img_title
Foto : Www.freepik.com/jcomp

IntipSelebManfaat buah jeruk ternyata sangat banyak sekali. Buah yang memiliki ciri khas berwarna jingga ini hampir dapat ditemui di seluruh penjuru dunia. Buah jeruk dipercaya berasal dari kawasan Asia Tenggara seperti India, Cina Selatan, kemudian ada juga yang berasal dari Australia Utara, Florida hingga Kaledonia. Di Indonesia sendiri, buah jeruk menjadi buah yang sangat umum.

Pohon buah jeruk banyak tumbuh hampir di seluruh pulau Indonesia, seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, hingga Nusa Tenggara. Pohon jeruk cocok tumbuh di tanah yang memiliki tekstur gembur dan remah.

Buah jeruk memiliki ciri berbentuk bulat, kulitnya berwarna jingga atau kuning. Sedangkan daging buahnya jingga dan memiliki bulir-bulir yang banyak. Buah jeruk rasanya manis, namun juga disertai rasa asam yang segar.

Selain enak untuk dimakan, buah jeruk ternyata memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Lantas apa saja manfaat buah jeruk bagi kesehatan? Simak 11 manfaat buah jeruk berikut ini.

1. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

www.freepik.com/diana.grytsku
Foto : www.freepik.com/diana.grytsku

Manfaat buah jeruk yang pertama adalah dapat menjaga kesehatan rambut dan kulit. Sepertinya bukan rahasia lagi bila buah jeruk dikenal sebab memiliki vitamin C yang tinggi. Betul sekali, buah jeruk memang kaya akan vitamin C serta antioksidan. Kedua senyawa ini dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut serta kulit.

Sebab, antioksidan dalam buah jeruk dapat melindungi kulit dari bahaya radikal bebas akibat paparan sinar UV dari matahari. Bahkan, khasiat buah jeruk juga dapat menjaga keseimbangan kolagen dalam dermis. Kulit sangat memerlukan banyak protein agar tetap sehat, dan ternyata kolagen termasuk ke dalam jenis protein yang bermanfaat bagi kulit dan rambut.

Lebih jelasnya, buah jeruk dapat menjaga kesehatan kulit dari paparan sinar UV, mencegah munculnya gejala penuaan dini, menjaga agar kulit rambut tetap sehat hingga menghindari rambut rontok.

2. Mencegah anemia

www.freepik.com/cookie_studio
Foto : www.freepik.com/cookie_studio

Menurut data dari Riskesdas pada tahun 2018, terdapat sekitar 32% remaja di Indonesia mengalami anemia. Itu berarti sekitar 7,5 juta remaja Indonesia mengalami anemia. Anemia merupakan kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah (hemoglobin). Hal ini berisiko dapat terjadinya hambatan dalam tumbuh kembang hingga kemampuan kognitif seseorang.

Untuk mengatasi hal tersebut, mengonsumsi buah jeruk dapat menjadi salah satu pilihan. Manfaat buah jeruk ternyata dapat mencegah terjadinya anemia. Buah jeruk mengandung banyak zat besi. Selain itu, jeruk juga mengandung asam akorbat (vitamin C) dan asam sitrat yang tinggi. Kedua jenis asam tersebut dana meningkatkan penyerapan zar besi pada saluran pencernaan.

Sebab, anemia terjadi karena seseorang tidak memiliki zat besi yang cukup untuk tubuh. Dengan demikian, jika ingin terhindar dari penyakit anemia, bisa mulai rajin mengonsumsi buah jeruk.

3. Mengurangi risiko diabetes

www.freepik.com/jcomp
Foto : www.freepik.com/jcomp

Selain kaya akan vitamin C, buah jeruk juga mengandung serat yang tinggi dan bermanfaat untuk mencegah risiko penyakit diabetes. Tubuh akan mudah berisiko terkena diabetes jika tubuh kekurangan insulin, namun serat dalam jeruk dapat meningkatkan sensitivitas insulin sehingga mengurangi risiko diabetes.

Selain itu, menjaga berat badan juga hal yang perlu diperhatikan untuk mencegah diabetes. Sebab, orang yang memiliki berat tubuh berlebihan atau obesitas, memiliki risiko terkena diabetes lebih tinggi. Hal ini dikarenakan tubuh mereka mencerna serat lebih lambat dibanding mencerna nutrisi yang lain.

Oleh sebab itu, ketika mengonsumsi jeruk dapat membuat tubuh merasa kenyang sebab mengandung serat. Hal ini juga bagus agar mengontrol nafsu makan sehingga menghindari kelebihan berat badan.

4. Menjaga kesehatan mata

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik

Manfaat buah jeruk selanjutnya adalah dapat menjaga kesehatan mata. Seiring bertambahnya usia, kesehatan mata pun secara bertahap akan mengalami penurunan. Bahkan, risiko terkena penyakit katarak pun bisa terjadi jika terlalu sering terpapar radikal bebas.

Buah jeruk mengandung antioksidan yang bagus untuk mencegah kerusakan pada mata. Bahkan vitamin C dan vitamin E pada buah jeruk dapat mencegah seseorang mengalami katarak.

5. Menjaga sistem pencernaan

www.freepik.com/wayhomestudio
Foto : www.freepik.com/wayhomestudio

Buah jeruk mengandung serat dan senyawa tersebut sangat bagus untuk sistem pencernaan. Serat dalam jeruk dapat membantu menghaluskan makanan di dalam usus, sehingga menghindari terjadinya sembelit. Namun, bagi para penderita sakit lambung atau mag, perlu dihindari mengonsumsi buah jeruk dalam jumlah banyak atau pun saat perut dalam keadaan kosong.

Sebab, kandungan asam dari buah jeruk dapat membuat efek panas dan perih bagi para penderita penyakit lambung.

6. Mencegah dehidrasi

www.freepik.com/pressfoto
Foto : www.freepik.com/pressfoto

Dehidrasi merupakan kondisi seseorang yang mengalami hilangnya cairan tubuh lebih banyak dibanding apa yang dikonsumsi. Banyak yang menyebutnya kekurangan cairan. Manfaat buah jeruk lainnya ternyata dapat mencegah dehidrasi, sebab 87% buah jeruk mengandung air yang dapat mencegah seseorang terkena dehidrasi.

7. Memperbaiki mood

www.freepik.com/benzoix
Foto : www.freepik.com/benzoix

Siapa di sini yang memiliki mood yang gampang berubah-ubah? Saat sedang mengalami mood yang buruk, mengonsumsi buah jeruk bisa menjadi salah satu solusinya. Buah jeruk mengandung folat yang berperan dalam membentuk serotonin. Terciptanya mood bahagia, berasal dari senyawa serotonin.

Dengan demikian, kandungan folat di dalam buah jeruk dapat membantu produktivitas serotonin di dalam tubuh, sehingga seseorang bisa mendapatkan mood yang bagus dan benergi.

8. Menjaga kesehatan ginjal

www.freepik.com/jcomp
Foto : www.freepik.com/jcomp

Manfaat buah jeruk lainnya adalah dapat menjaga kesehatan ginjal. Hal ini disebabkan buah jeruk mengandung asam sitrat yang sangat baik untuk mencegah munculnya batu ginjal pada saluran urin. Tak hanya, itu, kandungan kalium sitrat juga dipercaya dapat mencegah penyakit batu ginjal.

9. Meningkatkan daya tahan tubuh

www.freepik.com/benzoix
Foto : www.freepik.com/benzoix

Selain manfaat buah jeruk yang sudah disebutkan di atas, buah jeruk juga memiliki manfaat untuk meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh. Menjaga tubuh agar tetap fit dan sehat, sangat diperlukan di era pandemi seperti ini. Oleh sebab itu, mengonsumsi buah jeruk dapat menjadi salah satu pilihan agar imun tubuh tetap baik dan terhindar dari penyakit.

Buah jeruk kaya akan mineral dan beragam vitamin yang bermanfaat bagi tubuh. Kandungan tersebut dipercaya dapat menjaga sistem daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

10. Menjaga kadar gula darah

www.freepik.com/jcomp
Foto : www.freepik.com/jcomp

Buah jeruk mengandung senyawa saponin dan flavonoid yang dipercaya dapat membantu menjaga hingga menurunkan kadar gula dalam tubuh. Oleh sebab itu, mengonsumsi buah jeruk secara rutin serta dengan porsi yang cukup, dianjurkan agar kadar gula darah dalam tubuh tetap terjaga.

11. Meningkatkan kesehatan otak

www.freepik.com/atlascompany
Foto : www.freepik.com/atlascompany

Buah yang identik dengan warna jingga ini ternyata dapat meningkatkan kesehatan otak. Buah jeruk dipercaya dapat membuat perubahan kognitif yang signifikan terhadap otak, yakni meningkatkan daya ingat untuk berpikir serta mencegah seseorang terkena demensia. Sebab buah jeruk mengandung hesperidin yang disebut dapat meningkatkan kesehatan otak.

Demikian manfaat buah jeruk bagi kesehatan, semoga deretan informasi mengenai khasiat buah jeruk bagi kesehatan di atas dapat bermanfaat. Meskipun memiliki banyak manfaat bagi tubuh, tetap hindari mengonsumsi buah jeruk dalam jumlah banyak atau berlebihan. Konsumsilah buah jeruk dalam porsi yang cukup. (bbi)

Topik Terkait