X

IntipSeleb – Aprilia Manganang atau kini disebut sebagai Aprilio Perkasa Manganang sempat bikin publik geger karena mengikuti sidang hukum terkait pergantian jenis kelamin. Saat itu,  Aprilia Manganang mengikuti seleksi mejadi seorang prajurit TNI. 

Namun, sebelum itu Aprilia Manganang juga sudah berhasil menarik perhatian sejak tampil di hadapan publik sebagai atlet voli putri. Nah, siapakah Aprilia Manganang ini? Yuk, cek di bawah ini!

Profil dan biodata secara umum

img_title
Foto : Berbagai Sumber

Aprilia Manganang lahir pada 27 Maret 1992 di Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara. Ia adalah anak dari Akip Zamrud Manganang dan Suryati Bori Lano. 

Di dalam keluarganya, Aprilia Manganang memiliki seorang kakak bersama Amasya. Tak seperti anak pada umumnya, ternyata Aprilia Manganang sudah mulai bekerja membantu orang tua. Hal itu dikarenakan kondisi keuangan yang belum cukup mendukung. 

Pekerjaan yang dilakukan Aprilia Manganang sebelum menjadi atlet adalah berladang bersama ayahnya. 

Aprilia juga berhasil menempuh pendidikan SMA-nya sambil menekuni olahraga voli. 

Karier Aprilia Manganang

img_title
Foto : Berbagai Sumber

Sejak SMA, Aprilia Mangana sudah memenangkan kejuaraan voli antar kampung. Sejak saat itu, jalan Aprilia Manganang untuk meraih kesuksesan sebagai atlet voli pun berhasil diraih. Ia beberapa kali berhasil meraih kejuaraan voli profesional. 

Di tahun 2011, Aprilia digaet ke klub voli Alco. Saat itu ia memperebutkan piala Proliga. Karier Aprilia semakin sukses saat ia masuk ke klub Jakarta Elektrik PLN.

Menolak lupa, Aprilia Manganang juga sempat bergabung bersama timna voli putri Indonesia dalam SEA Games 2018. Namun, ia memilih pensiun sebagai atlet voli karena mengalami cedera.

Kini, Aprilia Manganang sukses menjadi tentara aktif Indonesia. 

Alasan ganti jenis kelamin

img_title
Foto : instagram/manganang92

Saat menjadi prajurit TNI dengan pangkat serda (Sersan Dua), Aprilia Manganang resmi mengganti jenis kelaminnya. Faktanya, Aprilia Manganang ini sejak lahir sudah berjenis kelamin laki-laki. Namun, ia mengidap hipospadia di mana penyakit ini merupakan kelainan bawaan lahir pada anak berjenis kelamin laki-laki. 

Saluran lubang kemida kulit penis menjadi terganggu saat berada dalam kandungan. 

Saat mengikuti berbagai persidangan dan tes, Jendral TNI Andika Perkasa selaku Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) pub memutuskan untuk mengganti jenis kelamin dan nama Aprilia Manganang menjadi Aprilio Perkasa Manganang. 

Aprilio Perkasa Manganang sudah tunangan

img_title
Foto : instagram/manganang92

Aprilia Manganang yang kini dikenal dengan nama Aprilio Manganang resmi bertunangan dengan kekasihnya yang bernama Claudya. Keduanya melangsungkan acara pertunangan pada hari Sabtu, 22 Januari 2022.

Uniknya, keduanya kompak mengenakan sepatu sneakers di hari pertunangan mereka. Aprilia Manganang dan Claudya tampak membagikan momen manis mereka dari memakai cincin ke jari manis pasangan masing-masing hingga foto bersama.

“Milikilah seseorang yang tulus memilihmu dalam kondisi apapun, mengetahui rahasia dan ikhlas menerima masa lalumu,” tulis Claudya lewat akun media sosial Instagramnya.

Keduanya pun mengunggah momen mereka masing-masing di platform Instagram. Dengan mengenakan batik, pasangan Aprilia Manganang dan Claudya sukses membuat baper para warganet.

Hari pertunangan Aprilia Manganang dan Claudya pun dibanjiri dengan ucapan selamat dari sesama rekannya dan juga warganet yang mendoakan kelancaran keduanya di janji suci pernikahan mereka nanti.

Berita Terkait :

Saksikan Juga