img_title
Foto : Pexels/cottonbro

IntipSelebManfaat buah semangka nyatanya sangat banyak meski ia merupakan salah satu cemilan yang paling banyak dikonsumsi. Pasalnya, semangka menjadi buah yang lezat dan dinikmati untuk keseharian, terlebih di musim panas.

Banyak cara untuk menikmati buah semangka loh sehingga kamu tetap bisa nikmati dengan berbagai cara namun tak menghilangkan manfaat buah semangka di dalamnya. Di mana kamu dapat jadikan semangka sebagai makanan pencuci mulut dengan konsumsi langsung, dijadikan jus atau dapat juga dijadikan camilan sehat.

Satu cangkir semangka hanya mengandung 46 kalori, namun kandungannya tinggi vitamin C, vitamin A dan banyak senyawa tanaman yang sehat dan berkhasiat bagi tubuh sehingga manfaat buah semangka tak perlu diragukan lagi. Perlu diketahui, inilah zat-zat nutrisi di dalam semangka yang berfungsi sebagai manfaat buah semangka, yaitu:

- Karbohidrat.
- Serat.
- Protein.
- Magnesiun
- Kalium.
- Kalsium.
- Vitamin A, B1, B2, B3, dan C.

Lantas, dari berbagai zat nutrisi tersebut, apa saja manfaat buah semangka yang bagus untuk kamu? Penasaran? Jangan khawatir. IntipSeleb akan merangkum berbagai sumber untuk menginformasikan kamu mengenai manfaat buah semangka. Yuk langsung cek ke bawah untuk tahu selengkapnya manfaat buah semangka! check it out.

Bantu Pencegahan Kanker Dari Dini

Manfaat buah semangka pertama ialah membantu pencegahan kanker. Melansir pada Orami, telah dilakukan penelitian dengan mempelajari likopen dan senyawa tanaman individu lainnya dalam semangka untuk efek anti kankernya. Meskipun asupan likopen dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah dari beberapa jenis kanker, berbagai penelitian ternyata menunjukan hasil beragam.

Hubungan terkuat sejauh ini tampaknya antara likopen dan kanker sistem pencernaan. Likopen dalam semangka tampaknya mengurangi risiko kanker dengan menurunkan faktor pertumbuhan mirip insulin atau insulin-like growth factor (IGF), protein yang terlibat dalam pembelahan sel.

Sebaliknya, tingkat IGF yang tinggi dikaitkan dengan kanker, sehingga sangat baik ketika tingkat IGF bisa ditekan oleh buah semangka. Selain itu, senyama cucurbitacin E juga telah diteliti, ternyata senyawa ini memiliki kemampuannya untuk menghambat pertumbuhan tumor.

Bantu Reda Nyeri Otot

Manfaat buah semangka yang berikutnya ialah membantu meredakan nyeri otot pada tubuh kamu. Sitrulin, asam amino dalam semangka, rupanya dapat mengurangi nyeri otot. Biasanya, citruline juga tersedia dalam bentuk suplemen. Menariknya, jus semangka ternyata meningkatkan penyerapan citrulline.

Menurut penelitian dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry mencoba memberikan atlet jus semangka polos, jus semangka dicampur dengan citrulline dan minuman citrulline itu sendiri. Kedua minuman semangka menyebabkan lebih sedikit nyeri otot dan pemulihan detak jantung yang lebih cepat, dibandingkan dengan citrulline sendiri.

Tak hanya itu, para peneliti juga melakukan percobaan tabung reaksi, menyelidiki penyerapan citrulline. Temuan mereka menunjukkan bahwa penyerapan citrulin paling efektif bila dikonsumsi sebagai komponen jus semangka dan melihat potensi citrulline untuk meningkatkan daya tahan beserta kinerja olahraga.

Tingkatkan Kesehatan dan Gairah Seksual

Manfaat buah semangka lainnya yaitu dapat meningkatkan kesehatan seksual. Asam amino citrulline dalam semangka melemaskan dan melebarkan pembuluh darah dan dapat membantu dalam pengobatan disfungsi ereksi. Sitrulin diubah menjadi arginin, yang merupakan prekursor nitrat oksida yang membantu pelebaran pembuluh darah.

Suplementasi citrulline oral dapat meningkatkan kekerasan ereksi pada pria yang menderita disfungsi ereksi ringan. Tidak hanya itu, semangka juga dapat bertindak sebagai viagra alami. Kandungan dalam semangka, terutama fitonutrien, bereaksi dengan tubuh manusia dan memicu reaksi tersebut.

Bagus Untuk Pertumbuhan Rambut dan Kulit

Selanjutnya, manfaat dari buah semangka adalah meningkatkan kesehatan kulit dan rambut agar pertumbuhannya semakin kuat. Pasalnya,semangka merupakan sumber vitamin C yang baik, nutrisi yang penting untuk sintesis kolagen. Kolagen membuat kulit kenyal serta memperkuat akar rambut.

Tak jarang banyak perawatan rambut ataupun kulit yang mengandung buah semangka di dalamnya. Vitamin A dalam semangka adalah nutrisi penting lainnya yang berkontribusi pada kesehatan kulit, memperbaiki dan menciptakan sel-sel kulit baru. Tanpa nutrisi, kulit akan tampak kusam dan bersisik.

Hidrasi Tubuh

Buah semangka membantu kamu tetap terhidrasi. Minum air putih adalah cara penting untuk menjaga tubuh seseorang agar tetap terhidrasi. Namun, mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan air tinggi juga bisa membantu sehingga buah semangka cocok untuk dikonsumsi.

Buah semangka mengandung 92 persen air. Terlebih, kandungan air yang tinggi adalah salah satu alasan mengapa buah dan sayuran membantu seseorang merasa kenyang. Dengan kombinasi air dan serat pada semangka, buah segar ini membuat Moms seolah-seolah mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak tanpa banyak kalori.

Bantu Penyuburan Kandungan

Hal ini berlaku bagi ibu hamil maupun tidak. Dalam buah semangka, terdapat senyawa asam folat yang tinggi. Jika dikonsumsi oleh ibu hamil, senyawa tersebut dapat menjaga kesuburan kandungannya. Meskipun untuk menjaga kesehatan dan asupan bagi ibu yang sedang hamil sebaiknya menjadi prioritas.

Pasalnya, jika tidak menjaga pola makanan dan nutrisinya, kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya dapat terancam. Oleh karena itu, agar ibu hamil bisa tetap sehat dan calon buah hati dapat terlahir dengan sempurna, pastikan untuk menjaga asupan yang diberikan.

Agar lebih maksimal bisa didapatkan dengan cara mengolahnya menjadi minuman jus. Memisahkan bijinya juga dapat meningkatkan potensi kesehatan yang diberikan semangka. Dengan begitu, nutrisi yang dimiliki buah tersebut dapat lebih gampang diserap tubuh.

Bantu Ringankan Asma

Asma adalah salah satu penyakit sistem pernapasan yang membuat penderitanya merasa kesulitan untuk bernapas. Biasanya, seseorang yang menderita penyakit ini memiliki kandungan vitamin C yang rendah. Rendahnya kadar vitamin C tersebutlah yang seringkali menjadi penyebab penyakit asma sering kambuh.

Sehingga dengan adanya kandungan vitamin tersebut, penderita asma dapat memperkecil potensi penyakit tersebut untuk muncul kembali. Selain itu ditemukan jika vitamin C juga memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi di dalamnya. Dengan begitu, tubuh akan mendapatkan lebih banyak lagi khasiat yang menyehatkan.

Ramah Untuk Ginjal

Tubuh manusia terpapar sejumlah racun dari makanan yang dimakan, bahkan udara yang dihirup setiap hari. Normalnya, racun-racun tersebut dikeluarkan oleh tubuh melalui hasil kerja organ ginjal. Untuk mendukung kesehatan ginjal, salah satu yang bisa kamu lakukan adalah mengonsumsi jus semangka secara rutin.

Nutrisi utama yang terkandung dalam semangka adalah kalsium dan kalium yang membantu melawan racun dan membuangnya dari tubuh.

Itulah deretan manfaat dari buah semangka yang baik dikonsumsi. Meski begitu, kamu harus memakan buah semangka secukupnya agar terhindar dari efek-efek samping dalam berlebihan mengonsumsi semangka. Seperti yang disebutkan, semangka memiliki jumlah kandungan air yang banyak di dalamnya.

Sehingga jangan sampai kamu mengalami over hidrasi atau kelebihan air yang menyebabkan hilangnya kandungan natrium. Bahkan juga alami diare. Ingat, segala yang berlebihan tidak baik loh guys. (jra)

Topik Terkait