img_title
Foto : Pexels/Agita Prasetyo

IntipSelebMakanan khas Maluku memiliki banyak khas dan variatif sehingga patut dimasukan ke dalam daftar cicipan yang harus kamu coba. Maluku sendiri merupakan salah satu provinsi yang meliputi bagian selatan Kepulauan Maluku, Indonesia.

Provinsi ini berbatasan dengan Laut Seram di Utara, Samudra Hindia dan Laut Arafura di Selatan, Papua di Timur, dan Sulawesi di Barat. Di mana ibu kota dari Maluku merupakan Ambon. Maluku sendiri terbagi menjadi Ibu kota dan kota terbesarnya ialah kota Ambon.

Sebagai salah satu bagian dari Indonesia, Maluku memiliki keragaman, mulai dari kebudayaan, agama, hingga hal-hal lainnya termasuk makanan. Siapa yang tak suka mencoba aneka ragam makanan yang tersebar di Nusantara ini. Salah satunya, kamu wajib mencoba memakan atau memasak makanan khas Maluku yang enak-enak loh.

Karena ibu kota dari Maluku adalah ambon, tak sedikit yang salah sangka jika bika ambon merupakan makanan khas Maluku. Namun nyatanya, bika ambon tak dapat disebut sebagai makanan khas Maluku, karena ia merupakan kue basah dari Sumatera Utara.

Lantas, apa sajakah makanan khas Maluku yang enak dan patut kamu nikmati? Penasaran? Jangan khawatir. IntipSeleb akan merangkum untuk kamu mengenai makanan khas Maluku yang wajib masuk ke dalam daftar makanan kamu. Tunggu apa lagi, yuk langsung aja simak artikel lengkapnya di bawah bersama IntipSeleb untuk mencari tahu makanan khas Maluku. Check it out friends!

Nasi Lapola

Nasi lapola merupakan makanan khas Maluku pertama yang harus kamu coba jika berkunjung ke sana atau ingin memasaknya. Nasi Lapola yang lezat telah menjadi makanan pokok sebagian masyarakatnya. Jika kamu ingin mencoba Nasi Lapola, kamu dapat memasaknya sendiri juga loh.

Bahan utama untuk membuatnya adalah beras, parutan kelapa muda, dan kacang tolo. Makanan khas Maluku ini dapat disantap bersamaan dengan lauk lain seperti kohu-kohu sebuah olahan ikan teri atau tongkol basah serta lalapan mentah.

Memasak berasnya harus menggunakan api kecil, agar hasilnya lebih bagus. Beras dimasak hingga setengah matang, dan ditambahkan pula kelapa parut yang sudah diberikan bumbu bawang putih, bawang merah, cabai merah, dan jeruk nipis. Sesudah itu, adonan nasi lapola dikukus sampai matang. Biasanya juga dinikmati dengan sambal colo-colo. Sambal khas dari Maluku dengan komposisi kecap, bawang merah, cabai rawit, dan tomat.

Ikan Bakar Dabu-Dabu

Selanjutnya terdapat makanan khas Maluku yang sangat populer yaitu Ikan bakar dabu-dabu. Rasanya yang asam dan pedas, membuat cita rasa yang unik di mana kamu dapat mencium wanginya yang segar dengan sedikit kuah yang berasal dari siraman sambal khas tersebut.

Sehingga dengan wangi dari dabu-dabu tersebut semakin menambah gurih pada ikannya. Rempahan yang begitu kuat, kamu wajib menjadikan ikan ini untuk di makan. Untuk ikannya sendiri, biasanya hanya dibumbui oleh garam kasar dan perasan jeruk nipis. Kombinasi yang membangkitkan selera makan kamu bukan?

Papeda

Makanan khas dari Maluku ini memiliki bahan dasa tepung sagu, lalu dimasak hingga terlihat seperti bubur. Teksturnya kental dan lengket, dengan warna putih serta rasanya tawar.

Sekilas penampilannya mirip lem kertas. Makanan khas dari Maluku ini biasanya disantap bersama ikan tongkol, yang sudah ditambahkan bumbu kunyit. Kandungan serat di dalam papeda sangat tinggi, tapi rendah kalori. Menurut sejarah, papeda terkenal luas dalam masyarakat adat Sentani dan Abrab di Danau Sentani dan Arso, juga Manokwari. Makanan kenyal ini sering dihidangkan saat acara-acara penting di wilayah Papua, Maluku, dan sekitarnya.

Sinole

Sinole merupakan salah satu makanan khas dari Maluku yang bentuknya seperti sosis, namun dari cita rasa menyajikan dominan manis. Karena makanan sinole ini terbuat dari bahan dasar tepung sagu, kelapa parut, dan garam. Sedangkan toping sausnya terbuat dari gula merah, santan dan maizena. Sebuah kombinasi unik yang lezat hingga menggetarkan lidah.

Sagu kaya akan kandungan karbohidrat dan rendah gula. Inilah alasan mengapa sagu sangat cocok untuk dijadikan menu pengganti nasi. Rasanya pun enak dan bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan.

Woku Komo-Komo

Makanan khas dari Maluku selanjutnya terbuat dari tepung, yang merupakan hasil olahan dari teras batang rumbia. Woku komo-komo sebenarnya lebih cocok sebagai lauk makanan pokok. Proses pembuatannya dengan merendam sagu di dalam air.

Supaya meningkatkan cita rasanya, digunakan rempah jahe, serai, bawang putih, yang ditumis bersamaan. Kemudian ditambahkan juga jeroan ikan dan air. Semuanya dimasak sampai terlihat matang. Lalu, bawang putih dan bawang merah ditumis sampai nampak kecoklatan. Selanjutnya, menambahkan irisan daun bawang, merica, garam, dan santan kental. Sesudah matang, sagunya didiamkan terlebih dahulu hingga dingin.

Jeroan ikannya dipotong-potong seperti bentuk dadu. Seterusnya jeroan ikan dan sagu yang sudah dipotong-potong dibungkus dengan daun woka. Tahapan terakhir adalah memanggang bungkusan daun woka tersebut menggunakan bara api. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba santapan lezat satu ini?

Bubur Sagu Ubi

Sebagai makanan dasar, sagu dapat diolah menjadi berbagai jenis. Termasuk bubur sagu ubi yang menjadi salah satu makanan khas dari Maluku. Cita rasa bubur ini manis, sehingga cocok kalau dijadikan menu berbuka puasa.

Camilan ini diolah dari kenari, ubi merah, dan campuran sagu lempengan. Sebagai penambah rasa, bubur ini ditambahkan daun pandan, gula pasir, dan gula merah. Proses membuatnya sama dengan woku komo-komo, karena sagu perlu direndam selama sejam hingga mengembang.

Lalu, sagu dipadukan dengan perasa alami dan kemudian dimasak sampai gula larut. Selanjutnya didihkan kembali air gulanya, menambahkan ubi merah, dan juga sagu yang lunak. Semua bahan ini dimasak sampai kental dan matang. Untuk menambah kenikmatannya, bubur ini disajikan dengan saus khusus yang berupa campuran daun pandan, kelapa parut, santan, garam, dan taburan kacang kenari.

Ikan Kuah Pala Banda

Berada di daerah yang dikelilingi laut, membuat banyak makanan khas dari Maluku berupa ikan-ikanan. Termasuk Ikan Kuah Pala Banda yang menjadi makanan khas dari Maluku wajib untuk kamu coba.

Seperti namanya, makanan ini berasal dari Kepulauan Banda di Maluku Tengah. Ikan Kuah Pala Banda dibuat dari bahan dasar ikan kakap atau ikan kerapu.

Terkenal juga sebagai penghasil rempah, dalam masakan ini kamu dapat menemukan rasa rempah yang kaya. Perpaduan rasa asam dan pedas menjadikan lidah ingin terus mencicipinya. Makanan satu ini disajikan untuk pejabat Belanda yang saat ini mudah untuk ditemukan. Rasanya makin menggoyang lidah jika dinikmati dengan sambal bakasang, ulang ulang dan nasi hangat.

Itulah deretan makanan khas dari kepulauan yang kaya akan rempah-rempah. Pastikan jika kamu mengunjungi Maluku, harus mencoba rekomendasi makanan di atas. Jangan sampai kelewatan untuk mencoba berbagai makanan cita rasa khas Nusantara. (Cy)

Topik Terkait