img_title
Foto : Pinterest

IntipSelebResep bolu kukus anti gagal dan dapat dibuat oleh pemula di rumah, pastinya dijamin empuk dan enak. Bolu kukus, merupakan salah satu jenis jajanan atau kue, yang biasanya sering dijumpai di pasaran atau toko-toko kue biasa.

Resep bolu kukus dengan berbagai macan varian ini, tentunya dapat kalian coba di rumah dengan bahan-bahan dan cara membuatnya yang benar. Bolu kukus biasanya memiliki varian rasa, pandan, cokelat, gula merah.

Tak banyak yang berhasil dalam membuat kue hidangan yang satu ini, biasanya sejumlah orang gagal dalam membuat bolu kukus, karena tidak mekar dan bantat. Bolu kukus, dengan terlalu banyak campuran telur pun akan membuat tekstur bolunya menjadi keras dan padat.

Maka dari ini, kali ini IntipSeleb akan memberikan resep bolu kukus anti gagal, yang sederhana namun akan tetap mekar sempurna dan pastinya empuk saat di makan. Para pencinta bolu dan jajanan bolu lainnya, pasti akan tergiur dengan aneka bolu kukus yang nantinya akan di jelaskan pada artikel ini.

Resep bolu kukus rumahan ini, biasanya hanya dicampurkan dengan bahan-bahan yang ada di warung-warung atau toko bahan-bahan kue yang terdekat di sekitar rumah kalian.

Bolu kukus pandan dan gula merah, menjadi salah satu primadona jajanan yang sering dijual di pasaran dengan harga Rp2000 atau Rp5000 saja. Biasanya bolu kukus jenis ini, memang dibuat untuk dijual di pasaran atau justru untuk hidangan acara-acara syukuran keluarga.

Nah, untuk kalian yang masih penasaran bagaimana sih cara membuat bolu kukus anti gagal dan apa sih resep andalannya ,yuk simak artikel berikut ini, check it out!

1. Bolu Kukus Gula Merah

Pinterest
Foto : Pinterest

Manisnya gula merah dijadikan bolu kukus? Makin enak dan lezat di mulut. Bolu kukus gula merah bukan hanya mudah dibuat tapi bahannya juga mudah didapat. Ini dia beberapa rekomendasi resep bolu kukus gula merah merekah untuk camilan selama di rumah.

Bolu kukus merupakan kue basah tradisional masyarakat Indonesia. Kue ini memiliki tekstur lembut seperti spons yang dicetak dengan paper cup.

Bolu kukus terbuat dari adonan tepung terigu dan campuran bahan lain. Kemudian dikukus hingga matang. Varian bolu kukus yang banyak diminati adalah bolu kukus gula merah.

Bolu kukus gula merah jadi salah satu jajanan kesukaan banyak orang. Kreasi kudapan manis khas Indonesia ini punya cita rasa legit. Terbuat dari gula merah, bolu kukusnya pun identik berwarna cokelat karamel.

Bahan-bahan bolu kukus gula merah:

  • 200 gram gula merah sisir halus
  • 200 ml air
  • 3 helai daun pandan
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt vanili bubuk
  • 2 butir kuning telur
  • 1/2 sdt soda kue
  • 50 gram gula pasir
  • 1/4 sdt baking powder
  • 250 gram tepung terigu
  • 100 ml minyak goreng

Cara membuatnya:

1. Ayak rata tepung terigu, baking powder, baking soda, dan garam. Sisihkan

2. Rebus daun pandan, gula merah, gula pasir dan air hingga larut dengan api kecil. Angkat dan dinginkan.

3. Panaskan panci/dandang kukusan hingga beruap banyak. Alasi tutupnya dengan kain lap/serbet. Alasi cetakan bolu kukus dengan paper cup.

4. Mixer kuning telur hingga pucat. Masukkan larutan gula merah dan campuran tepung terigu secara bergantian sedikit demi sedikit, sambil dimixer dengan kecepatan rendah hingga rata.

5. Masukkan bolu kukus ke dalam panci/dandang kukusan, beri jarak diantaranya. Kukus dengan api besar selama 15 menit. Angkat dan keluarkan bolu dari cetakan.

2. Bolu Kukus Pandan

Pinterest
Foto : Pinterest

Resep menu bolu kukus kedua yaitu dengan varian rasa pandan dan berwarna hijau. Biasanya bolu kukus ini sering di jajahkan di pasaran dengan harga yang worth it!

Bolu kukus rasa pandan, selain warnanya yang cantik dan menggoda, bolu ini pun memiliki aroma wangi daun pandan yang tak biasa. Campuran pasta pandan atau daun pandan asli, membuat bolu kukus ini semakin nikmat saat disantap.

Bolu kukus pandan ini, menjadi kue favorit sejumlah orang dan paling banyak dicari di pasaran. Daun pandan sendiri sudah sering digunakan sebagai tambahan perasa dan aroma dalam berbagai macam masakan dan jajanan Indonesia. Daun pandan sendiri sudah sering digunakan sebagai tambahan perasa dan aroma dalam berbagai macam masakan dan jajanan Indonesia.

Perisa pandan memang sering dijumpai untuk campuran hidangan penutup khas Indonesia. Rasa dan aromanya yang harum menjadi alasan kenapa pandan begitu istimewa. Langsung saja berikut bahan-bahan yang harus disiapkan saat ingin membuat bolu kukus pandan.

Bahan-bahannya:

  • 300 gram tepung terigu protein sedang
  • 200 ml minyak sayur
  • 200 gram gula
  • 4 butir telur
  • Sp atau pengembang
  • 2 sendok teh emulsifier
  • 130 ml santan kental
  • 4 sendok makan susu bubuk
  • pasta pandan secukupnya

Cara membuatnya:

1. Siapkan wadah besar dan campurkan telur ayam, gula pasir, sp, dan vanili cair. mixer adonan dengan kecepatan tinggi sampai semua bahan tercampur dan mengembang.

2. Lalu tambahkan baking powder dan tepung terigu sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil di mixer sampai tekstur adonan lembut.

3. Tuang santan kental, margarin cair, dan pasta pandan secukupnya. aduk rata menggunakan spatula sampai semua bahan tercampur dan adonan berubah warna menjadi hijau.

4. Siapkan pengukus atau dandang dan loyang bolu yang telah diolesi permukaannya dengan sedikit margarin.

5. Kukus kue bolu sampai mengembang dan matang merata selama 30 menitan. Setelah matang, ambil bolu dari dalam pengukus dan diamkan sebentar hingga uap panasnya hilang.

3. Bolu Kukus Cokelat

Pinterest
Foto : Pinterest

Nah untuk sahabat intipSeleb varian bolu kukus berikutnya yaitu bolu kukus cokelat. Tanpa ribet dan memakan banyak bahan-bahan, bolu kukus ini bisa dicampurkan dengan kopi atau minuman cokelat kemasan seperti Chocolatos atau Bengbeng.

Bolu kukus cokelat ini merupakan adonan bolu kukus dapat dicampur tanpa menggunakan mikser, cukup pakai ballon whisk maupun spatula. Bolu kukus juga bisa dikreasikan misalnya ditambah cokelat bubuk.

Bolu kukus cokelat ini pun sangat cocok dinikmati sebagai teman minum teh atau kopi sambil bersantai di rumah. Cocok juga jadi kudapan untuk dinikmati bersama keluarga. Sekarang, langsung saja cari resep favoritmu yang terbaru di sini untuk langsung dicoba.

Bahan-bahannya:

  • 2 butir telur ukuran besar
  • 80 gr gula pasir
  • 1/2 sdt SP/Ovalet/TBM
  • 80 gr tepung terigu protein sedang
  • 20 gr coklat bubuk/Chocolatos
  • 1/4 sdt baking powder
  • 70 ml minyak goreng
  • 1 bungkus krim kental manis rasa cokelat

Cara membuatnya:

1. Campurkan telur, gula dan SP/ovalet/TBM dengan menggunakan mixer kecepatan tinggi. Campur hingga bahan mengembang dan berwarna putih pucat.

2. Setelah bahan dimasukkan, campurkan bahan dengan menggunakan mixer dengan kecepatan rendah. Campurkan hingga adonan tercampur rata. Kemudian setelah bahan tercampur rata, tambahkan minyak sayur dan krim kental manis rasa coklat lalu campur hingga rata.

3. Tuang adonan bolu kukus coklat ke dalam loyang yang telah diolesi dengan mentega dan taburan tepung tipis. Setelah dituang, ratakan permukaannya lalu hentakkan agar adonan dapat menyebar rata dalam loyang.

4. Masukkan adonan yang telah dituangkan ke loyang ke dalam kukusan yang sudah didihkan terlebih dahulu airnya. Tutup kukusan dengan tutup panci yang sudah dialasi serbet untuk mencegah air uapan menetes ke atas kue bolu.

5. Kukus selama 20 menit dengan api sedang menuju kecil agar kue bolu matang merata. Setelah 20 menit, cek kematangan kue dengan menusuk kue, jika adonan masih basah, tambah waktu kukus hingga kue benar-benar matang.

Selamat mencoba untuk semuanya yang ingin membuat 3 macam varian bolu kukus ala rumahan anti gagal dan pastinya empuk versi IntipSeleb. (bbi)

Topik Terkait