img_title
Foto : Instagram/@emiliya.daily

IntipSelebManfaat buah sawo ternyata sangat banyak sekali. Buah yang memiliki nama ilmiah Manilkara zapota ini merupakan buah yang berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko. Di Indonesia sendiri, buah berwarna cokelat ini banyak tumbuh di dataran rendah, terutama daerah Jawa. Kabarnya, para penjelajah dari Spanyol yang membawa buah tersebut dari Meksiko ke Filipina, hingga kemudian menyebar sampai ke Indonesia.

Walaupun bukan buah yang berasal dari Indonesia, namun masyarakat Indonesia sudah sangat akrab dengan buah yang satu ini. Sebab, di Indonesia sendiri, buah ini identik dengan warna kulit bangsa Indonesia. Pasti pernah mendengar istilah ‘kulit sawo matang’ bukan?

Ternyata, buah yang banyak tumbuh di pulau Jawa ini memiliki beragam manfaat bagi tubuh. Manfaat buah sawo ini berasal dari vitamin yang terkandung dalam buah tersebut. Lantas apa saja manfaat buah sawo? Simak pembahasan lengkap dari 10 manfaat buah sawo berikut ini.

1. Meredakan batuk dan pilek

www.freepik.com/drobotdean
Foto : www.freepik.com/drobotdean

Manfaat sawo yang pertama adalah dapat meredakan batuk dan pilek. Salah satu gejala dari pada penderita COVID-19 adalah mengalami batuk hingga pilek. Untuk itu, mengonsumi buah sawo dapat meredakan batuk dan pilek. Ini dikarenakan sawo mengandung antinflamasi yang dapat meminimalisir produksi lendir di dalam tenggorokan, dada tersumbat hingga batuk berdahak.

Buah sawo juga sangat baik untuk anak-anak. Biasanya anak-anak mudah mengalami batuk dan pilek, selain mengonsumsi obat untuk meredakan batuk dan pileknya, ada baiknya diiringi dengan memakan buah yang satu ini agar manfaat buah sawo dapat terasa bagi tubuh.

2. Menjaga kesehatan mata

www.freepik.com/master1305
Foto : www.freepik.com/master1305

Manfaat sawo selanjutnya adalah dapat menjaga kesehatan mata. Hal ini terjadi karena buah sawo mengandung vitamin A yang bagus untuk mata sama seperti wortel. Mengonsumsi buah sawo secara rutin dan juga dengan porsi yang cukup, dapat membantu menunda terjadinya penyakit mata yang terjadi seiring pertambahan usia, seperti degenerasi makula maupun rabun senja.

3. Menjaga sistem pencernaan agar tetap lancar

www.freepik.com/wayhomestudio
Foto : www.freepik.com/wayhomestudio

Selanjutnya, manfaat buah sawo yang lain adalah dapat memperlancar pencernaan. Hal ini karena buah sawo kaya akan serat yang bagus untuk usus dalam mencerna makanan. Dengan mengonsumsi buah sawo secara rutin dan teratur, maka dapat menghindari terjadinya gangguan pencernaan maupun sembelit.

4. Mengatasi anemia

www.freepik.com/katemangostar
Foto : www.freepik.com/katemangostar

Menurut data dari Riskesdas pada tahun 2018, terdapat 32% remaja di Indonesia yang mengalami anemia. Anemia sendiri merupakan kondisi ketika seseorang mengalami kekurangan sel darah merah. Untuk menghindari atau mengatasi masalah itu, buah sawo dapat menjadi salah satu solusinya.

Buah sawo mengandung zat besi dan tembaga yang dapat meningkatkan kadar zat besi di dalam tubuh sehingga dapat mengobati anemia. Jadi daripada mengonsumsi pil penambah darah, ada baiknya mengonsumsi buah sawo yang memiliki nutrisi asli dan memiliki fungsi yang sama dari pil penambah darah.

5. Menjaga kesehatan kulit

www.freepik.com/diana.grytsku
Foto : www.freepik.com/diana.grytsku

Memiliki kulit yang sehat pasti menjadi idaman para wanita. Selain dari perawatan skincare, namun menjaga kulit agar tetap sehat juga perlu dilakukan dari dalam. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi buah sawo. Manfaat sawo yang lainnya adalah menjaga kesehatan kulit.

Buah sawo kaya akan vitamin esensial A, B, dan juga C yang berfungsi meremajakan sel-sel kulit baru serta menjaga kelembaban kulit dari dalam. Tak hanya itu saja, buah sawo juga mengandung flavonoid dan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel-sel kulit dari terpaan sinar matahari, memudarkan garis keriput hingga garis-garis halus.

Tidak sampai di situ saja, buah sawo juga bermanfaat untuk memperlambat penuaan pada kulit hingga membuat kulit tampak cerah dan lebih bercahaya.

6. Meningkatkan energi

www.freepik.com/cookie_studio
Foto : www.freepik.com/cookie_studio

Manfaat buah sawo lainnya adalah dapat meningkatkan energi. Di masa pandemi seperti saat ini, menjaga agar tubuh tetap bertenaga adalah hal yang penting, hal ini untuk menghindari tubuh tidak lemas dan terserang penyakit.

Buah sawo mengandung fruktosa dan sukrosa alami yang dapat menambah energi dalam tubuh. Selain menambah energi, zat ini juga dapat menyimpan cadangan energi dalam bentuk gilkogen. Jadi tak ada salahnya jika mengonsumsi buah sawo sebagai camilan diet karena akan membuat tubuh kuat dan berenergi.

7. Menjaga kesehatan tulang

www.freepik.com/tirachard
Foto : www.freepik.com/tirachard

Manfaat buah sawo yang tak kalah penting adalah untuk menjaga kesehatan tulang. Seiring bertambahnya usia, tulang dapat mengalami pengeroposan. Oleh sebab itu, menjaga dari usia muda adalah hal yang penting. Buah sawo mengandung kalsium, fosfor hingga zat besi yang sangat dibutuhkan oleh tulang. Oleh sebab itu, mengonsumsi sawo secara teratur dan porsi yang cukup dapat membantu menjaga kesehatan tulang agar lebih kuat dan memperlambat pengeroposan tulang.

8. Mencegah risiko kanker

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik

Ternyata, di balik buah sawo yang berukuran kecil, dapat berfungsi untuk mencegah terjadinya kanker. Hal ini disebabkan buah sawo yang mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh. Penyakit kanker sendiri muncul akibat adanya radikal bebas di dalam tubuh.

Fungsi dari antioksidan yang terkandung dalam buah sawo ialah dapat mencegah dan melawan sel-sel kanker yang tumbuh di dalam tubuh, sehingga dapat melindungi tubuh dari zat radikal bebas di dalam tubuh.

9. Bagus dikonsumsi Ibu hamil dan menyusui

www.freepik.com/onlyyouqj
Foto : www.freepik.com/onlyyouqj

Ibu hamil bisasanya memerlukan makanan yang sehat sehingga janin yang sedang dikandungnya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Begitupula Ibu menyusui. Manfaat buah sawo ternyata dapat dirasakan juga oleh para Ibu hamil dan menyusui.

Biasanya Ibu hamil kerap kali mengalami morning sick (mual di pagi hari), di sisi lain buah berwarna cokelat ini mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B6, asam folat serta sumber karbohidrat sederhana yang berfungsi mengatasi mual dan pusing.

Selain itu, vitamin C pada buah sawo juga dapat membantu penyerapan zat besi untuk Ibu hamil. Sehingga Ibu hamil akan terhindar dari anemia yang di mana menjadi salah satu penyebab dari pusing. Selain itu, anemia juga dapat menyebabkan masalah pada kehamilan.

Tak hanya sampai di situ saja, manfaat sawo juga untuk membantu tumbuh kembang janin sehingga dapat menghindari terjadinya cacat pada bayi, hal ini karena buah sawo mengandung asam folat yang tinggi yang bagus untuk tumbuh kembang janin.

10. Membantu mencegah dan menghilangkan stres

www.freepik.com/8photo
Foto : www.freepik.com/8photo

Stres dapat terjadi karena munculnya hormon kortisol dalam tubuh, untuk menangkal hormon penyebab stres itu, vitamin C adalah solusinya. Buah sawo mengandung vitamin C yang tinggi dan bagus untuk tubuh, oleh sebab itu, buah sawo dapat mengurangi atau mencegah terjadinya stres dan menjaga mood agar tetap baik.

Demikian adalah manfaat buah sawo yang baik untuk tubuh. Mengonsumsi buah sawo secara rutin dan dengan porsi yang tepat, akan sangat menyehatkan untuk tubuh. Meskipun memiliki banyak manfaat bagi tubuh, menghindari konsumsi secara berlebihan juga perlu diperhatikan. Karena apapun yang berlebihan akan tidak baik untuk tubuh. (bbi)

Topik Terkait