat banyak. Tidak hanya membuat kulit Anda bersinar tetapi juga membantu menghilangkan plak dan karang gigi dari gigi Anda. Campur lidah buaya dengan gliserin dan gosok dengan itu di gigi Anda.

Buah Delima

img_title
Foto : Pinterest

Biji buah delima juga efektif dalam mengatasi masalah plak gigi atau karang gigi. Caranya mudah, yaitu Campurkan satu sendok biji delima dengan sedikit garam, lalu haluskan. Tambahkan tiga tetes air dan aduk hingga menjadi pasta.

Lalu gunakan pasta tersebut untuk sikat gigi. Lakukan setidaknya dua kali dalam sehari. Dengan melakukan secara teratur, secara perlahan plak yang menempel pada gigi anda akan menghilang.

Buah delima biasanya jarang ditemukan dan digunakan sejumlah orang lantaran kurang mengetahui khasiat yang terkandung di dalamnya. Biji buah delima dipercaya dapat membantu proses perontokan karang gigi, dan membuat gigi kembali bersih seperti di scalling di dokter gigi.

Soda Kue

img_title
Foto : Pinterest

Soda kue atau baking soda memang memiliki manfaat baik bagi kesehatan. Selain untuk kecantikan, baking soda juga bisa anda gunakan untuk membersihkan karang gigi.

Caranya, gosokkan bubuk baking soda pada gigi anda yang terdapat karang atau plak. Tunggu beberapa menit lalu kumur dengan air hangat. Untuk hasil maksimal, campurkan garam halus pada bubuk baking soda. Lakukan cara ini setiap hari hingga plak gigi anda hilang.

Soda kue ini memiliki senyawa yang bisa membuat gigi kembali putih bahkan bersih dan tidak ngilu saat digosok-gosokan ke bagian karang di sela-sela gigi yang kotor.

Buah Strowberry

img_title
Foto : Pinterest

Buah Strowberry dipercaya bisa membuat gigi kita kembali putih dan bebas dari karang gigi yang membandel. Dengan mengkonsumsi Strowberry secara rutin setiap hari, dapat membantu proses perontokan karang gigi dan flak.

Kandungan zat asam dan nutrisi lainnya pada strowberry ternyata bisa mengatasi masalah plak pada gigi anda. Caranya sangatlah mudah, anda tinggal menggosok-gosokkan strowberry pada gigi anda lalu kunyah-kunyah hingga gigi terasa lebih baik.

Setelah itu, jangan lupa berkumur menggunakan air hangat dan sikat gigi seperti biasa. Lakukan cara ini 2-3 kali dalam sehari secara teratur.

Cengkeh

img_title
Foto : Pinterest

Cengkeh merupakan salah satu bahan alami yang bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah plak pada gigi anda. Cengkeh ini efektif menghilangkan dan mencegah plak pada gigi.

Caranya, tumbuk 4-5 biji cengkeh (basah atau kering) hingga halus. Campurkan satu sendok makan bubuk jus lemon dan aduk hingga rata. Gunakan campuran tersebut untuk sikat gigi. Lakukan secara teratur untuk hasil maksimal.

Cengkeh biasanya digunakan sebagai bahan campuran makanan dan dipercaya bisa menambah aroma khas di makanan tersebut. Cengkeh bubuk, bisa digunakan juga untuk campuran pasta gigi dan digosok-gosokan secara langsung ke bagian area gigi, yang terdapat karang gigi dan flak menahun.

Apel

img_title
Foto : Pinterest

Cara menghilangkan karang gigi yang mungkin tak akan merepotkan Anda adalah memakan apel. Ya, buah apel ini memang banyak berguna bagi tubuh Anda. Jika biasanya Anda hanya tahu buah apel hanya untuk menu diet, kini Anda bisa menggunakannya untuk membersihkan karang gigi.

Buah apel ini memiliki zat-zat yang bisa mengurangi karang gigi karena vitamin C yang terkandung ternyata dapat menumpas karang gigi. Jika Anda ingin menggunakan buah apel untuk menghilangkan karang pada gigi, Anda hanya perlu mengonsumsinya secara rutin.

Buah apel dapat membantu berbagai jenis keluhan yang ada, selain sebagai anti aging kulit, apel juga dapat membantu merontokan karang gigi dengan mudah dan cepat saat kita memakan buah apel secara langsung bukan di jus ataupun di olah.

Melon 

img_title
Foto : Pinterest

Melon merupakan salah satu buah yang mengandung serat alami. Dengan mengonsumsi melon maka akan sangat baik untuk memproduksi air liur anda. Sehingga kebesihan mulut akan tetap terjaga.

Jika air liur kita meningkat dan banyak, bisa membanu proses perontokan karang gigi dadan flak yang membandel di sela-sela gigi kita.

Makanan Gula & Tepung

img_title
Foto : Pinterest

Cara menghilangkan karang gigi bisa Anda lakukan dengan mengurangi konsumsi makanan yang bisa menyebabkan karang gigi. Makanan yang biasanya cepat memicu plak pada gigi adalah makanan-makanan yang terbuat dari gula dan tepung. Kedua bahan makanan tersebut memang bisa memicu timbulkannya karang pada gigi.

Rajin mengkonsumsi makanan yang mengandung tepung, dapat mempermudah proses perontokan gigi, dan hilang dengan seketika saat kita makan.

Kulit Jeruk

img_title
Foto : Pinterest

Bagian dalam kulit jeruk bisa langsung digosokkan pada gigi Anda. Ini membantu menghilangkan mikroorganisme pembangun karang gigi pada enamel. Jika gigi Anda memiliki noda, tumbuk kulitnya dan oleskan pada area tertentu. Biarkan selama 10 menit dan kemudian bilas untuk mendapatkan warna putih mengkilap.

Rajin Menggosok Gigi 

img_title
Foto : Pinterest

Cara menghilangkan karang gigi bisa dilakukan dengan rajin menggosok gigi setiap hari. Rutin menyikat gigi memang memiliki banyak manfaat, baik bagi mulut ataupun gigi. Dengan rajin menggosok gigi, sisa-sisa makanan yang terselip di gigi akan mudah dibersihkan. Jadi, sisa-sisa makanan tersebut tak akan menumpuk pada gigi. Agar karang gigi menghilang, sebaiknya Anda menyikat gigi minimal 2 kali setiap hari. Anda juga bisa menyikat gigi Anda setelah Anda mengkonsumsi makanan. Cara menggosok gigi, Anda hanya perlu menyikat gigi dari atas ke bawah. Tak usah keras-keras, yang penting sisa-sisa makanan bisa terangkat dari gigi Anda.

Berita Terkait :

Saksikan Juga