img_title
Foto : Pexels/Riki Risnandar

IntipSelebManfaat buah mangga dapat kamu rasakan ketika mengonsumsinya. Buah manis yang dikala musimnya merekah menjadi inceran semua orang untuk dicemiliki. Sehingga buah mangga memiliki tempat spesial di hati para penggemarnya.

Selain itu, mangga muda pun juga kerap menjadi inceran para ibu hamil yang sedang ngidam. Banyak cara untuk menikmati buah mangga loh sehingga kamu tetap bisa nikmati dengan berbagai cara namun tak menghilangkan manfaat buah mangga di dalamnya.

Di mana kamu dapat jadikan buah mangga sebagai makanan pencuci mulut dengan konsumsi langsung, dijadikan jus atau dapat juga dijadikan camilan sehat seperti mango sticky rice, ataupun buahnya saja juga tak masalah. Satu cangkir mangga dapat menyumbangkan kebutuhan vitamin A harian hingga 25 persen sehingga manfaat buah mangga cukup berkhasiat bagi tubuh. Perlu diketahui, inilah zat-zat nutrisi di dalamnya yang berfungsi sebagai manfaat buah mangga, yaitu:

- 86,6 gram air.
- 0,7 gram protein.
- 0,5 gram lemak.
- 12,3 gram karbohidrat.
- 12 miligram vitamin C.
- 35 persen vitamin A.
- 20 persen folat.
- 8 persen vitamin K dan kalium.

Agar kita tidak terkecoh saat membeli buah mangga, ada beberapa cara memilih buah mangga matang dan manis saat membeli mangga, berikut caranya melansir Fimela:

Cek Batang Buah Mangga

Cara pertama yang perlu kamu lakukan adalah cek batang buah mangga. Mangga yang telah tua atau masak pohon di batangnya sangat sedikit keluar getahnya. Pada batang buah mangga ini juga terlihat lubang di dalam batang. Jika mangga belum matang dan masih muda, batangnya akan terlihat seperti digunting dan terdapat banyak bekas getah.

Bentuk Buah

Perhatikan bentuk buah mangga. Mangga yang telah tua dan masak, umumnya bentuknya bulat penuh dan berisi. Jika mangganya masih muda, bentuknya lebih gepeng.

Aroma Mangga

Mangga yang telah matang akan memiliki aroma harum khas. Dengan memegangnya saja, kita sudah bisa mencium aroma harum tersebut. Namun, jika mangga belum matang atau tidak masak di pohon, aroma harum buah mangga akan sedikit berkurang. Tidak sepekat mangga yang masak pohon.

Kulit Mangga

Kulit mangga yang telah matang dan manis biasanya lebih tipis dari mangga yang masih muda atau belum matang. Warna kulit mangga yang masak pohon dan memiliki rasa manis juga terlihat lebih hijau pekat, kuning terang, kemerahan dan sejenisnya tergantung jenisnya.

Tekstur Daging Buah Mangga

Untuk buat mangga yang telah masak pohon, matang dan manis biasanya akan cukup berserat. Biji mangga pun lebih keras dan terdapat serabut-serabut yang cukup banyak. Berbeda dengan mangga yang masih muda. Biasanya, mangga muda ini hanya sedikit seratnya dan bijinya tidak terlalu memiliki serabut.

Lantas, apa saja manfaat buah mangga yang bagus untuk kamu? Penasaran? Jangan khawatir. IntipSeleb akan merangkum berbagai sumber untuk menginformasikan kamu mengenai manfaat buah mangga. Yuk langsung cek ke bawah untuk tahu selengkapnya manfaat buah mangga! check it out.

Antioksidan Pada Tubuh

Manfaat buah mangga pertama ialah mangga kaya akan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas serta menurunkan risiko kanker. Hal itu disebabkan buah mangga mengandung senyawa polifenol dan mangiferin, yaitu sumber antioksidan yang kuat. Tidak hanya itu, buah tropis ini juga memiliki jenis antioksidan lain seperti katekin, antosianin, quercetin, kaempferol, rhamnetin, asam benzoat dan lain sebagainya.

Membersihkan Kulit Wajah

Manfaat buah mangga selanjutnya dapat membantu mengecilkan pori-pori dan membuat wajah lebih segar. Selain dengan cara dikonsumsi secara rutin, gunakan juga untuk perawatan di luar. Caranya mudah saja, irislah buah mangga tipis-tipis kemudian tempelkan pada wajah selama 10 sampai 15 menit. Akhiri dengan mencuci wajah hingga bersih.

Bantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat buah mangga berikutnya yaitu seperti diketahui, mangga kaya akan serat, vitamin dan nutrisi lain yang dapat membantu perut mudah kenyang. Buah mangga memiliki peran dalam mempercepat proses pembakaran kalori dalam tubuh, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

Bantu Mengontrol Gula Darah

Manfaat dari buah mangga selain itu adalah mengontrol gula darah. Mangga memiliki kadar glikemik yang rendah, yaitu sekitar 41 sampai 60, sehingga tak akan meningkatkan kadar gula darah secara berlebihan. Namun begitu, kamu perlu memeriksa kadar gula darah agar konsumsi mangga tetap aman bagi tubuh.

Tingkatkan Gairah Seksual

Buah mangga dapat meningkatkan gairah seksual baik bagi perempuan ataupun pria. Mangga memiliki kandungan vitamin E yang cukup melimpah. Vitamin ini dapat membantu mengontrol hormon seksual baik pada pria maupun wanita.

Menyehatkan Mata

Yang satu ini juga tidak kalah penting untuk diketahui. Buah mangga kaya sumber vitamin A. Dalam satu cangkirnya, buah ini dapat menyumbangkan kebutuhan vitamin A harian hingga 25 persen. Vitamin A memiliki peran yang amat penting untuk menjaga kesehatan mata.

Melancarkan Pencernaan

Selain serat, mangga mengandung enzim yang dapat membantu melancarkan proses pencernaan. Serat alami yang terkandung dalam mangga dapat berperan sebagai probiotik, sehingga dapat menjaga kesehatan organ pencernaan.

Bantu Mengatasi Dehidrasi

Sifat buah mangga yang kaya air, membuat buah ini cocok dihidangkan saat cuaca panas. Buatlah jus mangga segar, tambahkan sedikit gula atau madu serta air secukupnya. Hidangkan selagi dingin, agar dehidrasi pada tubuh dapat berangsur-angsur membaik.

Menjaga Imunitas

Mangga merupakan sumber nutrisi yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Pada satu buah mangga dengan berat 165 gram, menyediakan 10 persen dari vitamin A harian. Vitamin tersebut sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh karena dapat membantu melawan infeksi.

Selain itu, mangga juga menyediakan tiga perempat kebutuhan vitamin C harian yang dapat memproduksi lebih banyak sel darah putih untuk melawan penyakit dan juga meningkatkan pertahanan kulit. Mangga juga mengandung folat, vitamin K, vitamin E dan vitamin B, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Cegah Asam Lambung

Salah satu manfaat dari mangga muda yaitu perannya dalam mengurangi keasaman (acidity). Mangga muda jadi bagian pengobatan alami untuk masalah terkait keasaman. Bila mengalaminya, bisa coba mengunyah sepotong mangga ini.

Melindungi Dari Kerusakan Akibat Sinar Matahari

Antioksidan yang ada dalam mangga bisa membantu melindungi kulit kita dari sinar UV. Adapun sinar UV dapat menyebabkan penuaan dini, kulit gatal, dan kemerahan. Buah mangga pun dapat membantu mengendalikan semua masalah tersebut dengan baik. Tak hanya kesehatan, mangga pun bermanfaat untuk kecantikan kulit, mulai dari mengontrol penuaan dengan antioksidan.

Itulah deretan manfaat dari buah mangga yang baik dikonsumsi. Meski begitu, kamu harus memakan buah mangga secukupnya. Ingat, segala yang berlebihan tidak baik loh guys. Walaupun apa salahnya bukan untuk mencemili makanan sehat seperti buah mangga ini? (jra)

Topik Terkait