img_title
Foto : Pexels/anna shvets

IntipSeleb – Manfaat minyak zaitun untuk rambut rupanya sangat banyak loh teman-teman IntipSeleb. Kebanyakan, orang-orang masih mengenali minyak zaitun sebagai bahan masakan yang umum. Tetapi dalam seiring perkembangan zaman, utamanya beberapa tahun terakhir, bahan pokok dapur ini menjadi populer dalam perawatan rambut dan kulit.

Pasalnya, minyak zaitun atau dikenal sebagai olive oil ini, merupakan minyak alami yang diekstraksi dari buah zaitun. Berdasarkan proses ekstraksi yang dilalui, minyak zaitun terbagi menjadi tiga varian, yaitu extra virgin, virgin, dan refined (light).

Minyak zaitun merupakan salah satu minyak goreng paling ringan. Namun, selain untuk pemasakan, rupanya minyak zaitun merupakan minyak yang berkhasiat dan membuatnya memiliki banyak manfaat. Salah satunya, manfaat minyak zaitun untuk rambut yang akan menambah keindahan pertumbuhan helaian-helaian.

Sehingga tak mengherankan bila banyak produk-produk untuk rambut yang mengandung minyak zaitun. Lantas, apa sajakah manfaat minyak zaitun untuk rambut? Mau tahu? Yuk daripada penasaran, langsung aja simak artikel selengkapnya bersama IntipSeleb.

Membuat Rambut Terlihat Berkilau

Manfaat minyak zaitun untuk rambut pertama ialah membuatnya terlihat lebih berkilau. Minyak zaitun sebagai bahan alami ini dapat menghasilkan kilauan pada rambut. Pasalnya, kandungan vitamin A dan antioksidan pada minyak zaitun berperan melindungi keratin rambut dan menjaga kelembapannya.

Sehingga, minyak zaitun pun berkhasiat untuk mengurangi penumpukan sebum (minyak alami) yang menghambat pertumbuhan folikel dan rambut. Hal ini yang membuat rambut menjadi lebih berkilau karena pertumbuhan rambut baru. Tak hanya itu, kandungan asam oleat, asam palmitat, dan squalen pada minyak zaitun juga berguna untuk membuat helaian lebih sehat dan lembut.

Melembabkan Rambut

Manfaat minyak zaitun untuk rambut selanjutnya adalah untuk melebabkan. Rambut dapat terlihat kusut, kering, atau bahkan kusam. Sehingga banyak orang-orang berusaha untuk mencegah kerusakan rambut. Salah satunya dengan melembabkan rambut agar terlihat lebih sehat dan kinclong. 

Minyak zaitun pun menjadi alternatif pas untuk melembabkan rambut. Hal tersebut dikarenakan beberapa minyak, termasuk minyak zaitun, dapat terserap hingga ke batang rambut. Minyak zaitun sendiri mengandung asam oleat, yang merupakan emolien dengan sifat melembutkan dan melembapkan. 

Kandungan asam oleat minyak zaitun diduga dapat membantu melembabkan rambut dengan menembus batang rambut untuk mengembalikan kelembapan. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung squalane, sebuah jenis emolien lain yang populer dalam produk perawatan kulit karena kemampuannya untuk menghidrasi kulit dan membantu mengurangi jumlah air yang diserap oleh rambut dan membuat manfaat minyak zaitun untuk rambut bekerja.

Mengurangi Rambut Mengembang

Dengan bahan-bahan kandungan yang ada dalam minyak zaitun seperti yang disebutkan diatas yaitu asam oleat dan squalane, dapat mengurangi rambut mengembang.

Bila rambut tidak terlalu mengembang, setiap helaiannya tidak akan menyusut dan mengurangi tekanan yang disebabkan oleh rambut. Dengan begitu, kulit kepala terhindar dari kerusakan.

Minyak zaitun dapat digunakan pada setiap jenis rambut, terutama rambut kering. Sehingga untuk pemilik rambut yang terasa kering, mungkin membutuhkan manfaat minyak zaitun untuk rambut sebagai upaya menjaga kelembapan kulit kepala agar tidak cepat kering, terkelupas, serta luka-luka.

Membantu Mencegah Ujung Rambut Bercabang

Manfaat minyak zaitun untuk rambut berikutnya kembali pada sifat dari minyak rambut itu sendiri yaitu pelembab. Sehingga, dengan pelembab dari minyak zaitun, dapat membantu memperkuat rambut dan meningkatkan elastisitasnya serta membantu mencegah kerusakan atau ujung bercabang. 

Meskipun minyak zaitun dapat membantu melembutkan rambut dan menjaganya tetap sehat, cara terbaik untuk mengatasi rambut bercabang adalah dengan memotong rambut secara teratur untuk menghilangkan kerusakan. 

Dapat Membantu Merangsang Pertumbuhan Rambut

Manfaat minyak zaitun untuk rambut selanjutnya ialah untuk merangsang pertumbuhan helai lebih cepat. Minyak zaitun mengandung vitamin E yang dapat membantu menghaluskan rambut dan mengurangi keriting sehingga membuat rambut tampak tumbuh, Vitamin E pun juga memiliki efek antioksidan yang dapat mendukung kulit kepala yang sehat serta meningkatkan pertumbuhan rambut, walaupun penelitian lebih lanjut diperlukan.

Mencegah Kutu Rambut

Manfaat minyak zaitun lainnya untuk rambut ialah mencegah adanya kutu pada rambut. Sambil menggunakan minyak zaitun, penting bagi kalian semua untuk memakai sisir yang tepat agar kutu-kutu membandel tak ingin menempel pada rambut kamu.

Rambut Yang Cocok Untuk Digunakan Minyak Zaitun

Tidak semua jenis rambut dapat merasakan kegunaan minyak zaitun untuk rambut. Jika orang rambut berminyak menggunakan minyak zaitun, maka kondisi rambutnya akan menjadi lebih berminyak, bahkan membuatnya lepek. Sehingga penggunaan minyak zaitun pun tak dapat sembarangan. Jika kamu merasa kondisi rambut mu seperti yang disebutkan di bawah, maka kamu cocok menggunakan minyak zaitun. Apa sajakah itu?

1. Rambut yang tebal dan kering

Salah satu jenis rambut yang cocok menggunakan minyak zaitun adalah jenis rambut tebal dan kering. Rambut kering dan tebal dapat menjaga rambut agar tetap lembap dan tidak mudah patah. 

2. Rambut yang melalui proses perawatan kimiawi

Jika Anda sering melakukan proses penataan rambut (seperti bleaching, dicat, diluruskan, atau dikeriting), mengoleskan minyak zaitun pada rambut dapat memberikan kelembapan ekstra. Caranya, cukup oleskan minyak zaitun, lalu diamkan selama 72 jam setelah melakukan perawatan rambut.

Cara Menggunakan Minyak Zaitun Untuk Rambut

Setelah memaparkan manfaat minyak zaitun untuk rambut, maka alangkah baiknya jika kamu mengetahui bagaimana cara pemakaian minyak tersebut untuk rambut kamu. 

1. Takaran Yang Pas

Sebelum merasakan khasiat minyak zaitun untuk rambut, pastikan kamu menggunakan jenis minyak esensial ini dengan takaran yang pas. Bagi kamu yang baru pertama kali memakai minyak zaitun untuk rambut, gunakan 1-2 sendok makan minyak ini untuk perawatan awal. 

Takaran minyak zaitun yang akan digunakan tergantung pada perawatan yang dilakukan. Biasanya, untuk ujung-ujung rambut, sebaiknya gunakan tidak lebih dari 1 sendok makan. Sementara, jika ingin merawat rambut sekaligus kulit kepala, kamu membutuhkan setidaknya seperempat cangkir minyak zaitun. 

2. Pijat Rambut

Setelah menakarnya dengan pas, kamu dapat memijat minyak zaitun ke rambut selama beberapa menit. Bahkan, kamu juga bisa memijatnya ke kulit kepala bila memiliki kulit kepala yang kering.

Agar perawatan ini lebih efektif, tutup rambut dengan shower cap atau handuk hangat dan diamkan selama 15 menit. Pemberian handuk hangat pada rambut dapat membuat rambut kamu lebih mudah diatur nantinya ketika lebih kering.

3. Membilas Rambut

Ketika sudah melakukan serangkaian tahapan, maka kamu harus membilas rambut tersebut dari minyak zaitun agar tidak meninggalkan residu-residu yang akan membuatnya jadi lepek dan bau.

Sehingga ketika melakukan keramas, kamu harus memastikan rambut kamu sudah bersih. Setelahnya kamu akan merasakan jika rambut kamu sudah lebih halus dan dapat diatur dengan mudahnya. Setelah melakukan pembilasan tersebut, kamu dapat melakukan styling rambut kamu seperti biasanya.

Berita Terkait
Topik Terkait