img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb – Makanan menu buka puasa yang biasanya sering dicari dan di nikmati banyak orang salah satunya adalah kolak dan gorengan. Jajanan pinggir jalan ini, bisa kalian temui selama bulan suci ramadhan di penjual kaki lima di pinggir jalan atau di pasaran.

Berbuka puasa merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu. Setelah seharian berpuasa, tentunya hari perlu diakhiri dengan makanan sehat nan lezat agar tubuh kembali segar. Tapi ada kalanya kita tidak ada waktu untuk menyiapkan menu makanan buka puasa yang bergizi namun menggugah selera. Namun, tidak perlu khawatir.

Berbicara mengenai masakan di bulan Ramadhan, tentunya setiap orang menginginkan menu yang berbeda setiap harinya. Mulai dari camilan hingga makanan berat. Tak jarang terkadang orang bingung harus masak apa untuk menu berbuka puasa.

Tidak harus mewah, makanan sederhana saja jika diolah dengan tepat akan menggugah selera. Mulai dari tumisan, berbagai jenis sayur, ikan, daging dan lainnya akan menjadi menu spesial saat berbuka.

Salah satu yang dirindukan saat Ramadhan adalah berbuka bersama sajian khasnya. Jika di rumah sudah tentu bisa mencicipi masakan ibu bukan? Cita rasa masakan rumahan memang juara dan tidak ada yang bisa menolaknya. Makanan takjil yang sering dikonsumsi orang Indonesia pada umumnya sarat akan gula dan minyak. Sehingga tak jarang orang mengeluh mengalami berat badan naik meski sedang berpuasa.

Salah satu alasan berat badan naik adalah kalap saat berbuka puasa. Karena merasa lapar seringkali saat berbuka puasa jadi 'balas dendam'.

Bagi sebagian orang, kegiatan berpuasa mungkin cukup menantang. Pasalnya kamu harus menahan lapar dan haus selama waktu yang cukup lama. Nah, untuk kamu yang sudah berhasil menjalani puasa hari ini, selamat! Inilah saatnya untuk memanjakan perut dengan kombinasi menu buka puasa favorit!

1. Kolak Pisang & Biji Salak

Pinterest
Foto : Pinterest

Kolak pisang dan biji salak dicampuri dengan kolang-kaling, biasanya menjadi primadona menu buka puasa di bulan suci ramadhan, yang paling banyak disukai orang Indonesia.

Makanan yang sering disebut takjil buka puasa ini, biasanya dibuat sendiri di rumahan, atau kita dapat membelinya di jalanan maupun di pasar dan mudah untuk ditemui. Kolak merupakan hidangan manis, yang di kombinasi dengan santan dan gula merah, biasanya menggunakan bahan baku pisang dan biji salak yang dibuat dari ubi.

Tak hanya pisang dan biji salak saja, kolak khas bulan suci ramadhan biasanya juga terdapat candil bak agar-agar kecil yang dicampuri dengan kolang-kaling.

Menu buka puasa andalan orang Indonesia ini, sering kita jumpai selama bulan suci ramadhan penuh dan sudah menjadi hidangan khas buka puasa.

2. Gorengan

Pinterest
Foto : Pinterest

Sebagian orang memilih untuk berbuka puasa dengan menu gorengan pinggir jalan, ataupun buatan di rumah. Macam-macam gorengan seperti tempe mendoan, bakwan, cireng, dan tahu menjadi makanan yang paling banyak disukai oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia.

Menikmati gorengan usai berpuasa seharian, biasanya cepat membuat perut menjadi kenyang dan tertahan hingga selesai salat tarawih. Gorengan yang disandingkan dengan sambal kacang dan juga rawit, menjadi salah satu menu wajib yang selalu disajikan oleh sejumlah orang.

Jika melakukan kegiatan buka bersama di mesjid dan tempat lainnya, gorengan Selalu ada disajikan dan paling banyak di makan bahkan banyak peminatnya. Meskipun sebenarnya kurang tepat pada saat buka puasa menyantap gorengan, lantaran akan membuat perut panas usai seharian berpuasa.

3. Kurma

Pinterest
Foto : Pinterest

Buah kurma merupakan menu spesial dan wajib yang harus disajikan pada saat berbuka puasa. Buah khas Arab tersebut, disebut menjadi sunah para rosul pada saat berbuka puasa, dan memakan 3 kurma dijamin dapat menunda rasa lapar usai berpuasa seharian.

Buah berwarna coklat kehitaman, dan memiliki rasa manis tersebut banyak dijual di pasaran dan supermarket pada saat jelang bulan suci ramadhan tiba. Harganya pun bervariatif, mulai dari yang biasa hingga harga premium.

Kurma dipercaya dapat membantu mengembalikan energi dan daya tahan tubuh kita, usai 1 hari penuh tidak makan dan minum.

4. Es Buah

Pinterest
Foto : Pinterest

Membayangkan menu buka puasa yang segar dan manis setelah berpuasa dan menahan haus dan lapar, es buah merupakan hidangan takjil yang menggiurkan dan menyegarkan untuk di konsumsi pada saat berbuka puasa.

Campuran beberapa buah-buahan dan diberi sedikit susu dan es, menambah citra rasa segar yang semakin tergoda bahkan nikmat. Es buah banyak dijajahkan pada saat bulan suci ramadhan oleh para penjual takjil di pinggir jalan.

Namun, alangkah baiknya kita membuatnya sendiri di rumah, karena mudah dan gampang banget hanya perlu menyiapkan banyak buah, susu kental manis, es batu dan campuran gula putih yang dilarutkan.

5. Makan Berat

Pinterest
Foto : Pinterest

Tak kuat menahan lapar seharian saat berpuasa, sejumlah orang memilih untuk langsung makan makanan berat pada saat berbuka puasa. Hal ini sebenarnya tidak dianjurkan dan disebut tidak baik untuk kesehatan, lantaran alangkah baiknya di buka dulu dengan hidangan yang manis dan sedikit.

Namun, beberapa orang di Indonesia memiliki kebiasaan pada saat berbuka puasa, mereka memilih untuk langsung memakan nasi dan menu hidangan berat lainnya agar cepat terpenuhi rasa laparnya.

Nasi dan menu masakan yang memiliki banyak minya, santan bahkan aneka bumbu, tidak baik dikonsumsi dengan kondisi perut kosong dan tidak diganjal dulu dengan takjil yang manis-manis sebelumnya.

6. Teh Manis Hangat

Pinterest
Foto : Pinterest

Teh manis hangat cocok menjadi salah satu menu buka puasa yang tepat. Segelas teh manis hangat, dapat membuat dahaga dan rasa tenggorokan kering menjadi lebih enak dan membaik.

Sejumlah orang memilih untuk menikmati teh manis hangat pada saat berbuka puasa, baru mulai memakan makanan manis atau menu makanan berat usai melakukan salat Maghrib. Hal ini, biasanya dengan meminum segelas teh manis hangat, dapat mengobati rasa lelah kita saat berpuasa satu hari penuh.

Teh manis hangat juga cocok diminum dengan teman hidangan gorengan atau kurma, agar terasa lebih nikmat dan menyegarkan saat diminum.

7. Es Sirup

Pinterest
Foto : Pinterest

Dahaga dan rasa haus seharian saat berpuasa, biasanya akan semakin terasa saat beberapa menit menjelang adzan Maghrib. Es Sirup merupakan salah satu menu buka puasa yang masih banyak disukai orang Indonesia dengan berbagai macan brand sirup terpercaya dan memiliki rasa khas yang menggugah selera.

Es Sirup biasanya disajikan bersama kurma dan hidangan pembuka lainnya saat berbuka puasa, dan dipercaya memiliki rasa kesegaran untuk orang yang berpuasa.

Marjan dan ABC, merupakan salah satu brand sirup yang paling banyak disukai orang Indonesia pada saat bulan suci ramadhan, dan memikiki beberapa varian rasa yang berbeda dan dijamin bikin buka puasa kalian lebih nikmat.

8. Roti Canai

Pinterest
Foto : Pinterest

Roti makanan khas orang timur tengah ini, merupakan hidangan wajib yang harus dihadirkan pada saat berbuka puasa bagi keluarga yang memiliki darah keturunan Arab. Roti manis yang sedikit kering dan gurih tersebut, sering dijumpai dan dijual oleh beberapa tempat roti di Indonesia.

Sejenis dengan roti Maryam, roti Canai biasanya dinikmati dengan saus spesial yang lezat dan gurih karena memakai banyak rempah dan bahan-bahan khas orang timur tengah. (nes)

Topik Terkait