img_title
Foto : Www.freepik.com/jcomp

IntipSelebManfaat buah manggis sangat baik untuk kesehatan tubuh. Buah yang memilki nama ilmiah Garcinia mangostana ini merupakan buah yang berasal dari Semenanjung Malaya, kemudian menyebar ke Kepulauan Nusantara. Namun, ada juga yang menyebut bahwa buah manggis merupakan buah asli yang berasal dari Indonesia.

Di Indonesia, pohon buah manggis tumbuh subur hampir di seluruh pulau Indonesia, yakni Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara hingga di Kepulauan Maluku. Pohon buah manggis bisa tumbuh di dataran rendah, kurang lebih pada ketinggian 500-600 m dpl.

Buah manggis memiliki ciri kulit luarnya keras berwarna hitam, namun kulit bagian dalamnya berwarna merah keunguan. Di balik kulitnya itu, terdapat daging buah yang berwarna putih. Rasa dari manggis sendiri pun manis dan agak sedikit asam, tekstur buahnya pun lembut serta berserat. Yang unik, buah manggis ternyata dijuluki sebagai Ratu Buah (Queen Fruit).

Selain enak dimakan, ternyata buah yang dijuluki sebagai Ratu Buah ini memiliki beragam manfaat untuk tubuh. Lantas apa saja manfaat buah manggis bagi kesehatan? Simak 10 manfaat buah manggis untuk kesehatan berikut ini.

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

www.freepik.com/benzoix
Foto : www.freepik.com/benzoix

Manfaat buah manggis yang pertama adalah dapat meningkatkan imun atau sistem daya tahan tubuh. Hal ini disebabkan buah manggis mengandung vitamin C. Dalam menjaga sistem kekebalan tubuh, kandungan nutrisi itu sangat penting. Pasalnya, vitamin C memiliki sifat seperti antioksidan yang berfungsi untuk meningkatkan sel kekebalan tubuh. Dengan demikian, tubuh akan jauh dari risiko terserang penyakit.

Selain itu, buah manggis juga dapat membantu melawan bakteri berbahaya di dalam tubuh. Sebab, sifat vitamin C yakni antibakteri, sehingga dapat melawan bakteri berbahaya di dalam tubuh.

2. Menyehatkan kulit

www.freepik.com/diana.grytsku
Foto : www.freepik.com/diana.grytsku

Memiliki kulit yang sehat dan cerah pasti menjadi idaman semua wanita. Selain merawat kulit melalui penggunaan skincare, namun merawat kulit dari dalam ternyata juga penting dilakukan. Manfaat buah manggis selanjutnya yang tak kalah dari yang sebelumnya adalah dapat menjaga kesehatan kulit.

Ekstrak dari buah manggis ternyata mampu membuat terjadinya pengurangan senyawa yang menyebabkan penuaan pada kulit. Hal itu tentunya dapat membuat kulit lebih sehat dan wajah dapat tampak lebih muda.

3. Menurunkan risiko terkena kanker

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik

Penyakit kanker merupakan salah satu penyakit yang dihindari. Untuk menghindari tersebut, ternyata bisa mengandalkan buah manggis. Khasiat buah manggis selanjutnya adalah dapat mengurangi risiko terkena penyakit kanker.

Hal ini disebabkan buah manggis mengandung senyawa xanthones yang diyakini memiliki sifat antikanker, antioksidan, dan antiinflamasi yang berguna untuk melawan pertumbuhan, penyebaran maupun perkembangan sel kanker, misalnya saja kanker perut, payudara, hingga paru-paru.

Dengan demikian, mengonsumsi buah manggis bisa menjadi salah satu pilihan untuk mulai hidup sehat dan merasakan manfaatnya bagi tubuh.

4. Menjaga kadar gula darah

www.freepik.com/jcomp
Foto : www.freepik.com/jcomp

Manfaat buah manggis selanjutnya yang tak kalah bermanfaat adalah dapat mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Buah manggis mengandung xanthone yang berfungsi untuk mencegah dan mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Tak hanya senyawa xanthone saja yang dapat berperan mengendalikan kadar gula darah, namun kandungan serat dalam buah manggis juga dapat membantu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh.

5. Melancarkan sistem pencernaan

www.freepik.com/wayhomestudio
Foto : www.freepik.com/wayhomestudio

Adakah yang sedang mengalami sembelit? Sembelit merupakan kondisi ketika tubuh mengalami kesulitan dalam mengeluarkan sisa-sisa makanan dari dalam tubuh. Ternyata, buah manggis juga dapat melancarkan pencernaan.

Buah manggis mengandung banyak serat yang sangat baik untuk tubuh. Kandungan serat dalam buah manggis dapat membantu usus dalam menghaluskan makanan, yang kemudian melancarkan pencernaan. Jadi jika rutin mengonsumsi buah manggis maka akan sangat jarang sekali mengalami sembelit.

6. Meredakan peradangan

www.freepik.com/jcomp
Foto : www.freepik.com/jcomp

Manfaat buah manggis selanjutnya adalah dapat meredakan peradangan. Kandungan xanthone dalam buah manggis memiliki efek anti inflamasi. Efek ini dapat mengurangi risiko tubuh terkena penyakit inflamasi seperti peradangan, salah satunya adalah radang sendi dan juga radang tenggorokan.

7. Meningkatkan kesehatan otak

www.freepik.com/atlascompany
Foto : www.freepik.com/atlascompany

Buah yang dijuluki dengan Ratu Buah ini ternyata juga bermanfaat untuk menjaga sekaligus meningkatkan kesehatan otak. Sebagai pusat pengendalian yang berisi banyak saraf, otak sangat perlu untuk dijaga. Kandungan nutrisi yang ada di dalam otak disebut-sebut dapat mengurangi peradangan pada otak.

Tak hanya itu saja, buah manggis juga disebut dapat mencegah seseorang mengalami gejala depresi atau stres. Sehingga kesehatan mental juga akan tetap terjada jika rutin mengonsumsi buah ini.

8. Menurunkan tekanan darah

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik

Menurut data Riskesdas tahun 2018, terdapat lebih dari 63 juta penduduk Indonesia yang memiliki hipertensi. Hipertensi merupakan penyakit di mana tubuh memiliki tekanan darah yang tinggi. Tentunya kondisi ini sangat tidak baik bagi tubuh, sebab jika berlarut-larut bisa menyebabkan komplikasi hingga menyebabkan kematian.

Namun ternyata salah satu manfaat buah manggis adalah dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini tentunya patut dicoba oleh para penderita hipertensi. Buah manggis mengandung mineral seperti mangan, tembaga hingga magnesium. Selain itu, buah manggis juga mengandung kalium yang mampu mencegah terserangnya pembuluh darah dari penyakit, salah satunya adalah hipertensi.

9. Menjaga kesehatan jantung

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik

Selain manfaat-manfaat yang sudah disebutkan di atas, buah manggis juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Sebab, buah manggis yang berguna dalam menurunkan tekanan darah secara tidak langsung dapat menjaga kesehatan jantung pula.

Selain itu, ternyata ekstrak dari buah manggis juga dapat meminimalisir risiko penyakit jantung, sebab dapat mengurangi kolesterol jahat serta trigliserida yang dapat meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh.

10. Menurunkan berat badan

www.freepik.com/pereslavtseva
Foto : www.freepik.com/pereslavtseva

Untuk para wanita yang sedang diet, pasti bingung untuk memilih buah yang tepat sebagai pendamping masa diet berlangsung. Mungkin kini para wanita tak perlu khawatir, sebab buah manggis bisa menjadi salah satu pilihan. Kandungan senyawa xanthone dalam buah manggis dipercaya memiliki efek antiinflamasi yang dapat mengurangi peradangan pada individu yang sedang mengalami kelebihan berat badan.

Buah manggis juga mengandung kadar serat yang tinggi yang dipercaya dapat membakar lemak lebih maksimal. Sehingga secara tidak langsung dapat menurunkan berat badan.

Demikian adalah manfaat buah manggis bagi kesehatan. Banyaknya manfaat buah manggis bagi kesehatan tubuh, dapat menjadi salah satu pilihan untuk mulai hidup sehat dengan mengonsumsi buah-buahan. Bahkan untuk Ibu hamil pun tidak masalah jika ingin mengonsumsi buah yang satu ini.

Namun perlu diperhatikan, ada baiknya mengonsumsi buah manggis dalam bentuk buahnya secara langsung. Serta hindari mengonsumsi buah manggis dalam bentuk jus ataupun kalengan. Hal ini patut dihindari terutama untuk para pasien penderita diabetes. Sebab, buah manggis yang telah diolah tersebut mengandung gula tambahan yang tentunya tak baik untuk kondisi penderita diabetes.

Selain itu, mengonsumsi buah manggis dalam bentuk suplemen herman tertentu terkadang dapat membahayakan kesehatan beberapa orang. Hal ini disebabkan kandungan xanthones dalam manggis yang terkandung dalam suplemen herbal dikhawatirkan dapat menyebabkan terlambatnya proses pembekuan darah. (bbi)

Topik Terkait