img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya HidupManfaat buah rambutan yang mungkin selama ini kita anggap hanya sebagai makanan cuci mulut yang nikmat ternyata memiliki manfaat lain. Rambutan bermanfaat sebagai obat alami.

Tahukah Anda, bahwa hampir seluruh bagian Rambutan bermanfaat? Mulai dari biji rambutan, kulit rambutan, dan daun rambutan. Apakah manfaat biji rambutan untuk kesehatan?

Banyak yang bilang, buah rambutan tak baik dikonsumsi karena tidak memiliki manfaat kesehatan. Namun sebuah penelitian mengungkap bahwa buah yang umumnya memiliki kulit berambut merah dan memiliki daging buah berwarna putih ini kaya vitamin dan cocok dikonsumsi untuk para penganut program diet penurunan berat badan.

Meski mengandung kaya fruktosa dan sukrosa, tetapi buah ini memiliki kalori lebih sedikit. Buah ini, bisa menjadi pilihan yang pas bagi mereka yang tengah berdiet. Rambutan juga dikemas dengan vitamin C, termasuk potasium, zat besi, beta karoten atau vitamin A, kalsium, magnesium, seng, sodium, niasin, serat dan protein.

Buah ini biasanya banyak ditemukan di beberapa negara di Asia Tenggara. Dan banyak dari mereka warga negara di Asia Tenggara memanfaatkan rambutan dalam pengobatan diabetes, hipertensi dan penyakit lainnya.

Studi juga telah menemukan bahwa daging buah rambutan, biji dan kulitnya mengandung antioksidan kuat yang disebut flavonoid, yang dikenal mampu mengurangi kadar kolesterol. Tak hanya itu, kandungan flavonoid pada rambutan juga bisa memiliki atribut anti-kanker serta anti-inflamasi .

Kulit rambutan juga memiliki beberapa senyawa organik, asam galat. Dan menurut penelitian, senyawa organik itu berperilaku seperti penangkal radikal bebas karena membantu melindungi terhadap kerusakan oksidatif dalam tubuh manusia.

Manfaat lain yang kuat adalah penggunaannya dalam memerangi kanker. Dan karena aktivitas antioksidan kuat, ekstrak kulit dan buah juga sering digunakan sebagai obat atau produk suplemen kesehatan.

Kandungan vitamin C dari film ini juga mencegah sel-sel tubuh dari kerusakan oleh radikal bebas. Hal ini juga membantu dalam penyerapan zat besi dalam tubuh. Buahnya mengandung tembaga yang penting untuk pembentukan sel-sel darah putih dan merah juga mangan, yang diperlukan untuk memproduksi dan mengaktifkan enzim.

Karena buah rambutan merupakan sumber zat besi yang baik, sehingga buah ini juga sangat dianjurkan dikonsumsi para wanita. Zat besi yang ada di dalamnya, mampu meningkatkan jumlah oksigen dalam tubuh. Hal ini pada gilirannya membantu meringankan gejala pusing dan kelesuan yang disebabkan oleh kekurangan zat besi atau anemia.

Juga mengandung fosfor, makan rambutan akan membantu menghilangkan limbah yang tidak diinginkan dari ginjal. Ini juga memainkan peran penting dalam perbaikan, peremajaan, pengembangan, dan pemeliharaan jaringan dan sel-sel tubuh. Bahan lain dalam buah yakni kalsium, juga membantu meningkatkan kesehatan tulang dan gigi.

Buah ini juga tergolong buah musimam, jadi buah ini hanya ada pada saat musim-musim tertentu saja. Nah, kita sebagai orang Indonesia sudah pasti sangat asing dengan buah yang satu ini. Selain nikmat, tentu saja buah ini memiliki kandungan vitamin yang tentunya memiliki manfaat bagi tubuh kita.

Ternyata, tidak hanya daging buahnya yang nikmat dan kaya akan gizi, ternyata kulit dan biji buahnya juga menyimpan khasiat sebagai obat yang luar biasa nilainya.

Meskipun terlihat sepele, seluruh bagian dari buah rambutan memiliki kandungan gizi yang luar biasa. Kulit buah dan daunnya mengandung saponin dan juga tanin. Kulit batang rambutan juga mengandung flavonoida, pectic, zat besi, tanin, dan saponin. Sedangkan, untuk biji rambutannya juga memiliki kandungan gizi yang luar biasa.

Rambutan adalah tanaman tropis yang tergolong dalam famili Sapindaceae atau lerak-lerakan. Buah yang berasal dari Asia Tenggara ini memiliki cita rasa yang manis dan sedikit asam. Jika dibandingkan dengan buah-buahan lain, manfaat kesehatan rambutan tak bisa disepelekan.

Obati Diabetest

www.freepik.com/rawpixel.com
Foto : www.freepik.com/rawpixel.com

Di dalam biji rambutan terdapat ekstrak methanol yang mengandung senyawa flavonoid dan fenolik, di mana senyawa tersebut memiliki aktivitas hipoglikemik yang ampuh meringankan penderita diabetes. Hal itu sebagaimana hasil penelitian yang dilakukan oleh ahli gizi, Pram Pramono.

Biji dari buah rambutan memiliki manfaat tersendiri, seperti meringankan rasa sakit yang dirasakan oleh pasien diabetes, terutama yang menderita kondisi tertentu yang dikenal sebagai diabetes mellitus.

Mengatasi sariawan

Pinterest
Foto : Pinterest

Kandungan vitamin C dalam buah rambutan sangat ampuh untuk membantu mengatasi masalah sariawan yang membandel. Caranya sangat mudah, yakni dengan mengonsumsi daging buah rambutan atau dengan merebus ranting rambutan hingga mendidih, lalu gunakan airnya untuk kumur setiap hari.

Meredakan demam

Pinterest
Foto : Pinterest

Kulit rambutan juga bisa membantu meredakan demam. Caranya : keringkan kulit rambutan, lalu rebus dengan air hingga mendidih dan menyusut, minumkan airnya.

Mencerahkan kulit kusam

freepik.com
Foto : freepik.com

Kulit kusam tentulah tidak menarik dilihat, karena itu Anda harus segera mengatasinya. Biji rambutan bisa membantu mengatasi masalah Anda, caranya dengan mengonsumsi biji rambutan yang sudah disangrai atau dnegan menghaluskannya dan menjadikan sebagai masker wajah. Kandungan lemaknya membantu mengembalikan kelembapan alami kulit.

Menghitamkan rambut beruban

Pinterest
Foto : Pinterest

Sebal dengan uban yang terus bertambah? Atasi dengan daun rambutan yuk. Caranya : tumbuk beberapa helai daun rambutan, tambahkan minyak zaitun dan oleskan secara merata pada rambut.

Meningkatkan kualitas sperma

www.freepik.com/pikisuperstar
Foto : www.freepik.com/pikisuperstar

Vitamin C, salah satu nutrisi yang banyak terkandung di dalam buah rambutan sangat penting untuk pengembangan sperma. Sebagai informasi, kekurangan vitamin C pada pria dapat mengakibatkan kemampuan reproduksinya menurun.

Kondisi ini dapat diobati dengan meningkatkan asupan vitamin C menjadi 500 miligram selama sebulan. Vitamin C telah dikenal untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma

Membuang racun di ginjal

www.freepik.com/jcomp
Foto : www.freepik.com/jcomp

Manfaat kesehatan rambutan lainnya adalah membantu menghilangkan racun dan kotoran di ginjal. Ini dikarenakan kandungan fosfor yang hadir di dalam rambutan. Fosfor juga penting untuk pengembangan, perbaikan, dan pemeliharaan jaringan dan sel-sel tubuh.

Menguatkan tulang

www.freepik.com/tirachard
Foto : www.freepik.com/tirachard

Manfaat lain dari buah rambutan adalah memperkuat tulang. Hal ini disebabkan oleh kandungan kalsium, fosfor dan zat besi yang tinggi di dalamnya. Itu lantas mengurangi kemungkinan seseorang mengalami patah tulang dan penyakit tulang lainnya.

Meregenerasi sel darah merah dan putih

Dari sekian banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya, tembaga menjadi salah satu yang sangat penting untuk produksi sel darah merah dan putih dalam tubuh. Buah rambutan juga mengandung mangan yang penting untuk produksi enzim dan aktivasi mereka. Enzim tersebut diperlukan untuk melaksanakan banyak fungsi dalam tubuh.

Menurunkan Berat Badan

www.freepik.com/KamranAydinov
Foto : www.freepik.com/KamranAydinov

Penelitian menunjukkan bahwa makan buah dikaitkan dengan penurunan berat badan. Mengapa tidak menambahkan rambutan ke dalam persamaannya?

Buah memiliki beberapa alasan yang tidak terlalu rahasia mengapa buah ini membantu Anda menurunkan berat badan.

Biasanya rendah kalori. Empat buah rambutan mengandung sekitar 75 kalori.
Memberikan rasa manis alami. Membantu memuaskan ‘gigi manis’ Anda dengan gula sehat. Mengenyangkan Anda. Kandungan serat dan airnya bisa membuat Anda merasa puas dan mengurangi nafsu makan. (bbi)

Topik Terkait