img_title
Foto : Www.freepik.com/wirestock

IntipSelebManfaat buah kelengkeng bagi tubuh ada banyak sekali. Buah lengkeng atau banyak orang yang mengenalnya dengan nama kelengkeng ini, merupakan buah yang berasal dari kawasan Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri, pohon buah kelengkeng tumbuh subur, sebab tanaman dengan nama latin Dimocarpus longan ini memang tipe tanaman yang tumbuh di kawasan yang memiliki suhu tropis.

Buah kelengkeng memiliki ciri kulit buah berwarna cokelat tipis, sedangkan daging buahnya berwarna putih bening, dan apabila digigit bertekstur kering namun mengandung air yang cukup banyak. Selain itu, buah kelengkeng memiliki biji berwarna hitam kecil.

Buah kelengkeng sendiri bisa di tanam di dalam pot maupun di lahan. Jika menanam pohon buah kelengkeng dari biji, maka memerlukan waktu kurang lebih 7 hingga 10 tahun untuk bisa berbuah. Namun, jika menanam pohon buah kelengkeng dari hasil stek batang, cangkok atau sambung pucuk, maka hanya memerlukan waktu sekitar 2 tahun untuk berbuah.

Selain rasanya enak karena memiliki rasa manis yang khas dan berair, buah kelengkeng ternyata memiliki banyak manfaatnya. Tentu saja segala jenis khasiat buah kelengkeng ini sangat baik untuk tubuh. Lantas apa saja manfaat buah kelengkeng? Simak 9 manfaat buah kelengkeng selengkapnya berikut ini.

1. Mencegah penuaan dini

www.freepik.com/lifeforstock
Foto : www.freepik.com/lifeforstock

Manfaat buah kelengkeng yang pertama adalah dapat menjaga kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan buah kelengkeng mengandung antioksidan yang tinggi yang berfungsi untuk membuat kulit sehat dan tampak lebih cerah. Tak hanya itu saja, buah kelengkeng juga dapat mengurangi risiko terjadinya alergi kulit terhadap matahari.

Selain itu, manfaat buah kelengkeng lainnya adalah dapat mencegah penuaan dini. Sebab, buah kelengkeng mengandung vitamin C yang tinggi yang berguna untuk mengencangkan dan menutrisi kulit agar tetap sehat. khasiat buah kelengkeng bagi kulit ternyata tak hanya sampai di situ saja, namun buah kelengkeng juga dapat mencegah terjadinya penuaan dan mengurangi terjadinya kulit kering maupun mengelupas.

Menjaga kesehatan kulit tak hanya perlu dari perawatan skincare saja, namun menjaganya dari dalam juga penting. Dengan mengonsumsi buah kelengkeng dapat membantu menjaga kesehatan kulit dari dalam tubuh.

2. Mencegah anemia

www.freepik.com/cookie_studio
Foto : www.freepik.com/cookie_studio

Anemia merupakan kondisi ketika tubuh mengalami kekurangan sel-sel darah merah. Biasanya anemia dapat menyebabkan pusing. Ternyata, manfaat buah kelengkeng lainnya adalah dapat mencegah terjadinya anemia. Sebab, kandungan dalam buah kelengkeng terdapat zat besi yang dapat membantu merangsang pertumbuhan sel darah merah dalam tubuh sehingga mampu meningkatkan sirkulasi darah.

Dengan demikian, buah kelengkeng dapat menjadi salah satu cara untuk menghindari terjadinya risiko anemia. Namun tentu dengan mengonsumi buah kelengkeng dalam batas jumlah yang wajar dan tidak berlebihan.

3. Mingkatkan daya tahan tubuh

www.freepik.com/benzoix
Foto : www.freepik.com/benzoix

Manfaat buah kelengkeng lainnya adalah dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. Menjaga sistem kekebalan tubuh menjadi hal yang penting dan perlu diperhatikan dalam masa pandemi seperti ini. Imun tubuh yang tinggi dan sehat dapat mencegah tubuh terserang dari berbagai macam penyakit.

Buah kelengkeng ternyata mengandung vitamin C yang tinggi. Vitamin C tersebut dapat membantu memproduksi limfosit atau sel darah putih di dalam tubuh, sehingga sangat efektif dalam menangkal virus atau radikal bebas yang menyerang tubuh. Sehingga dapat menjaga sistem kekebalan tubuh dan membuat tubuh tetap sehat.

4. Melancarkan pencernaan

www.freepik.com/wayhomestudio
Foto : www.freepik.com/wayhomestudio

Selain rasanya enak, ternyata buah kelengkeng juga bermanfaat untuk memperlancar pencernaan. Kandungan serat yang tinggi di dalam buah kelengkeng dapat membantu melunakkan tinja di dalam usus sehingga membantu melancarkan pencernaan.

Namun perlu diperhatikan, jika sedang mengalami masalah pencernaan, ada baiknya untuk menghindari konsumsi buah kelengkeng.

5. Menjaga kesehatan jantung

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik

Jantung merupakan organ tubuh yang paling penting. Nyatanya, khasiat buah kelengkeng lainnya adalah dapat menjaga kesehatan jantung. Hal ini terjadi karena buah kelengkeng kaya akan vitamin C yang. Vitamin C dalam tubuh dapat berfungsi sebagai antioksidan yang dapat mengurangi risiko kakunya pembuluh darah.

Jika terjadi kaku pada pembuluh darah, maka tubuh sangat rentan terserang beragam penyakit jantung, bahkan hipertensi. Oleh sebab itu, mengonsumsi buah kelengkeng secara rutin dan dalam porsi yang tepat, sangat disarankan untuk menjaga kesehatan jantung.

6. Memperkuat tulang

www.freepik.com/tirachard
Foto : www.freepik.com/tirachard

Manfaat buah kelengkeng selanjutnya adalah dapat memperkuat tulang. Buah kelengkeng mengandung mineral seperti kalsium, fosfor hingga zat besi yang berguna untuk mempertahankan kesehatan tulang.

Fosfor sangat berguna untuk memperkuat tulang. Selain itu, buah kelengkeng juga dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah terjadinya masalah pada tulang, seperti osteoporosis.

Oleh sebab itu, sangat direkomendasikan bagi para orang dewasa maupun anak-anak untuk mengonsumsi buah kelengkeng dalam porsi yang cukup.

7. Mengatasi insomnia

www.freepik.com/benzoix
Foto : www.freepik.com/benzoix

Menurut data dari Cable News Network Indonesia 2017, penderita insomnia di Indonesia mencapai hingga 23 juta penduduk. Insomnia sendiri merupakan kondisi di saat penderitanya mengalami sulit tidur bahkan tidak memiliki waktu tidur yang cukup. Ternyata, salah satu manfaat buah kelengkeng yang jarang orang ketahui adalah buah kelengkeng dapat mengatasi masalah insomnia.

Buah kelengkeng dapat memberikan efek ketenangan pada saraf sehingga dapat mengurangi aktivitas otak dan menciptakan situasi yang nyaman. Karena pada dasarnya, insomnia bisa terjadi sebab adanya stres atau rasa lelah yang berlebihan. Oleh sebab itu, buah kelengkeng dapat dijajal untuk para penderita insomnia.

8. Mencegah radikal bebas

www.freepik.com/tirachardz
Foto : www.freepik.com/tirachardz

Radikal bebas adalah sebuah sebutan untuk sel-sel rusak yang dapat menimbulkan kondisi yang buruk bagi tubuh. Buah kelengkeng sangat kaya akan kandungan asam galat dan asam elagat.

Kedua kandungan ini merupakan antioksidan yang berperan penting dalam menangkal radikal bebas dalam tubuh. Kerusakan dalam tubuh sendiri dapat terjadi akibat adanya jumlah radikal bebas yang terlalu banyak di dalam tubuh.

9. Dapat mencegah kanker

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik

Kanker merupakan penyakit yang paling dihindari karena banyak yang menganggap penyakit ini memiliki risiko terburuk, yakni kematian. Namun ternyata, buah kelengkeng memiliki manfaat untuk mencegah penyakit tersebut, sebab buah kelengkeng mengandung polifenol yang tinggi.

Senyawa polifenol ini memiliki fungsi yang tak jauh berbeda dengan asam galat yang dapat menghilangkan radikal bebas di dalam tubuh. Polifenol juga dapat menghilangkan radikal bebas penyebab stres maupun zat beracun yang berisiko menyebabkan kanker.

Demikian manfaat buah kelengkeng bagi tubuh. Meskipun khasiat buah kelengkeng sangat banyak, namun perlu diperhatikan bagi para penderita diabetes agar tidak terlalu banyak mengonsumsi buah ini. Sebab, buah kelengkeng mengandung gula yang cukup banyak, sehingga dapat meningkatkan kadar gula darah bagi para penderita diabetes.

Selain untuk para penderita diabetes, ibu hamil pun perlu berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu jika ingin mengonsumsi kelengkeng. Sebab, buah kelengkeng memiliki efek yang sama seperti buah nanas, leci, dan manga yang dapat meningkatkan panas dalam tubuh dan dikhawatirkan dapat menjadi masalah ketika melahirkan nantinya.

Sementara itu, jika mengalami masalah pencernaan seperti diare, kram atau sembelit, sebaiknya menghindari konsumsi buah kelengkeng. Sebab, dikhawatirkan dapat memperparah sakit yang sedang dialami.

Terakhir, meskipun memiliki banyak manfaat, namun konsumsi secara cukup dan tidak berlebihan adalah pilihan terbaik. (bbi)

Topik Terkait