img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya Hidup- Cara menghilangkan bekas cacar air sebenarnya sangatlah mudah apabila anda tahu dan sabar dalam melakukan perawatan, karena memang tidak instan dan membutuhkan proses. Seperti yang kita ketahui, cacar air merupakan penyakit yang menyebalkan karena selain membuat kesehatan tubuh menjadi terganggu, ternyata penyakit yang satu ini juga meninggalkan bekas pada kulit yang bisa menurunkan rasa percaya diri.

Cacar air merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus herpes variecella zoster. Hampir semua orang pernah menderita cacar air karena penyebaran penyakit ini sangat mudah dan cepat. Penyakit cacar air, umumnya selalu meninggalkan bekas luka yang mengganggu, di antaranya hitam dan berlubang. Bayangkan saja, betapa tidak nyamannya jika kulit yang tadinya putih mulus harus bernoda karena bekas luka cacar.

Penderita cacar air biasanya akan mengalami demam serta muncul bentol-bentol yang berisi nanah pada sekujur tubuh termasuk wajah. Nah, apabila si penderita sudah sembuh, maka gelembung-gelembung kecil di kulit akan kempes dengan sendirinya, namun meninggalkan bekas yang sangat lama hilangnya apabila dibiarkan saja tanpa ada perawatan.

Cacar timbul disebabkan karena virus poks, dan pada umumnya penyakit ini ditandai dengan gejala demam, dan keluar gelembung bernanah yang banyak tersebar di beberapa bagian tubuh dan juga wajah. Penyakit cacar tidaklah berbahaya, tetapi bekas cacar tersebut sangatlah mengganggu penampilan dan dapat mengurangi rasa percaya diri seseorang. Sebenarnya, ada banyak jenis dari cacar, salah satunya adalah cacar air.

Penyakit cacar seringkali menimbulkan noda bintik-bintik hitam pada kulit. Noda bekas cacar ini sangat mengganggu sekali. Tidak jarang, menyebabkan penderitanya tidak percaya diri. Apalagi bila bekas cacarnya berada di wajah, pastinya semakin menurunkan kepercayaan diri. Sebenarnya, noda bekas cacar ini bisa hilang sendiri secara alami. Akan tetapi, secara alami proses ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Jadi, wajar jika penderita banyak yang resah dengan keberadaan noda bekas cacar ini. Terkadang, ada yang nekat memilih cara-cara yang tidak aman untuk menghilangkan noda bekas cacar tersebut.

Penyakit cacar dalam dunia medis dikenal dengan istilah ‘variola’, sedangkan dalam bahasa Inggris disebut dengan ‘small pox’. Penyakit ini disebabkan oleh patogen virus yang disebut dengan small poks. Penyakit ini sudah dikenal di dunia sejak ribuan tahun yang lalu.

Lantas apa saja kira-kira obat ampun untuk menghilangkan bekas cacar, yuk simak berikut ini.

Lidah Buaya

Pinterest/Freepik
Foto : Pinterest/Freepik

Lidah buaya mengandung nutrisi penting yang bagus untuk membantu meregenerasi sel kulit dan membuatnya lebih cerah. Untuk menyamarkan luka bekas cacar yang menghitam dan berlubang, Anda bisa melakukan perawatan rutin dari dalam dan luar, yakni dengan mengonsumsi jus lidah buaya atau mengoleskan langsung pada luka.

Cara menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan bekas cacar, kita ambil satu batang lidah buaya ukuran besar karena biasanya mengandung banyak gel setelah itu belah dua lidah buaya tersebut, ambil jamnya saja oleskan pada bekas cacar diamkan selama 15 menit hingga meresap sempurna, setelah itu bilas menggunakan air bersih jika dilakukan secara rutin maka bekas cacar akan hilang dengan waktu yang singkat.

Kacang Hijau

Pinterest
Foto : Pinterest

Kacang hijau kaya akan nutrisi yang bagus ampuh mengatasi bekas luka menghitam dan berlubang. Caranya adalah : rendam kacang hijau hingga empuk, kemudian blender sampai halus. Setelah itu balurkan pada luka/bekas luka cacar, diamkan beberapa saat, baru dech bilas hingga bersih. Lakukan secara rutin agar hasilnya bisa maksimal.

Minyak Biji Bunga Matahari

Pinterest
Foto : Pinterest

Minyak biji bunga matahari sangat kaya vitamin E yang membantu memperbaiki jaringan sel kulit yang rusak, sehingga sangat cocok untuk mengatasi masalah kulit menghitam dan berlubang akibat cacar air

Minyak Zaitun

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik

Sebagaimana minyak biji matahari, minyak zaitun juga kaya vitamin E yang bagus untuk menjaga mengatasi bekas luka dan mempercantik kulit Anda.

Kulit pisang

Pinterest
Foto : Pinterest

Cara termudah dan murah untuk mengembalikan kulit indah Anda dari bekas luka cacar adalah kulit pisang. Tidak hanya melembabkan kulit, tapi kulit pisang juga berfungsi mencerahkan bekas luka Anda. Oleskan secara teratur untuk mendapatkan hasil maksimal.
Semoga tips menghilangkan bekas luka cacar yang menghitam dan berlubang diatas dapat membantu mengatasi masalah Anda. Selamat mencoba.

Madu

Pinterest
Foto : Pinterest

Semua sudah pasti mengetahui manfaat dari madu. Selain enak dikonsumsi secara tidak langsung ternyata madu juga bisa digunakan untuk kecantikan kulit, untuk kalian memanfaatkan madu untuk menghilangkan bekas cacar pada kulit bagian wajah dan sekitarnya.

Caranya sangat mudah yaitu ambil madu satu sendok makan, kemudian panaskan sebentar hingga menjadi hangat. Lalu oleskan pada bekas cacar diamkan saja selama 15 menit, baru setelah itu bilas menggunakan air bersih untuk hasil maksimal maka lakukan cara ini setiap hari secara teratur.

Air Kelapa

Pinterest
Foto : Pinterest

Air kelapa memang menyegarkan apabila dikonsumsi pada siang hari. Namun selain dikonsumsi ternyata air kelapa juga mempunyai manfaat lainnya, yaitu bisa menghilangkan bekas cacar di kulit wajah dan area tubuh. Caranya cukup simpel yaitu oleskan saja langsung air kelapa pada bekas cacar, yang ada di kulit anda lalu biarkan saja hingga mengering perawatan yang dilakukan secara konsisten serta teratur akan membuat hasilnya lebih cepat daripada yang anda bayangkan.

Lemon

Pinterest
Foto : Pinterest

Lemon dapat digunakan untuk menghilangkan bekas cacar air, yang membandel. Dengan menggunakan lemon apabila kalian membuat lemon atau perasan air lemon lebihkan sedikit, lalu oleskan pada bagian bekas cacar lemon juga ampuh untuk mencerahkan kulit sehingga tidak ada ruginya untuk mencobanya karena sangat bermanfaat bagi kulit anda yang terpenting akan menghilangkan bekas cacar dengan sempurna dan tanpa efek samping.

Bengkoang

Pinterest
Foto : Pinterest

Bengkoang dapat digunakan sebagai obat penghilang noda bekas cacar adalah bijinya. Biji bengkuang di terkenal dengan beracun, namun demikian berhasiat sebagai obat kulit caranya. Biji buah bengkoang ditumbuk hingga halus kemudian dioleskan pada bagian kulit yang bernoda cacar, diamkan selama 30 menit kemudian bersihkan dengan air lakukan pengobatan setiap hari dan teratur hingga noda bekas cacar semakin menipis.

Mengkudu

Pinterest
Foto : Pinterest

Pengobatan bekas cacar juga bisa dilakukan dari dalam, dengan mengkonsumsi jus buah mengkudu matang setiap harinya. Buah mengkudu dikenal sebagai buah yang berkhasiat bagi banyak pengobatan daging. Buah mengkudu kaya akan zat-zat kimia yang berhasiat bagi pengobatan, salah satunya diantaranya terpenoid adalah zat yang berperan aktif membantu proses sintesis organic, dan pemulihan proses regenarasi sel kulit dalam tubuh khususnya noda bekas cacar.

Temulawak

Pinterest
Foto : Pinterest

Temulawak juga berhasiat untuk membantu proses penghilangan noda bekas cacar. Temulawak terlebih dahulu dibuat ramuan dengan mencampurkannya dengan berbagai bahan seperti jahe, kunyit atau kencur semua bahan direbus dengan air sehingga mendidih kemudian air rebusan diminum secara rutin sebanyak 3 kali sehari.

Jagung Muda

Pinterest
Foto : Pinterest

Pengobatan noda bekas cacar lainnya yang lebih praktis, menggunakan jagung muda caranya sangat sederhana pertama jagung muda diparut, terlebih dahulu kemudian digosokkan pada bagian kulit yang terdapat noda bekas cacar.

Topik Terkait