img_title
Foto : Pexels/Engin

IntipSelebCara membuat salad buah yang simpel dengan harga terjangkau, cocok untuk kamu yang sedang mencari bahan resep cemilan sehat tersebut.

Melansir pada Brilio Food, salad sendiri adalah makanan ringan yang lezat, dan dapat terbuat dari sayur mayur atau buah segar. Hal tersebut dapat kamu sesuaikan dengan preferensi yang kamu inginkan, apakah cara membuat salad buah atau salad yang berisikan sayuran saja.

Salad sendiri menjadi makanan penyeimbang gizi agar lebih sehat dapat dihidangkan menggunakan saus mayones, madu, yoghurt, perasan jeruk, keju dan lain sebagainya.

Apabila ditambah campuran olahan ayam, daging, hingga ikan semua bahan ini harus dimasak terlebih dahulu kemudian dapat kamu lakukan dressing. Berbeda dengan cara membuat salad buah, kamu harus menyiapkan toping lainnya untuk mencampurinya.

Salad memberikan banyak manfaat untuk tubuh loh teman-teman. Karena salad bisa dijadikan menu andalan diet, sebab salad kaya akan kandungan mineral dan vitamin sesuai dengan jenis sayur dan buahnya.

Namun sayangnya tidak semua orang suka dengan sayur mentah. Jadi banyak yang lebih memilih untuk membuat salad dari buah. Cara membuat salad buah untuk diet pun dapat kamu temukan untuk menjadi petunjuk makanan cemilan kamu. Beragam buah dan sayur mengandung kalori rendah dan kaya akan serat, sehingga sangat baik untuk menunjang program diet.

Pilih bahan sesuai selera yang segar, sehat, tidak mengandung pemanis buatan dan bahan pengawet. Supaya tidak mengganggu nutrisi dietmu, kamu juga bisa memodifikasi salad buah dengan varian atau topping lezat lainnya. Sehingga cara membuat salad buah pun perlu diperhatikan. Sebab, cara membuat salad buah dan memakannya akan membantu sistem metabolisme pada pencernaan.

Cara membuat salad buah untuk diet dapat dilakukan dengan memilih buah yang segar. Salad buah umumnya menjadi makanan yang terdiri dari kombinasi aneka buah yang sudah dipotong dan dicampur dengan saus seperti mayones atau yogurt.

Namun, tak semua cara membuat salad buah harus menggunakan mayones ataupun yogurt. Karena, campuran tersebut benar mengandung serat yang tinggi sehingga mampu membantu menurunkan berat badan. Tetapi, jika terlalu berlebihan pada penaruhan toping mayones dan yogurtnya, justru menjadikan cara membuat salad buah tak efektif untuk diet.

Lantas bagaimanakah cara membuat salad buah yang efektif untuk diet dengan harga terjangkau? Dan tetap sesuai preferensi kamu? Apakah dapat mengganti bahan campurannya? Jangan khawatir. IntipSeleb akan merangkum resep yang pas untuk kamu coba. Tunggu apalagi, yuk langsung aja kepoin bersama IntipSeleb. Check it out!

Resep Salad Buah Dengan Saus Jeruk

Melansir pada CNN Indonesia, resep pertama menggunakan saus jeruk. Jika kamu tidak ingin menggunakan saus campuran berupa mayones dan yogurt, kamu dapat mencoba petunjuk satu ini.

Di mana salad buah untuk diet berikut menggunakan krim keju dan air jeruk sebagai saus. Tidak menggunakan keju parut, resep ini menggantinya dengan krim keju. Berikut cara membuat bahan sausnya:

- 1 blok krim keju (dilunakan)
- ½ cangkir jus jeruk asli (tanpa gula)
- Buah-buahan:

- Strawberry
- Blueberry
- Apel
- Anggur
- Nanas
- Pir
- Buah naga

Cara mencampur salad buah dengan saus jeruk keju:

- Buat saus dengan menggunakan mixer. Kocok krim keju sampai tidak terdapat gumpalan yang tersisa lalu tuang air jeruk dan aduk kembali. Masukkan sebentar ke dalam kulkas.

- Potong dadu semua buah tersebut dan letakkan dalam wadah. Untuk mendapatkan tampilan penyajian yang menggugah selera, tata rapi buah-buahan tersebut. Ambil krim keju jeruk dari dalam kulkas, salad buah siap dinikmati. Buah-buahan di atas bisa diganti sesuai selera.

Resep Salad Buah Dengan Madu

Perpaduan saus madu untuk menggantikan mayones akan memberikan kesegaran dan kenikmatan baru saat menyantap salad buah. Berikut bahan saus yang harus dipersiapkan:

- 3 sdm madu asli
- 1 cangkir air jeruk asli (tanpa gula)
- ½ sdt parutan kulit lemon

Tuang semua bahan kedalam satu wadah dan aduk sampai merata.

Bahan buah:

- Strawberi
- Kiwi
- Jeruk
- Apel
- Mangga
- Anggur

Cara mencampur buah dengan sausnya:

- Potong dadu semua buah tersebut dan campurkan ke dalam satu wadah. Untuk takarannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Kamu sendiri juga dapat mengganti buah-buahan di atas dengan buah lain yang disukai loh. Disarankan untuk memilih buah berair agar perut kenyang lebih lama.

-Lalu, tuang saus jeruk madu ke dalam mangkuk buah dan aduk rata. Agar terasa lebih segar, masukkan sebentar ke dalam kulkas. Jangan lupa untuk menambahkan biji chia atau daun mint untuk menambahkan rasa segar.

Resep Salad Buah Dengan Lemon

Melansir pada Brilio Food, resep salad buah pun bisa kamu modifikasi dengan penggunaan buah lemon sebagai saus campuran. Berikut bahan yang dipersiapkan:

- 150 ml air jeruk
- 3 sdm gula aren
- 40 ml air lemon
- 1 cangkir anggur tanpa biji
- sdt parutan kulit jeruk
- sdt parutan kulit lemon
- 1 sdt ekstrak vanila

Bahan buah:

- Bluberi
- Nanas
- Kiwi
- Jeruk
- Strawberi
- Pisang
- Pir
- Anggur hijau

Cara mencampur buah dengan sausnya:

- Potong dadu semua buah tersebut dan campurkan ke dalam satu wadah. Untuk takarannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Kamu sendiri juga dapat mengganti buah-buahan di atas dengan buah lain sesuai preferensi.

- Campur lemon, air jeruk, parutan kulit jeruk, gula aren dan lemon ke dalam panci. Masak dulu sampai mendidih. Tunggu sampai bahan sedikit mengental, sekitar lima menit.

- Angkat dan taburkan ekstrak vanili, aduk rata dan sisihkan hingga dingin. Masukkan semua buah ke dalam mangkuk. Tuang saus dingin tadi di atasnya. Tutup dengan plastik bening, dinginkan di dalam kulkas selama 3 sampai 4 jam.

Resep Salad Buah Dengan Mojito

Ingin menambah kesegeran dalam salad buah diet yang terjangkau? Kamu dapat coba resep satu ini. Berikut bahan yang harus dipersiapkan:

- 2 sdt gula pasir
- 3 lembar daun mint

Bahan buah:

- Nanas
- Apel
- Melon
- Kiwi
- Lemon
- Bluberi
- Strawberi

Cara mencampur buah dengan sausnya:

- Campurkan semua buah dalam wadah. Kemudian masukan gula, daun mint (harus hancurkan) beserta perasan lemon dalam wadah lain. Jangan lupa untuk menambahkan gula larut.

- Siram dengan campuran air lemon ke atas potongan buah, aduk rata. Setelahnya, masukkan salad buah ke dalam kulkas selama 1 jam agar penyajiannya lebih segar terasa.

Itulah resep-resep salad buah yang sekiranya dapat membantu kamu untuk menjalani diet dengan cemilan sehat tanpa perlu takut.

Topik Terkait