img_title
Foto : Pexels/Tom Fisk

IntipSelebManfaat buah durian rupanya ada loh teman-teman. Dikenal sebagai buah yang memiliki aroma menyengat, durian sangat khas nyatanya.

Pasalnya, buah yang berbentuk tajam tersebut, memiliki fans dan haters-nya tersendiri. Tetapi, tak dapat menutup mata buah durian sangat terkenal di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Walaupun ada yang suka dan ada juga yang membencinya, manfaat buah durian sangat banyak.

Manfaat buah durian tak hanya dari segi kenikmatan saja, tetapi juga untuk kesehatan. Manfaat buah durian berasal dari berbagai kandungan nutrisi penting yang terkandung di dalamnya. Manfaat buah durian lainnya juga karena mengandung berbagai macam nutrisi penting, seperti antioksidan, karbohidrat, serat, protein, lemak, vitamin A, vitamin C, magnesium, dan fosfor. Nutrisi dari manfaat buah durian tersebut diketahui baik untuk kesehatan tubuh kamu loh.

Sekilas sejarah mengenai manfaat buah durian, rupanya buah tersebut dikenal sebagai “The King of Fruits” setelah disematkan oleh Alfred Russel Wallace, seorang ahli botani. Melansir pada Orami, sejak 400 tahun lalu, durian telah diperdagangkan di seluruh wilayah Myanmar.

Dalam satu buah durian, di dalamnya memiliki berat hampir 602 gram dan merupakan sumber energi yang baik. Manfaat buah durian tersebut berasal dari nutrisi-nutrisi yang terkandung di dalamnya, antara lain:

- Energi sebanyak 147 kkal.
- Protein sebanyak 1.47 gram.
- Karbohidrat sebanyak 27.09 gram.
- Serat sebanyak 3.8 gram.
- Kalsium sebanyak 6 mg.
- Kalium sebanyak 436 mg.
- Vitamin C sebanyak 19.7 mg.
- Riboflavin sebanyak 0.2 mg.
- Asam Folat sebanyak 36 micro g.

Lantas, apa saja manfaat buah durian yang bagus untuk kamu? Penasaran? Jangan khawatir. IntipSeleb akan merangkum berbagai sumber untuk kamu. Yuk langsung cek ke bawah untuk tahu selengkapnya manfaat buah durian! check it out.

Cegah Depresi

Ta disangka, rupanya buah durian memiliki manfaat untuk pencegahan depresi. Bagaimana tidak, banyak yang selalu menginginkan buah satu ini. Tak hamil, namun banyak masyarakat yang kerap ngidam durian.

Setelah makan buah durian, rasa senang pun muncul. Apalagi jika makan buah durian yang mahal bukan. Namun disamping itu, tak banyak yang menyadari jika durian berfungsi untuk kesehatan mental.

Durian memiliki kandungan asam amino esensial triptofan yang mampu meningkatkan kadar serotonin di dalam otak. Hormon serotonin dapat dianggap sebagai penstabil suasana hati yang alami. Hal inilah yang membuat serotonin dipercaya dapat mencegah depresi, mengatur kecemasan dan masalah mental lainnya.

Jaga Kesehatan Tulang

Tak hanya dari segi kesehatan mental, buah durian memiliki manfaat lainnya. Yaitu manfaat untuk kekuatan serta kesehatan tulang. Durian merupakan salah satu buah yang kaya akan potasium (kalium) dan magnesium yang dikenal dapat berkontribusi dalam menjaga kesehatan tulang.

Dalam sebuah studi, asupan kalium pada tubuh yang tinggi dipercaya dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang pada wanita dan pria berusia diatas 50 tahun. Terdapat penelitian lainnya yang mengatakan jika kekurangan magnesium di dalam tubuh, maka dapat meningkatkan risiko penyakit osteoporosis.

Cegah Disfungsi Seksual

Disfungsi seksual merupakan masalah yang terjadi selama fase respon seksual yang membuat sulitnya individu atau pasangan mendapatkan kepuasan seksual.

Meskipun menurut penelitian masalah ini merupakan masalah yang biasa, namun 43 persen wanita dan 31 persen pria mengatakan bahwa masalah ini merupakan masalah serius yang sulit untuk dibicarakan, sehingga dapat berkembang menjadi masalah yang lebih serius.

Dalam durian terkandung zat afrodisiak, yaitu zat yang mampu meningkatkan gairah seksual. Meskipun tak ada penelitian yang memvalidasi hal tersebut, walaupun durian jadi salah satu obat tradisional ampuh untuk tingkatkan kesuburan atau bangkitkan gairah.

Cegah Penyakit Jantung

Dalam durian rupanya terdapat senyawa organosulfur yang dapat mengatur enzim inflamasi, sehingga manfaat di dalamnya untuk kesehatan jantung dapat diperhitungkan. Senyawa organosulfur sendiri merupakan senyawa organik yang mengandung sulfur atau belerang, senyawa ini juga sering dikaitkan dengan bau-bauan terutama bau busuk.

Serat dalam durian juga dipercaya mampu mengurangi jumlah kolesterol dalam darah dan membuang kolesterol jahat di dalam tubuh, sehingga dapat mencegah penyakit jantung.

Atasi Insomnia

Insomnia menjadi musuh bagi para pejuangnya. Overthinking atau pun kebiasaan, menjadi salah satu hal yang membuat banyak pihak merasa kesulitan tidur. Sehingga, untuk sebagian orang, gangguan insomnia adalah hal yang mengganggu kinerja dan kesehatan tubuh secara keseluruhan, apalagi jika harus berhadapan dengan aktivitas yang padat keesokan harinya.

Gangguan tidur atau insomnia biasanya disebabkan oleh berbagai hal, misalnya depresi, stres, gaya hidup tidak sehat dan pengaruh obat-obatan tertentu. Buah durian mengandung zat yang mampu mengatasi insomnia yaitu asam amino triptofan. Kandungan triptofan yang tinggi pada durian menimbulkan perasaan euforia atau bahagia dengan meningkatkan kadar serotonin di dalam otak. Hal ini lah yang membuat seseorang akan merasa tenang dan lebih mudah untuk tidur.

Pudarkan Flek Hitam & Jerawat di Wajah

Antioksidan yang terkandung dalam buah durian bermanfaat untuk lawan bakteri penyebab jerawat. Noda hitam pun disebut-sebut akan teratasi dengan perawatan menggunakan buah durian.

Manfaat buah durian ini bisa didapatkan dengan mencampurkan durian kuning dan matang yang telah dipisahkan dari biji dengan 2 sendok makan madu. Jadikan campuran ini sebagai masker wajah. Berani mencoba tidak guys?

Jaga Kadar Lemak

Lemak menjadi musuh bagi tubuh. Namun tak semua lemak jahat. Sehingga untuk menjaga kadarnya, buah durian ini dapat membantu. Tidak hanya kaya akan vitamin dan mineral, buah durian ternyata juga memiliki sifat antilipidemik.

Di mana daging buah ini bisa mencegah kenaikan kadar kolesterol serta lemak jahat (LDL) dalam darah. Penelitian menunjukkan bahwa dalam durian terkandung asam lemak jenis n-3 yang dapat membatasi peningkatan kolesterol dalam darah.

Akan tetapi, bukan berarti kamu dapat bebas mengonsumsi durian sebanyak-banyaknya. Seperti buah dan makanan lain pada umumnya, durian juga tetap mengadung kalori. Kebanyakan kalori tentu akan mengarah pada berbagai masalah kesehatan seperti obesitas, penyakit jantung, dan diabetes.

Dapat Jadi Bisnis

Selain untuk kesehatan, durian rupanya memiliki manfaat lainnya yang berpotensi hasilkan cuan. Ya apalagi jika bukan bisnis buah durian. Di mana bisnis menjual buah durian ataupun berhubungan dengan hal tersebut, dapat hasilkan keuntungan bagi kamu bukan.

Mulai dari mengolah durian menjadi bisnis kuliner, reseller, supplier, dan lain sebagainya. Pasalnya tak sedikit orang yang lebih menyukai menyantap langsung buah durian ketimbang dikreasikan menjadi menu makanan lain. Pastinya jika kamu mengolah dengan benar, akan mendatangkan keuntungan tambahan.

Namun kamu juga harus menimbang sisi lainnya. Ketika musim durian tiba, tentunya buah ini tersedia melimpah. Tetapi, durian akan cepat membusuk kalau tidak segera dikonsumsi. Tapi tak ada yang tak mungkin, ketimbang membusuk akibat lama tidak dimakan, lebih baik diolah lagi saja menjadi makanan yang kekinian.

Itulah deretan manfaat dari buah durian. Baik dari segi eksternal atau untuk bisnis, maupun internal dalam segi kesehatan. (Cy)

Topik Terkait