img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya Hidup – Berbagai Cara menghilangkan bekas jerawat hitam dan membandel di area wajah menjadi tugas yang paling rumit. Jerawat memang merupakan masalah besar untuk penampilan wajah. Lantaran munculnya jerawat, bisa sangat mungkin merusak penampilan. Wajah akan terlihat memerah dengan permukaan yang tak rata dan terkadang terkesan terlihat kotor serta berkilap.

Bekas jerawat menghitam di area wajah, membuat penampilan kita menjadi tak percaya diri, dan semakin insecure dengan penampilan sendiri. Kira-kira apa saja yang bisa membantu untuk memudarkan bekas jerawat hitam, yuk simak berikut ceritanya.

Lemon

Pinterest/Georgia Pellegrini
Foto : Pinterest/Georgia Pellegrini

Perasan air lemon mengandung asam alfa-hidroksi alami yang bisa menghilangkan flek hitam bekas jerawat. Asam tersebut juga berfungsi untuk mempercepat penyembuhan dan revitalisasi kulit.

Cara pengaplikasiannya sangat mudah, belah lemon menjadi dua bagian dan peras. Lalu, oleskan air perasan lemon pada bekas jerawat dan diamkan hingga kering. Setelah itu, bilas dengan air bersih. Lakukan beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Bintik-bintik tersebut yang kita kenal dengan bekas jerawat, meskipun akan memudar secara bertahap dari waktu ke waktu, tetapi jika bekas jerawat tersebut sangat banyak maka akan membutuhkan waktu yang lama untuk memudar sepenuhnya.

Es Batu

Pinterest
Foto : Pinterest

Es batu ternyata juga bisa digunakan sebagai bahan untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami. Hal ini karena sifat dingin pada es batu yang bisa mengecilkan pori-pori kulit dan meningkatkan sirkulasi darah pada kulit.

Caranya ambil es batu dan oleskan pada area bekas jerawat. Biarkan selama beberapa menit. Untuk hasil yang optimal, lakukan dua kali dalam sehari. Es batu juga dipercaya dapat mengatasi penuaan dini di wajah, dan membantu Kembali proses pengangkatan sel kulit mati.

Soda Kue

Pinterest
Foto : Pinterest

Soda kue merupakan eksfoliator efektif yang bisa membantu kulit tetap terhidrasi yang juga memiliki kandungan mencerahkan. Menggunakan baking soda secara rutin bisa membantu membersihkan pori-pori sekaligus menghilangkan bintik hitam.

Selain itu, baking soda juga bisa menjaga keseimbangan tingkat keasaman kulit (pH) yang bisa mencegah jerawat. Untuk menggunakannya, buatlah campurlah baking soda dan air hingga membentuk seperti pasta, kemudian oleskan pada bekas jerawat dan diamkan selama 10-15 menit.

kentang

Pinterest
Foto : Pinterest

Kentang memiliki kandungan alami yang bermanfaat memperbaiki jaringan kulit sehingga bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi.

Potongan kentang bisa langsung ditempelkan ke wajah untuk mendapatkan manfaatnya. Kandungan pati yang ada pada kentang akan meresap ke jaringan kulit dan perlahan-lahan menghilangkan bekas jerawat yang menghitam. Agar efektif biarkan selama 15 menit baru kemudian dibilas.

Kulit Jeruk

Pinterest
Foto : Pinterest

Untuk mengatasi bekas jerawat dan yang tengah mengalami masalah jerawat, saya akan memberikan rekomendasi cara alami untuk mengatasi masalah jerawat Anda, yaitu dengan memanfaatkan kulit jeruk yang kerapkali hanya dijadikan sebagai sampah belaka.

vitamin C-nya akan memelihara kulit, sedangkan asam sitrat yang terkandung dalam kulit jeruk mampu membunuh bakteri penyebab jerawat, dan mampu membersihkan daerah kulit yang terkena jerawat.

Pepaya

Berbagai Sumber
Foto : Berbagai Sumber

Bahkan di beberapa kasus, produk perawatan untuk menghilangkan bekas jerawat malah bisa kembali memunculkan jerawat di wajah. Namun tak perlu khawatir, karena ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bekas jerawat. Salah satunya menggunakan pepaya.

Pepaya yang di parut dijadikan masker dan dipercaya memiliki vitamin yang akan memudarkan noda hitam bekas jerawat. Tak hanya itu, pepaya juga karya nutrisi dan kandungan vitamin lainnya.

Perawatan Kulit (Skin Barrier)

Freepik
Foto : Freepik

Cara menghilangkan bekas jerawat yang ampuh salah satunya yang pasti adalah merawat kulit kamu. Jika kamu bingung, kamu perlu mengetahui tahapan-tahapan untuk merawat kulit. Yang paling wajib dilakukan adalah dengan menjaga skin barrier kamu.

Skin barrier adalah lapisan pelindung paling luar yang ada di kulit dan berfungsi untuk menjaga lapisan kulit lebih dalam dari berbagai kerusakan, seperti sinar matahari, kotoran, polusi, atau bahkan dari dalam, seperti kurangnya hidrasi.

Untuk menjaga skin barrier kamu yang menjadi salah satu cara menghilangkan bekas jerawat cepat, kamu dapat menggunakan metode dasar atau minimal yang paling wajib kamu lakukan terlebih dahulu, sebelum memperdalam metode lainnya.

Pertama yang harus kamu lakukan adalah tahapan pembersihan wajah dengan cara menggunakan sabun cuci muka andalan kamu. Setelah merasa lebih bersih, kamu dapat menggunakan toner agar kulit kamu yang terasa kencang setelah cuci muka dapat kembali tenang. Lalu, kamu dapat menggunakan pelembab agar wajah terasa lebih kenyal. Jika kamu melakukan tahapan ini di siang hari, kamu wajib menggunakan sunscreen di wajah kulit kamu ya.

Setelah kamu merasa sudah mengetahui dasar dari kebutuhan kulit kamu, maka rasa penasaran ingin menjelajah skincare lain akan timbul dalam diri kamu. Nah dari sini, kamu dapat mempelajari metode lain yang nantinya akan membuat kamu membutuhkan lainnya, contohnya seperti penggunaan serum.

Tomat

www.freepik.com/Racool_studio
Foto : www.freepik.com/Racool_studio

Tomat mengandung Vitamin A dan Vitamin C yang sangat bermanfaat untuk Kesehatan kulit. Tomat juga mampu mengencangkan kulit dan bisa menghilangkan bekas jerawat.
Caranya, iris tipis-tipis buah tomat, lalu tempelkan pada area bekas jerawat. Diamkan selama 10-15 dan kemudian bilas wajah hingga bersih.

Caranya, iris tipis-tipis buah tomat, lalu tempelkan pada area bekas jerawat. Diamkan selama 10-15 dan kemudian bilas wajah hingga bersih.

Yogurt

Pinterest
Foto : Pinterest

Yogurt bisa menghilangkan kerusakan kulit yang disebabkan akibat luka bekas jerawat. Cara pengaplikasiannya, Anda bisa mencampurkan yogurt dengan buah-buahan segar dan tempelkan pada wajah yang ternoda bekas jerawat. Lakukan secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal

Bawang Putih

Pinterest
Foto : Pinterest

Bahan pelengkap bumbu dapur ini juga bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami. Kandung senyawa thiacremonon sulfur mengandung anti bakteri yang bisa menghilangkan noda bekas jerawat.

Caranya, haluskan bawang putih menggunakan blender, lalu oleskan pada bekas jerawat dan biarkan selama 2 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

Minyak Cengkeh

Pinterest
Foto : Pinterest

Cengkeh yang diolah menjadi minyak dapat mengatasi masalah pada kulit. Aroma wangi dan rasa hangat yang dihasilkan dari minyak cengkeh, membuat jerawat akan mengering dan sembuh tanpa bekas

Dalam dunia kecantikan, cengkeh berkhasiat untuk perawatan pada wajah yang berjerawat. Berbagai macam jenis jerawat dapat diatasi dengan cengkeh. Seperti jerawat batu, jerawat kemerahan karena hormon dan juga dapat mengatasi berbagai masalah pada kulit, mulai dari komedo hitam, komedo putih, alergi, hingga jerawat dan gatal.

Bawang Merah

Pinterest/Freepik
Foto : Pinterest/Freepik

Bawang merah ternyata bisa juga lho dijadikan sebagai bahan untuk menghilangkan bekas jerawat dan menjadikan kulit awet muda.

Caranya sangat mudah, parut satu siung bawang merah dan oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 5 menit dan bilas menggunakan air bersih.

Minyak Kelapa

Pinterest
Foto : Pinterest

Minyak kelapa merupakan bahan alami yang bisa mengatasi berbagai masalah atau kondisi kulit. Sebab, minyak ini mengandung antibakteri dan anti-inflamasi. Jika dikombinasikan dengan vitamin A dan K, serta antioksidan, campuran ini bisa mengobati luka dan menutrisi kulit.

Nah di atas merupakan macam-macam obat yang bisa kalian pakai saat ingin menghilangkan bekas jerawat berbekas dan membandel, serta dapat mengurangi kepercayadirian yang sangat signifikan.

Topik Terkait