img_title
Foto : Www.freepik.com/rawpixel.com

IntipSelebManfaat buah apel sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Rasanya, buah apel menjadi salah satu buah yang pasti bisa ditemui di belahan dunia manapun. Buah apel diperkirakan berasal dari kawasan Asia Tengah. Setelah itu, buah apel mulai banyak dikembangkan di negara- negara yang memiliki suhu dingin, termasuk Australia.

Barulah setelah itu, buah apel dibawa ke Indonesia dan dikembangkan. Umumnya, pohon apel bisa tumbuh di kawasan dataran tinggi. Namun setelah adanya perkembangan dan berbagai jenis dari buah apel, buah yang identik berwarna merah itu bisa tumbuh di dataran tinggi maupun rendah.

Di Indonesia, daerah yang terkenal dengan buah apel adalah Malang, Jawa Timur. Tentu sudah tidak asing bukan, dengan nama buah apel Malang? Biasanya apel malang memiliki ciri buah berwarna hijau dan ukurannya kecil-kecil. Namun ada pula buah apel Malang yang berwarna merah.

Buah apel umumnya memiliki ciri berwarna merah. Buah apel sendiri memiliki rasa yang manis. Selain itu, tekstur buah tersebut cenderung padat namun ketika digigit berisi banyak air. Selain enak untuk dimakan, ternyata buah apel memiliki banyak manfaat untuk tubuh loh.

Lantas apa sajakah manfaat buah apel? Simak 10 manfaat buah apel berikut ini.

1. Menjaga kadar gula darah

www.freepik.com/jcomp
Foto : www.freepik.com/jcomp

Manfaat buah apel yang pertama adalah dapat menjaga kadar gula darah dalam tubuh. Buah apel mengandung senyawa yang dapat memperlambat pencernaan makanan dan masuknya glukosa ke dalam aliran darah.

Hal ini justru sangat bagus untuk para penderita diabetes, sebab umumnya para penderita diabetes menghindari makanan yang memiliki kadar gula yang tinggi. Sedangkan buah apel memiliki fungsi untuk menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh.

2. Menjaga kesehatan jantung

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik

Selanjutnya, buah apel memiliki manfaat untuk tubuh adalah dapat menjaga dan melindungi jantung. Organ jantung merupakan salah satu orang yang paling penting bagi tubuh. Sebab jantung berfungsi untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

Buah apel mengandung kadar flavonoid yang tinggi yang dapat meminimalisir risiko seseorang terkena penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung. Selain tu, buah apel juga disebut-sebut dapat mencegah seseorang terkena serangan jantung.

3. Menurunkan berat badan

www.freepik.com/pereslavtseva
Foto : www.freepik.com/pereslavtseva

Adakah di sini yang penasaran dengan orang-orang yang mengonsumsi apel disaat diet? Hal ini disebabkan buah apel dapat membantu seseorang untuk mengurangi berat badan. Manfaat buah apel yang satu ini pasti sangat disukai oleh para wanita.

Buah apel kaya akan serat pangan. Nutrisi ini ternyata dapat memperlambat proses pencernaan sehingga memberikan rasa kenyang yang lebih lama dibandingkan buah-buah yang lain. Jika perut merasa kenyang, maka nafsu makan akan lebih terkontrol dan membuat seseorang tidak akan makan dalam porsi yang berlebihan.
Jadi tidak ada salahnya jika mulai dari sekarang mulai rajin mengonsumsi buah apel untuk memulai pola hidup yang lebih sehat.

4. Mengurangi risiko diabetes

www.freepik.com/jcomp
Foto : www.freepik.com/jcomp

Manfaat buah apel selanjutnya ialah dapat menurunkan risiko seseorang terkena diabetes. Hal ini disebabkan buah apel yang mengandung polifenol yang berguna untuk mencegah terjadinya kerusakan jaringan hingga sel beta yang ada di pankreas.

Sel beta dapat menghasilkan insulin yang dapat mengakibatkan kerusakan pada para penderita diabetes. Jadi mulai dari sekarang boleh untuk rutin mengonsumsi buah apel untuk menghindari penyakit diabetes.

5. Mencegah terkena asma

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik

Menurut data dari hasil survey dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes), terdahapt hingga lebih dari 11 juta penduduk Indonesia yang menderita penyakit asma. Asma sendiri merupakan penyakit kronis yang menyerang saluran pernapasan hingga penderitanya mengalami sesak akibat peradangan dan penyempitan saluran napas.

Namun, khasiat buah apel selanjutnya dapat mencegah seseorang terkena asma. Hal ini disebabkan buah apel mengandung antioksidan yang sangat bermanfaat untuk melindungi paru-paru dari kerusakan dan meurunkan risiko terkena asma.

Tak hanya itu, peradangan jika terkena asma juga dapat diatasi dengan buah apel, sebab buah apel mengandung flavonoid yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga mengurangi peradangan.

6. Mencegah terkena kanker

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik

Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh masyarakat. Oleh sebab itu, menjaga tubuh agar tetap sehat perlu dilakukan agar terhindar dari penyakit yang satu ini. Tahukah bahwa ternyata apel memiliki kemampuan untuk mencegah tubuh terkena kanker?

Hal ini disebabkan buah apel mengandung antosianin yang tinggi yang memiliki sifat antiradang dan antikanker. Kandungan antosianin ini paling banyak berada di kulitnya, jadi warna merah yang dihasilkan oleh buah apel berasal dari antosianin. Buah apel disebut-sebut dapat menurunkan risiko terkena kanker paru-paru, kanker mulut, hingga kanker payudara.

Jadi, yang masih mengupas apel sebelum makan, kini mulai bisa makan apel langsung bersama kulitnya, ya. Namun tentu harus dipastikan buah apel telah dicuci bersih dan aman jika dikonsumsi secara langsung tanpa mengupas kulitnya terlebih dahulu.

7. Menjaga kesehatan otak

www.freepik.com/kues1
Foto : www.freepik.com/kues1

Buah yang identik dengan warna merah ini juga dapat menjaga kesehatan otak. Hal ini disebabkan buah apel mengandung antioksidan kuertin dan juga flavonoid yang berguna untuk menguranginya sel-sel mati pada saraf akibat penuaan. Nutrisi tersebut juga dapat meningkatkan daya ingat dan menjaga agar otak tetap sehat.

8. Menghindari bau mulut

www.freepik.com/benzoix
Foto : www.freepik.com/benzoix

Bau mulut yang tak sedap, tentunya menjadi masalah yang paling dihindari oleh bagi sebagian orang. Bau mulut bisa timbul akibat adanya sisa makanan, bakteri dan juga kotoran yang masih bersisa di dalam mulut.

Namun tak perlu khawatir, manfaat buah apel selanjutnya ternyata dapat mengatasi bau mulut. Hal ini disebabkan buah apel yang mengandung senyawa pektin yang dapat meningkatkan produksi air liur sehingga dapat membersihkan mulut secara alami sekaligus mengontrol bau yang tidak sedap dari dalam mulut.

9. Melancarkan pencernaan

www.freepik.com/wayhomestudio
Foto : www.freepik.com/wayhomestudio

Sudah menjadi rahasia umum bahwa apel mengandung serat yang sangat tinggi. Lantas, manfaat buah apel selanjutnya adalah dapat melancarkan pencernaan. Serat yang larut di dalam tubuh dapat memperlambat pencernaan, sehingga menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama serta memperlambat proses pencernaan glukosa di dalam tubuh.

10. Meningkatkan sistem daya tahan tubuh

www.freepik.com/benzoix
Foto : www.freepik.com/benzoix

Selain manfaat yang telah disebutkan di atas, khasiat buah apel selanjutnya adalah dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh. Tentunya, hal ini adalah hal yang penting dilakukan terutama di masa pandemi seperti ini. Vitamin C dalam apel berfungsi untuk meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh.

Selain itu, serat yang ada di dalam apel juga mampu mengubah sel-sel kekebalan yang pro-inflamasi menjadi anti-inflamasi, sehingga dapat menimbulkan efek meningkatnya imunitas dalam tubuh.

Demikian adalah manfaat buah apel bagi kesehatan. Semoga manfaat buah apel di atas dapat bermanfaat bagi para pembaca. Kendati buah apel memiliki beragam manfaat yang baik untuk tubuh, tetap hati-hati dalam mengonsumsi buah apel dalam jumlah yang berlebihan.

Konsumsi buah apel dalam porsi yang cukup dan akan lebih bagus lagi jika memakannya dalam bentuk buah. Sebab buah apel yang sudah diolah kembali menjadi jus misalnya, justru mengandung gula tambahan yang tidak sehat untuk tubuh. (bbi)

Topik Terkait