img_title
Foto : Pinterest/http://mochachocolatarita.blogspot.com/

IntipSelebResep mie ayam untuk pemula wajib kamu baca step by step di artikel ini. Mie ayam merupakan jajanan yang identik dengan kaki lima. Namun soal rasa, siapa yang rasanya tidak menyempatkan waktu untuk jajan mie ayam.

Mie ayam memiliki rasa yang lezat dan membuat terngiang-ngiang di pikiran. Terbuat dari bahan utama mie yang direbus dan dicampur dengan kecap beserta daging ayam, rasanya begitu khas ketika masuk ke dalam mulut. Dari segi harga pun, mie ayam tergolong makanan yang cukup terjangkau.

Mie ayam pun semakin variatif, di mana bisa kamu lihat dalam media sosial yang kini banyak menjual mie ayam. Tak hanya itu, mie ayam yang legendaris pun juga bertebaran di segala penjuru daerah.

Namun kadang kala, ada waktunya kamu ingin mencoba sendiri bukan untuk membuat mie ayam. Sehingga resep mie ayam pun kamu butuhkan sebagai panduan agar yang dibuat dapat terasa pas dan lezat. Resep mie ayam banyak yang mudah untuk diikuti pemula. Mulai dari resep mie ayam bangka, resep mie ayam abang-abang, resep mie ayam shirataki, dan resep mie ayam lainnya.

Lantas, resep mie ayam apa yang akan kamu buat kali ini? Penasaran? Jangan khawatir. IntipSeleb akan merangkum berbagai resep mie ayam lezat, simpel, dan tentunya mudah diikuti. Tunggu apa lagi, langsung aja ke bawah untuk resep mie ayam lengkapnya. Check it out bestie!

Resep Mie Ayam Bangka

Bahan-bahan:
- 1 kg bakmi yang sudah siap rebus.
- 250 gr daging ayam cincang.
- 100 gr jamur cincang.
- 2 siung bawang putih, cincang halus.
- 2 sdm saus tiram.
- 2 sdm kecap asin.
- 1 sdm kecap manis.
- ½ sdt merica bubuk.
- 1 sdt garam.
- 2 sdm minyak sayur.
- ½ sdt minyak wijen.
- 15 ml air.
- Sawi hijau secukupnya
- Tauge besar secukupnya.
- 2 sdm kecap asin.
- 1 sdm kecap manis.
- ½ sdt merica bubuk.
- 1 sdt garam.
- 2 sdm minyak sayur.

Cara memasak serta penyajian:

- Pertama, cincang daging ayam fillet secara kasar ataupun sembarang kecil-kecil, lalu sisihkan. Kemudian cincang dan iris bawang putih, jahe, dan daun bawang menjadi potongan dan irisan kecil, lalu sisihkan.

- Siapkan wajan kemudian nyalakan kompor dan tuangkan minyak sambil memanaskan. Lalu masukkan bahan-bahan yang tadi telah dicincang ataupun disisihkan tersebut ke dalam wajan. Tumis dan campur merata hingga wangi serta berubah warna. Setelah itu, tuangkan saos tiram, kecap asin, kecap manis, garam, gula, dan merica. Dicampurkan secara merata. Jangan lupa tambahkan air, daun bawang, minyak sayur, dan minyak wijen agar semakin menambah cita rasa. Aduk hingga merata, jika sudah matang, maka disisihkan.

- Kemudian masak kuah kaldu untuk bakmi Bangka. Siapkan panci dan isi dengan air, lalu panaskan. Kemudian masukkan kaldu ayam beserta garam, gula, dan merica. Masak hingga mendidih. Agar kuah kaldu semakin terasa nikmat, kamu dapat menambahkan daun bawang dan seledri ke dalam kuah kaldu Bakmi Bangka. Namun jika tidak sesuai preferensi kamu, maka tak apa bila dilewatkan. Jika sudah matang, maka matikan api.

- Jika ingin menikmati bakmi Bangka segera, maka waktunya untuk merebus mie. Caranya cukup merebus mie dan sawi dalam air mendidih hingga Bakmi tercerai berai. Lalu, angkat dan tiriskan.

- Siapkan mangkuk, racik bumbu bakmi bangka yakni minyak ayam dan kecap asin. Letakkan bakmi bangka dan sawi di dalam mangkuk. Aduk hingga tercampur secara merata. Kemudian tambahkan tumisan daging ayam, daun bawang, bawang goreng, tauge, dan kuah kaldu bakmi bangka.
- Bakmi bangka pun siap disajikan!

Mie Ayam Abang-abang

Bahan-bahan:
- 2 butir bawang merah.
- 3 siung bawang putih.
- 1 siung bawang bombay.
- 2 sdm ketumbar halus.
- 3 butir kemiri.
- Seruas kunyit.
- Seruas jahe.
- Gula merah secukupnya.
- 3 sdm tepung maizena.
- 3 batang daun bawang, potong-potong.
- 1 batang serai, digeprek.
- 2 lembar daun salam.
- 2 lembar daun jeruk purut.
- 3 sdm kecap manis.
- Garam secukupnya.
- ½ liter air.
- ½ sdt merica bubuk.
- 1 sdt garam.
- 2 sdm minyak sayur.

Cara memasak serta penyajian:

- Pertama, rebus daging ayam dengan air sampai mendidih kemudian jika sudah matang ayam di angkat lalu sisihkan. Ambil daging ayam yang sudah direbus bersama kuah kaldu tadi, lalu potong kotak-kotak. Tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk, dan serai. Masukkan potongan daging ayam, tambahkan kecap, garam dan air. Tambahkan tepung maizena yang sudah dicairkan sehingga kuah menjadi kental. Masukkan potongan daun bawang. Koreksi rasa. Masak sampai ayam empuk dan bumbu meresap.

- Kemudian isi panci dengan air panas. Tambahkan minyak sayur, garam, gula, ketumbar, dan bawang putih yang sudah dihaluskan. Masak sampai mendidih dan untuk kaldu ayam siap digunakan. Rebus mie yang sudah dipersiapkan. Lalu siapkan mangkuk, racik bumbu yakni minyak ayam dan kecap asin. Letakkan bakmi dan sawi di dalam mangkuk. Aduk hingga tercampur secara merata. Kemudian tambahkan tumisan daging ayam dan kuah.

- Bakmi ayam abang-abang pun siap disantap!

Mie Ayam Shirataki (Cocok Untuk Diet)

Bahan-bahan:

- Mie shirataki.
- 200 gr dada ayam.
- 3 siung bawang putih.
- 2 butir kemiri.
- 1 sdt garam.
- Batang daun bawang secukupnya dipotong-potong.
- 1 sdm kecap manis low kalori.
- 15 ml air.
- Minyak zaitun.

Cara memasak serta penyajian:

- Pertama, rebus shirataki sampai matang dan empuk lalu tiriskan. Haluskan bawang putih dan kemiri kemudian tumis hingga harum dengan minyak zaitun. Tambahkan potongan daun bawang, masukkan ayam. Beri air hingga ayam terendam lalu tutup, masak hingga air menyusut.

- Masukkan garam dan kecap. Kemudian rebus sayur-sayur yang ada hingga empuk dikunyah.

- Kemudian jika semua dirasa sudah matang, mulai tata sayuran dan mie, kemudian tambahkan toppingan ayam (kuah mie bisa di tambahkan dari kuah rebusan topping ayam tak perlu dikaldu).

- Mie ayam shirataki pun siap disajikan!

Itulah deretan resep untuk membuat mie ayam. Kamu dapat memasaknya sesuai dengan preferensi kamu. Ingat, jika ini pertama kali bagi kamu maka tak perlu khawatir jika gagal. Karena jika kamu tak pernah mencoba maka tidak akan pernah tahu seberapa enak masakan kamu. Terlebih resep di atas mudah diikuti oleh para pemula. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya teman-teman IntipSeleb!

Topik Terkait