X

IntipSeleb – Manfaat buah kesemek sangat banyak bagi para penggemar dari buah spesial tersebut. Melansir pada Organics Facts Net, kesemek merupakan buah eksotis yang lezat. Bahkan, manfaat buah kesemek terhadap kesehatan pun banyak mengandung di dalamnya.

Manfaat buah kesemek lebih dari sekadar santapan manis dan lezat. Tetapi, manfaat buah kesemek terhadap kesehatan dapat meningkatkan fungsional organ pada tubuh.

Manfaat buah kesemek secara generalnya seperti meningkatkan kesehatan mata, mengurangi tanda-tanda penuaan, memperbaiki pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, serta perawatan kulit.

Selain yang disebutkan di atas, manfaat buah kesemek juga dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

Sebelum membahas manfaat buah kesemek secara detail, kamu harus mengetahui sendiri mengenai kesemek secara lebih dalam. Apa itu Kesemek? Kesemek adalah buah berwarna oranye atau coklat kemerahan, yang berbentuk seperti tomat kecil dan pipih.

Kesemek dikenal memiliki rasa manis dan bertekstur. Biasanya ada dua jenis kesemek yaitu varietas astringent dan non-astringent. Kesemek astringen mengandung bahan kimia tanaman yang tinggi yang dikenal sebagai tanin, di mana kesemek ini cenderung memberi buah versi mentah rasa pahit dan kering. 

Untuk mengonsumsinya, kamu harus menunggu kesemek astringen matang untuk memakannya. Sedangkan kesemek non-astringent adalah varietas yang juga kaya akan tanin tetapi dapat dimakan mentah. Kesemek sendiri dibagi dalam beberapa klasifikasi, diantaranya: Kesemek Jepang, Kesemek Amerika, Kesemek hitam, dan Kesemek India

Semua kesemek ini memiliki banyak nilai gizi dasar dan manfaat kesehatan yang sama, dengan beberapa perbedaan penting, seperti kandungan serat dan jumlah senyawa organik yang tidak biasa. Kesemek dapat dimakan segar, kering, mentah, atau dimasak.

Namun, setiap metode mengubah rasanya walaupun umumnya tetap memberikan rasa manis dan lembek. Jika dibiarkan matang sepenuhnya, dagingnya pun dapat dimakan dengan mudah.

Lantas, apakah manfaat buah kesemek yang patut kamu ketahui untuk mengosumsinya? Penasaran? Jangan khawatir. Seperti biasa, IntipSeleb akan merangkum berbagai manfaat buah kesemek untuk kamu yang ingin mengetahuinya. Tunggu apa lagi, yuk simak artikel manfaat buah kesemek selengkapnya di bawah. Check it out!

Meningkatkan Imunitas

Manfaat pertama dari buah kesemek adalah makanan yang jika dikonsumsi akan menghasilkan rasa manis ini dapat membantu meningkatkan kekebalan karena kemungkinan adanya vitamin C.

Diketahui, kesemek memiliki salah satu kandungan asam askorbat (vitamin C) tertinggi di antara buah-buahan lainnya. Satu buah kesemek pun memiliki sekitar 80 persen kebutuhan harian nutrisi yang bermanfaat.

Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Food Quality mencatat bahwa Vitamin C merangsang sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan produksi sel darah putih, yang merupakan garis pertahanan utama tubuh terhadap infeksi mikroba, virus, dan jamur, serta benda asing. atau racun.

Dapat Mengatur Peredaran Darah

Seiring dengan menurunkan tekanan darah, kesemek menyediakan elemen penting dalam membuat sel darah merah baru dalam tubuh. Di mana kesemek dapat mengambil berbagai nutrisi penting untuk membuat hemoglobin tambahan. 

Peningkatan sirkulasi sel darah merah yang sehat diketahui bermanfaat bagi kesehatan karena beberapa alasan, termasuk membantu meningkatkan fungsi kognitif, tonus otot, metabolisme, dan tingkat energi, serta perbaikan luka dan pertumbuhan sel.

Sebuah tim peneliti Korea yang diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food mengungkapkan kemungkinan efek menguntungkan dari ekstrak etanol daun pohon kesemek pada sirkulasi darah, serta metabolisme lipid pada tikus dengan diberikan diet tinggi lemak. 

Dari studi tersebut mengungkapkan bahwa kesemek memiliki potensi untuk meningkatkan sirkulasi dengan menghambat pembekuan darah dan aktivasi trombosit dan dengan menurunkan kadar kolesterol plasma. Namun pastinya, studi rinci lebih lanjut diperlukan untuk mengeksplorasi manfaat kesehatan khusus ini.

Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit jantung merupakan penyakit paling berbahaya yang telah membuat banyak orang di dunia kehilangan nyawa. Maka dari itu, penting untuk menjaga kesehatan jantung, salah satunya dengan mengonsumsi kesemek.

Buah dengan wujud asli mirip tomat ini memiliki nutrisi luar biasa yang mampu meningkatkan dan menjaga kesehatan jantung. Berkat zat antioksidan flavonoid, termasuk quercetin dan kaempferol.

Kandungan kesemek membantu menurunkan kolesterol jahat atau low density lipoprotein (LDL), serta menurunkan tekanan darah dan inflamasi.

Dapat Meningkatkan Kualitas Penglihatan

Senyawa dalam kesemek ternyata juga memiliki manfaat untuk kesehatan mata kamu loh. Salah satu senyawa umum, zeaxanthin karotenoid alkohol ditemukan dari vitamin B kompleks. 

Kesemek diketahui dikemas dengan vitamin kelas ini. Menurut penelitian Dr. Kwak-Wai Lam dan Dr. Paul But dalam Organics Facts Net, zeaxanthin memiliki hubungan langsung dengan peningkatan kesehatan mata karena perilakunya sebagai zat antioksidan. 

Lebih lanjut menyatakan bahwa senyawa ini memiliki potensi untuk membantu mengurangi kondisi terkait, seperti degenerasi makula, katarak, dan rabun senja.

Berpotensi Cegah Kanker

Buah kecil yang lezat ini dikemas dengan antioksidan serta dapat disebut anti-kanker, yang mungkin dapat meningkatkan kemampuan tubuh kamu untuk melawan radikal bebas, meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan melindungi terhadap banyak penyakit. 

Radikal bebas adalah produk sampingan dari metabolisme sel yang dapat mengubah sel sehat menjadi sel kanker dan merusak berbagai sistem organ. Satu studi yang diterbitkan dalam Korean Journal of Nutrition, telah mengeksplorasi dampak antikanker dari ekstrak daun kesemek pada sel kanker lambung manusia. 

Disimpulkan bahwa ekstrak daun kesemek menunjukkan potensi antikanker yang kuat. Namun, penelitian lebih lanjut tentang efek buah ini diperlukan.

Seperti disebutkan, kesemek memiliki kadar vitamin C dan A yang tinggi yaitu beta-karoten, flavonoid, serta kemungkinan senyawa fenolik, katekin, dan gallocatechin.

Dr Naresh Kumar, Dr Masood Sadiq Butt, dan rekan menerbitkan sebuah studi di Jurnal Eksperimental dan Ilmu Klinis menunjukkan bahwa buah ini memiliki karotenoid dan katekin yang memegang perspektif antikanker terhadap berbagai lini sel kanker.

Mengatasi Stres dan Insomnia

Kandungan buah kesemek bisa membuat kamu lebih rileks dan menjaga suasana hati. Dengan begitu, suasana hati yang tenang bisa membantu untuk tidur nyenyak di malam hari.

Membantu Program Diet

Buah kesemek dapat membantu kamu yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan yang berlebih. Kamu bisa menyajikan kesemek ke salad buah, yoghurt, dan oatmeal, atau dimakan secara langsung sebagai menu diet. Kandungan lemak dalam buah kesemek hanya 0,19 gram.

Mencegah Penuaan Dini

Kesemek mungkin kaya akan sejumlah vitamin dan mineral, khususnya vitamin A, beta-karoten, lutein, likopen, dan cryptoxanthin. Vitamin ini dapat berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh untuk mengurangi stres oksidatif, yang pada gilirannya dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput, bintik- bintik penuaan , kelelahan, dan lain sebagainya.

Disebutkan oleh Organic Facts Net bahwa tim peneliti Jepang melakukan penelitian mengenai potensi perlindungan dari jenis polifenol tertentu yang ditemukan dalam kulit kesemek, yang memainkan peran penting terhadap kerusakan oksidatif di bawah proses penuaan. (Cy)

Berita Terkait :

Saksikan Juga