img_title
Foto : Pinterest

IntipSelebResep sayur asem khas orang Sunda dengan bahan baku serba sederhana. Sayur asem menjadi panganan favorit sejumlah orang Baim yang tingg di Sunda atau kota lainnya.

Sayur asem merupakan masakan asli Indonesia yang hampir ada di setiap daerah. Ada jenis dan macam variasi yang unik dan berbeda. Biasanya bahan dasar yang digunakan untuk membuat sayur asem sangatlah simpel dan bahan-bahannya mudah didapatkan di pasar tradisional terdekat di kota Anda.

Seperti halnya jagung, kacang panjang, kacang tanah, labu siam dan lainnya, tentu setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri. Ada yang versi sayur asem khas Betawi dari Jakarta, ada yang dari Jawa maupun daerah-daerah lainnya.

Hal tersebut tentu membuat sayur asem sangalah mudah seperti halnya membuat sayur bening bayam dan sangatlah cocok dihidangkan untuk menu makan siang maupun sore Anda. Rasa sayur yang manis dan kuah yang berasa asam-asam segar tentu membuat rasa lapar Anda jadi bertambah dan ingin memakannya terus hingga habis.

Ya, sayur asem merupakan olahan sayuran yang tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Makanan dengan bahan utama sayuran ini banyak diminati oleh masyarakat. Selain nikmat dan segar, sayur asem juga mengandung banyak vitamin, harganya terjangkau, dan cara membuatnya sangat mudah.

Menu sayur asem dapat dengan mudah kita jumpai di warung atau rumah makan. Namun, kita juga dapat membuatnya sendiri di rumah. Untuk membuatnya juga sangat mudah sekali

Makanan yang sering disajikan di berbagai jenis restoran ini pun begitu sedap jika ditambahkan dengan sambal. Jangan lupa nasi hangat dan juga ikan peda atau ayam goreng serta tahu dan tempe goreng yang bisa menggugah selera makan Anda, bukan?

Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan kulinernya. Terbukti dengan banyaknya masakan-masakan tradisional khas Indonesia yang berasal dari berbagai daerah. Selain itu, masakan Indonesia dikenal memiliki citarasa yang sangat khas dan nikmat, sehingga siapapun yang mencicipinya pasti akan ketagihan

Salah satu masakan khas Nusantara yang paling gemari adalah sayur asem. Ya, sayur asem merupakan menu yang sangat nikmat dan sangat cocok dihidangkan untuk menu masakan sehari-hari keluarga tercinta. Selain itu, cara membuat sayur ayem sangatlah simple dan bahan-bahannya pun tergolong sangat murah atau terjangkau.

Resep sayur asem atau sayur asem banyak versinya. Ada yang bening dengan paduan oncom khas Jakarta. Atau tanpa oncom, berkuah bening ala Sunda. Ada juga sayur asem Jawa yang pedas dan agak keruh kuahnya.

Isian sayuran bisa dipilih sesuai selera. Bisa dipadukan dengan nangka muda, jengkol muda, kacang merah segar, dan kol. Karena sayur asem biasanya dibuat dari sayuran yang ada di kebun atau mudah didapat.

Selain rasanya yang menyegarkan, masakan berkuah ini baik untuk kesehatan karena mengandung vitamin dari beragam jenis sayurnya yang ada. Sayur asem cocok dihidangkan bersama nasi, lauk tempe, tahu goreng atau ikan asin serta sambal terasi, pada cuaca panas terik. Tak, heran banyak warung makan yang menyajikan menu sayur asem sebagai menu harian mereka. Ya makanan ini bisa jadi salah satu menu alternatif makan siang kamu juga loh.

Cara membuat sayur asem yang enak segar sederhana mudah dan tentunya sehat, indonesia memang memiliki segudang resep. Salah satunya adalah sayur asem, tidak hanya enak, tapi juga menyehatkan bagi tubuh kita. Yu langsung aja kita simak ceritanya berikut ini!

1. Sayur Asem Bening

- 1 ikat daun melinjo
- 5 buah kacang panjang
- 1 buah labu siam
- 1 buah jagung
- 2 buah wortel
- 3 siung bawang merah iris
- 2 siung bawang putih iris
- 2 lembar daun salam
- 3 cm lengkuas geprek
- 1 buah tomat iris
- 2 sdm air asem
- garam, gula, kaldu bubuk
- 700 ml air

Cara memasaknya:

1. Bersihkan semua sayur lalu potong sesuai selera sisihkan.
2. Rebus air bersama bawang merah dan bawang putih iris, daun salam, dan lengkuas. Biarkan hingga mendidih.
3. Kemudian masukan wortel, jagung, labu biarkan setengah matang, lalu masukan kacang panjang, gula, garam, kaldu bubuk.
4. Terahir masukan daun melinjo sampai layu cek rasa.
5. Angkat dan sajikan.

2. Sayur Asem Pedas

- 1 ikat kacang panjang, potong-potong
- 1 buah labu siam, kupas dan potong dadu
- 1 buah jagung manis, potong-potong
- 1 genggam daun melinjo
- Melinjo
- 1 ruas lengkuas, geprek
- 2 lembar daun salam

Cara membuatnya:

1. Didihkan air dan masukan bumbu halus, lengkuas, daun salam dan asem
2. Setelah mendidih, masukan jagung dan melinjo.
3. Setelah jagung setengah matang, masukan labu, kemudian kacang panjang dan trakhir daun melinjo
4. Beri garam, gula dan penyedap. Test rasa
5. Sajikan selagi hangat.

3. Sayur Asem Nangka Muda

-1/4 kg nangka muda (lebih muda lebih baik)
- 5 helai kacang panjang
- daun so
- 3 siung bawang merah
- 1 buah tomat apel ukuran sedang
- 3 buah cabai rawit merah
- 1 liter air
- garam
- kaldu bubuk
- bawang merah goreng

Cara membuatnya:

1. Nangka dipotong kecil-kecil setebal 1 cm, rebus dengan air secukupnya sampai empuk, buang airnya, tiriskan nangkanya.
2. Iris tipis bawang merah, potong cabeai, potong kotak kecil tomat.
3. Rebus kembali nangka dalam 1 liter air sampai empuk, masukkan bawang merah, cabai, tomat, kacang panjang, garam dan kaldu bubuk. - Setelah itu masukan daun so, matang cicipi dan angkat.

4. Sayur Asem Simpel

- buah jagung, potong-potong
- 6 lonjor kacang panjang, potong-potong
- 1 genggam kacang tanah
- 1 genggam melinjo
- 1 ikat daun melinjo muda
- 1/2 buah labu siam, potong-potong
- 1/4 buah pepaya muda, potong-potong
- 2 lembar daun salam
- 1 ruas lengkuas, memarkan
- 1 sdm gula merah, sisir
- 2 sdm air asam jawa
- 5 buah belimbing wuluh, potong-potong
- Garam

Bumbu Halus:

- 4 butir bawang merah
- 4 siung bawang putih
- 2 butir kemiri
- 1 cabai merah besar
- 3 cabai merah keriting
- 1/2 sdt terasi matang

Cara membuatnya:

1. Didihkan air dalam panci, masukkan bumbu halus, daun salam dan lengkuas, lalu masukkan jagung, melinjo, kacang tanah, labu siam dan pepaya muda, masak sampai sayuran empuk.
2. Masukkan belimbing wuluh dan sisa sayuran, bumbui garam, gula merah dan air asam jawa, biarkan sampai sayuran matang dan bumbu meresap, matikan api, sajikan.

4. Sayur Asem Kuah Merah

- Daun melinjo, melinjo, kacang tanah, kol, dan jagung
- 1 buah gula merah
- Gula dan garam
- Air asam
- Daun salam
- Buah asam
- Asam medan
- Lengkuas

Bumbu Halus:

- 10 siung bawang merah
- 4 siung bawang putih
- 7 buah cabai keriting
- Terasi
- 2 buah kemiri

Cara membuatnya:

1. Masak air hingga mendidih (setengah panci air).
2. Masukkan jagung, kacang tanah, buah asam dan melinjo masak hingga empuk. Masukkan bumbu halus. Jangan lupa beri daun salam, lengkuas dan asam medan.
3. Setelah empuk, masukkan gula, garam, air asam dan gula merah. Terakhir daun melinjo. Masak sampai matang dan cek rasa. Sajikan.

Topik Terkait