img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya HidupManfaat buah belimbing biasanya hanya digunakan sebagai obat dan menghilangkan beberapa gejala penyakit saja. Namun siapa sangka, jika buah berbentuk bintang ini justru sangat baik di konsumsi untuk kesehatan kulit dan kecantikan wajah yang alami.

Buah Belimbing atau dalam bahasa latin bernama Averhoa Carambola L adalah buah yang sedikit penggemarnya atau jarang peminat dibanding buah yang lain. Sesungguhnya rasa dari buah belimbing ini manis serta memiliki kandungan serat yang tinggi, buah ini juga gampang ditemukan sebagai buah campuran pada pembuatan rujak.

Belimbing adalah salah satu buah yang mempunyai banyak kandungan vitamin yang tinggi, terutama vitamin C, dan juga kandungan mineral yang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Selain itu, ternyata ada banyak manfaat lainnya yang ada pada buah belimbing. Dan berikut ini dijelaskan beberapa manfaat lain dari buah belimbing. Lantas, apa sajakah manfaat buah belimbing?

Sebut saja salah satunya adalah mampu mengurangi kadar kolesterol jahat. Buah belimbing pada dasarnya mengandung zat pektin yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah

Buah belimbing atau star fruit merupakan buah yang memiliki bentuk cukup unik. Belimbing manis ini, memiliki rasa khas dengan kandungan air yang cukup banyak. Teksturnya yang tidak terlalu keras membuat banyak orang menyukai buah ini. Tidak hanya itu, buah belimbing juga memiliki manfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan. Beberapa khasiat dan manfaat pada buah belimbing ini, bisa dimanfaatkan oleh semua orang

Belimbing memiliki warna kuning pekat yang mampu membuat tubuh anda terasa lebih segar. Jadi, bagi anda yang sedang mengalami dehidrasi sangatlah cocok untuk mengkonsumsi buah ini. Di Indonesia buah belimbing ini tumbuh dengan subur. Jadi ketika sudah musimnya, kita bisa mendapatkan buah ini dengan mudah. Namun sebagian orang mungkin belum mengetahui tentang kandungan nutrisi buah belimbing yang sangat luar biasa ini.

Perlu anda tahu, Buah belimbing mengandung beragam nutrisi alami yang dibutuhkan oleh tubuh. Dari nutrisi tersebutlah buah belimbing bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan. Kandungan nutrisi di dalamnya mampu memenuhi kebutuhan vitamin harian tubuh. Sehingga seseorang bisa lebih sehat ketika mendapatkan asupan yang tepat, termasuk nutrisi pada buah belimbing ini. Untuk itu simaklah penjelasan dari beberapa manfaat dan khasiat yang terdapat pada buah belimbing berikut ini

Selain kaya serat dan vitamin, buah belimbing juga dikenal rendah kalori. Dalam satu buah belimbing berukuran sedang, terdapat sekitar 30 kalori dan 5 gram karbohidrat.

Buah belimbing juga mengandung mineral yang baik bagi kesehatan, di antaranya adalah zat besi, magnesium, mangan, potasium, β-karoten, serta sejumlah vitamin, mulai dari vitamin A, B9 (asam folat), B3 (niasin), dan vitamin C (asam L-askorbat). Buah ini banyak tumbuh di negara Asia Tenggara seperti Indonesia, India, dan Sri Lanka.

Buah belimbing yang sudah matang akan berwarna kuning agak oranye. Buah ini memiliki perpaduan antara manis dengan asam. Buah belimbing sebenarnya bisa disantap begitu saja. Tetapi, buah ini akan terasa lebih nikmat saat dijadikan jus karena cocok disantap dalam keadaan dingin.

Buah belimbing diketahui mengandung zat senyawa yang sangat baik, termasuk quercetin, asam galat, dan epikatekin. Senyawa ini memiliki sifat antioksidan yang kuat.

Daripada penasaran, yuk langsung saja simak manfaat buah unik berbentuk bintang ini, check it out!

Meremajakan Kulit Wajah

freepik.com
Foto : freepik.com

Buah belimbing mampu membuat kulit menjadi lebih awet muda. Hal tersebut karena kandungan vitamin A dan vitamin C di dalam buah belimbing, mampu mencegah terjadinya tanda penuaan di usia dini. Yang mana tanda penuaan tersebut meliputi dari kerutan kulit, wajah kusam, bintik hitam, dan beberapa tanda penuaan lainnya.

Beberapa kegunaan buah belimbing bagi kesehatan maupun kecantikan tersebut, semata-mata didukung oleh kandungan nutrisi alami dan vitamin di dalamnya. Dengan mengetahui beberapa manfaat dari buah belimbing di atas, anda bisa dengan mudah dalam memilih langkah alternatif baik dalam dunia kecantikan ataupun kesehatan.

Kecantikan wajah bisa dibantu dengan mengkonsumsi beberapa buah segar dengan kandungan nutrisi baik salah satunya yaitu buah belimbing dan dikonsumsi secara langsung atau bisa dibuat jus.

Meningkatkan Imun Tubuh

Mungkin banyak yang belum tahu jika buah belimbing mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Buah ini mengandung vitamin C yang tinggi sehingga mampu memperkuat sistem imun pada tubuh. Selain itu kandungan air yang cukup banyak, mampu membantu tubuh untuk menggantikan ion yang hilang setelah melakukan aktifitas seharian.

Imun tubuh hingga cairan tubuh yang hilang dapat digantikan dengan kandungan vitamin dan air yang terdapat pada buah belimbing. Hal ini disebabkan karena belimbing memiliki banyak senyawa baik yang bagus untuk kesehatan tubuh kita.

Selain itu, belimbing juga kaya antioksidan seperti flavonoid dan fenol. Oleh karena itu, buah belimbing dapat berperan besar dalam menjaga serta meningkatkan sistem imun tubuh Anda.

Menurunkan Berat Badan

www.freepik.com/jcomp
Foto : www.freepik.com/jcomp

Manfaat yang pertama dari jus belimbing adalah bisa menurunkan berat badan secara alami. Hal ini karena dalam buah belimbing terdapat kandungan kalori yang sangat rendah.

Per buahnya hanya mengandung sekitar 36 kalori. Ditambah lagi buah belimbing juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga bisa membuat Moms merasa kenyang lebih lama.

Oleh karena itu, jus belimbing sangat cocok dijadikan sebagai menu sarapan pagi.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

www.freepik.com/rawpixel.com
Foto : www.freepik.com/rawpixel.com

Salah satu manfaat dari jus belimbing adalah mampu membantu menyeimbangkan tekanan darah, terutama hipertensi.

Kandungan kalsium yang ada di dalam buah belimbing mampu meredakan ketegangan yang terjadi pada pembuluh darah dan arteri. Jika ketegangan pada pembuluh darah bisa dirilekskan, maka sirkulasi darah bisa menjadi lebih efektif.

Menurunkan Kolesterol Jahat

www.freepik.com/xb100
Foto : www.freepik.com/xb100

Buah belimbing memang memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Hal ini membuatnya bisa membantu tubuh dalam menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Kandungan serat yang ada dalam buah belimbing bisa membantu mengontrol kolesterol jahat atau LDL dan meningkatkan kolesterol baik atau HDL yang ada di dalam tubuh.

Dengan menurunnya kadar kolesterol dalam tubuh, maka beragam risiko penyakit kronis juga bisa diminimalisasi dengan lebih baik.

Mencegah Sakit Maag

Freepik
Foto : Freepik

Beberapa kandungan seperti terpenoid, flavonoid, dan mucilage dalam jus buah belimbing dapat membantu Mama dalam meredakan sakit maag.

Ketiga kandungan tersebut dapat berperan sebagai sifat antiulkus yang bisa memperkuat lapisan lambung dan usus, serta menurunkan terjadinya kerusakan lambung yang disebabkan oleh gastritis.

Mengatasi Penyakit Jantung

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik

Terdapat penelitian yang menyatakan bahwa kandungan dalam buah belimbing seperti vitamin B9 atau asam folat yang cukup tinggi dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Kedua kandungan tersebut berperan untuk menurunkan kadar homosistesin.

Selain dapat membantu mengontrol kadar gula darah, kalian juga bisa menjaga kesehatan jantung dengan rutin mengonsumsi jus belimbing.

Buah belimbing mengandung sodium dan kalium yang cukup banyak sehingga bisa berfungsi sebagai elektrolit tubuh yang menjaga tekanan darah pada jantung. Sodium dan kalium juga bisa membantu tubuh untuk menjaga irama detak jantung supaya lebih teratur.

Topik Terkait