img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya Hidup Manfaat buah anggur baik untuk kesehatan dan dapat mengobati berbagai macam penyakit dalam tubuh. Buah anggur dipercaya dapat membantu program ibu hamil karena dipercaya bisa membantu proses penyuburan rahim.

Mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin dan nutrisi tentunya menjadi hal wajib untuk menjaga kesehatan. Satu di antara jenis buah yang bisa Anda konsumsi secara rutin adalah anggur.

Beberapa orang mungkin belum mengetahui bahwa buah mungil berbentuk bulat ini mengandung banyak manfaat baik yang bisa menunjang kesehatan tubuh.

Buah anggur mengandung polifenol, yaitu senyawa pemberi warna alami, dan bisa memberikan tubuh perlindungan dalam melawan radikal bebas.

Rasanya yang asam namun sedikit manis, menjadikan buah ini favorit banyak kalangan. Anda bisa menjadikannya sebagai camilan atau membuatnya menjadi jus yang lezat.

Secara umum anggur memiliki kandungan berupa serat, air, vitamin A, vitamin C, protein, kalsium, dan asam lemak. Beberapa kandungan itu baik untuk kesehatan tubuh.

Di balik rasanya yang lezat, buah anggur menyimpan sederet manfaat untuk kesehatan. Buah yang sudah dikenal sejak tahun 6.000 sebelum Masehi ini termasuk makanan sehat yang kaya nutrisi.

Tanaman anggur sudah dibudidayakan sejak ribuan tahun lalu dan menjadi salah satu buah favorit bangsa Romawi kuno karena kegunaannya yang juga dapat dijadikan minuman beralkohol atau wine.

Di balik rasanya yang mewah ketika dijadikan wine, ternyata anggur memiliki kandungan nutrisi dan vitamin serta antioksidan yang tinggi sehingga dapat memberikan banyak manfaat baik untuk tubuh manusia.

Anggur juga dipercaya dapat membantu ibu hamil untuk memperoleh vitamin dan kaya serat. Buah Anggur sudah tidak asing lagi dalam menu kulkas orang-orang. Ya, buah kecil yang berbentuk oval ini menjadi salah satu buah favorit yang cocok saat musim dingin. Penampilannya yang unik tidak hanya menyenangkan namun juga penuh gizi. Selain itu, dapat dijadikan sebagai minuman berkelas.

Anggur tidak hanya bercita rasa manis atau pun asam, tapi juga memiliki manfaat kesehatan untuk tubuh manusia. Anggur dapat mencegah penyakit jantung dan kanker. Selain itu, buah berwarna ungu dan hijau tersebut sangat baik untuk organ mata dan mengurangi risiko diabetes dan mencegah sembelit.

Khasiat buah satu ini memang sudah tak diragukan, bukan hanya untuk tubuh namun juga untuk kulit. Rutin mengonsumsi buah anggur dapat membantu kita terhindar dari kanker kulit, hingga memberi perlindungan pada sinar UVB matahari.

Jika biasanya buah anggur dikonsumsi langsung, ternyata ada cara lain untuk mendapatkan manfaat dari buah anggur untuk kulit wajah. Kandungan dalam anggur dipercaya dapat membuat wajah menjadi lebih cerah sekaligus lembab.

Lantas apa saja kira-kira manfaat buah anggur untuk kesehatan dan untuk ibu hamil, yuk simak artikel berikut ini.

Mengobati Kolesterol Jahat

Pinterest/Freepik
Foto : Pinterest/Freepik

Anggur berwarna merah memiliki manfaat sebagai cara alami menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida tinggi.

Mengutip dari jurnal Food & Function, penelitian melibatkan 69 orang dengan kolesterol tinggi. Mereka mengonsumsi 500 gram anggur setiap hari selama delapan minggu.

Hasilnya, kadar kolesterol jahat (LDL) menurun setelah rutin mengonsumsi buah anggur setiap hari. Keberhasilan tersebut berkat kandungan resveratrol dan saponin.

Kedua zat tersebut bisa menangkap kelebihan kolesterol dalam tubuh sebelum diserap ke dalam darah. Dengan begitu, kadar kolesterol Anda pun tetap seimbang. Kadar kolesterol seimbang bisa menjauhkan Anda dari penyakit seperti obesitas dan penyakit jantung.

Mencerahkan Mata

www.freepik.com/master1305
Foto : www.freepik.com/master1305

Anggur juga memiliki manfaat dan khasiat yang baik untuk kesehatan mata. Buah ini mengandung lutein dan zeaxanthin, dua karotenoid dengan sifat antioksidan yang penting bagi kesehatan mata.

Kedua antioksidan ini dapat membantu menyaring gelombang cahaya biru yang berbahaya dari gadget dan membantu melindungi sel-sel mata.

Mengutip dari American Optometric Association, lutein dan zeaxanthin dapat membantu mengurangi risiko penyakit mata kronis seperti katarak dan degenerasi makula pada lansia. Meski begitu, masih perlu penelitian lebih lanjut untuk mengetahui khasiat dan manfaat anggur karena observasi masih pada hewan.

Membantu Program Diet

www.freepik.com/KamranAydinov
Foto : www.freepik.com/KamranAydinov

Jika sedang berusaha mendapatkan berat badan ideal, Anda bisa menyiapkan buah anggur sebagai camilan. Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, dalam 100 gram anggur hanya mengandung 30 kalori.

Terlebih, anggur juga tinggi antioksidan resveratrol yang melawan efek radikal bebas dalam tubuh. Meski begitu, pastikan Anda mengonsumi buah ini secukupnya. Lebih baik lagi jika Anda mengimbangi asupan nutrisi dari berbagai jenis buah lainnya.

Mengobati Penyakit Kanker

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik

Satu di antara manfaat anggur adalah melindungi Anda dari risiko kanker. Kandungan polifenol yang terdapat pada buah anggur berfungsi sebagai antioksidan dan antiinflamasi. Satu di antara bentuk polifenol adalah resveratrol, yang kerap ditemukan pada anggur merah.

Resveratrol ini mampu menurunkan risiko tumor kelenjar getah bening, hati, payudara, kolon serta kanker kulit. Selain resveratrol, ada pula kuersetin yang dipercaya dapat menurunkan risiko pertumbuhan sel kanker.

Manfaat Untuk Ibu Hamil

freepik.com
Foto : freepik.com

Anggur mengandung gizi yang penting selama kehamilan yaitu vitamin C dan K, folat, antioksidan, serat, asam organik, dan pektin.

Kandungan gizi lainnya seperti zat besari dapat menghindari anemia selama kehamilan dan membantu menyeimbangkan sel darah merah (hemoglobin). Kandungan anggur lainnya yaitu flavonol, tanin, linalool, anthocyanin, dan geraniol membantu mencegah infeksi.

Untuk Calon Bayi

www.freepik.com/jcomp
Foto : www.freepik.com/jcomp

Anggur mengandung natrium alami untuk membantu perkembangan sistem saraf pada bayi. Kandungan vitamin B bisa membantu metabolisme ibu hamil yang diteruskan pada janin.

Mineral pada anggur bisa menstabilkan kolesterol ibu hamil dan memastikan anak yang belum lahir memiliki jantung sehat.

Meningkatkan Daya Memori Otak

www.freepik.com/atlascompany
Foto : www.freepik.com/atlascompany

Rutin konsumsi anggur ternyata dapat meningkatkan memori otak. Penelitian dilakukan selama 12 minggu pada 111 orang dewasa yang lebih tua yang sehat. Mereka konsumsi 250 mg suplemen anggur tiap hari.

Hasilnya, suplemen itu dapat meningkatkan memori dan bahasa dibanding orang dewasa yang minum 230 ml jus anggur. Jus anggur juga dapat meningkatkan ketrampilan yang berhubungan dengan memori setelah diminum 20 menit. Selain memori, resveratrol bisa meningkatkan suasana hati pada otak.

Mengatasi Sembelit

Pinterest
Foto : Pinterest

Sembelit saat kehamilan dapat terjadi akibat beberapa hal, termasuk perubahan hormon yang tak menentu hingga adanya tekanan dari rahim ke usus akibat pembesaran rahim saat hamil.

Manfaat anggur untuk ibu hamil selanjutnya ialah mengatasi sembelit, karena buah ini mengandung serat yang dapat melancarkan sistem pencernaan. Ditambah lagi, serat pada anggur dapat bertindak sebagai pencahar, untuk meredakan konstipasi.

Mendukung Perkembangan Janin

freepik.com
Foto : freepik.com

Kandungan vitamin B di buah anggur dapat membantu metabolisme janin yang sedang tumbuh. Selain itu, kandungan sodium di buah ini juga bisa mendukung perkembangan sistem saraf.

Vitamin A dan flavonol di anggur dapat menjaga kesehatan mata bayi. Sementara asam folat di buah ini bisa mengurangi risiko terjadinya cacat tabung saraf. (bbi)

Topik Terkait