img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya Hidup – Sejumlah manfaat buah alpukat bagi kesehatan tubuh dan dijadikan obat kecantikan wajah hingga dijuluki sebagai buah sejuta manfaat. Alpukat merupakan buah enak yang banyak dicari orang, namun tak pernah tahu akan kandungan manfaat didalamnya yang begitu luar biasa. Biasanya orang membeli alpukat untuk dikonsumsi langsung baik di jus, atau dicampurkan dengan salad buah.

Siapa yang tidak mengenal buah alpukat, buah yang mempunyai tekstur daging yang empuk ini biasanya kita temui di pedagang es di pinggir jalan raya. Tak disangka buah yang mempunyai sumber serat yang cukup tinggi ini, menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan. Selain dapat dikonsumsi secara langsung, sebenarnya buah ini jauh lebih enak jika dikonsumsi dengan dibuat jus terlebih dahulu, atau juga dapat dibuat sebagai bahan utama pembuatan es krim. Pasti terbayang kenikmatan es krim dari buah alpukat ini.

Buah alpukat mengandung kandungan vitamin C dan E yang baik untuk kulit; vitamin C baik untuk mencerahkan kulit dan vitamin E untuk kesehatan kulit. Banyak yang mengira bahwa alpukat mengandung kandungan lemak yang bisa menyebabkan wajah berjerawat

Padahal, kandungan lemak pada alpukat adalah lemak sehat, seperti minyak zaitun dan bebas dari kolesterol. Alpukat termasuk buah yang istimewa karena mengandung lemak 20-30 kali lebih banyak dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Kandungan lemak ini dapat memberikan energi yang cukup ketika dikonsumsi. Jenis lemak yang dikandungnya adalah lemak tak jenuh tunggal yaitu asam oleat tunggal yang bersifat antioksidan kuat, yang kebetulan mudah dicerna dan berguna bagi tubuh.

Menelisik kebaikan buah alpukat, rasanya sulit menemukan titik akhirnya. Pasalnya, buah berbentuk lonjong dengan rasa unik ini, memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan, bahkan untuk kecantikan. Hampir semua orang tahu dan menyukai buah yang satu ini. Selain rasanya lezat dan enak, buah alpukat juga memiliki segudang manfaat kesehatan untuk tubuh kita.

Alpukat atau yang biasa disebut dengan avocado, merupakan salah satu buah yang berdaging tebal serta memiliki satu biji dengan ukuran cukup besar. Buah ini mengandung berbagai nutrisi alami yang mampu membuat tubuh ataupun kulit menjadi lebih sehat.

Beragam khasiat dari buah alpukat ini bisa didapatkan, ketika seseorang mengonsumsinya dalam bentuk segar ataupun sebagai jus. Alpukat merupakan buah musiman, yang sering dimanfaatkan dalam dunia kesehatan. Alpukat merupakan buah musiman yang sering dimanfaatkan dalam dunia kesehatan dan juga kecantikan.

Hal tersebut karena berbagai kandungan senyawa alami di dalam buah alpukat, ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan. Bahkan beberapa kalangan lebih memilih untuk melakukan perawatan kulit dengan menggunakan buah alpukat. Beragam kegunaan buah alpukat kini semakin dikenal banyak orang, sehingga tidak heran jika buah ini semakin dicari-cari.

Buah alpukat juga mengandung serat yang tinggi, sehingga cocok untuk dijadikan sebagai menu harian bagi orang yang sedang menjalankan program diet. Untuk diet alpukat bisa dikonsumsi tanpa campuran bahan apapun, jadi tidak perlu ditambahkan gula. Serat tinggi di dalam buah ini mampu membuat perut tetap terasa kenyang, sehingga bisa menekan nafsu makan yang berlebih.

Langsung saja kita intip kira-kira apa saja manfaat buah alpukat untuk kesehatan tubuh dan wajah, yuk simak artikel berikut ini.

1. Menurunkan Kolesterol Jahat

Pinterest
Foto : Pinterest

Sebuah studi membuktikan jika buah alpukat ini mampu menurunkan kolesterol jahat di dalam darah. Bagi anda yang mengalami masalah kolesterol, alangkah lebih baiknya jika mengkonsumsi buah ini dalam waktu sering. Untuk cara mengkonsumsinya bisa dalam kondisi tawar, ataupun mencampurnya dengan madu murni. Sementara madu dan alpukat memiliki nutrisi yang alami dan menyehatkan, sehingga akan membantu dalam penurunan kolesterol. Dengan demikian jantung anda akan tetap dalam kondisi sehat.

2. Menjaga Kesehatan Mata

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik

Di dalam buah alpukat mengandung zat lutein yang cukup tinggi, dibandingkan dengan buah lainnya. Lutein ini merupakan bagian dari karotenoid yang secara alami diproduksi di dalam kloroplas dan chromoplast tanaman. Dimana lutein ini akan meningkatkan daya penglihatan serta menjaga kesehatan mata menjadi lebih baik.

Dari banyaknya kandungan nutrisi yang dimiliki buah alpukat, salah satu kandungan baiknya ialah carotenoid lutein. Kandungan ini dipercaya ampuh melindungi mata agar tetap sehat. Selain itu, kebaikan dari nutrisi ini juga bisa mencegah mata dari ancaman pengurangan fungsi penglihatan dan gangguan mata seperti katarak.

3. Mencegah Kanker

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik

Di dalam buah alpukat mengandung senyawa alami yang mampu menghancurkan sel-sel kanker di dalam tubuh. Senyawa alami ini, akan menghancurkan sel kanker tanpa mengganggu fungsi sel-sel di dalam tubuh lainnya.

Mengkonsumsi alpukat juga dapat mengurangi resiko anda terkena penyakit kanker, dikarenakan kandungan serat dan vitaminnya, yang membuat tubuh anda agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit, khususnya kanker.

4. Menghaluskan Kulit

Freepik
Foto : Freepik

Terganggu dengan kulit wajah yang kering dan kusam? Cobalah perbaiki dengan memanfaatkan kebaikan dari buah alpukat. Karena, kandungan dalam alpukat dipercaya mampu meremajakan kulit dengan cara mengangkat sel kulit mati, serta membantu proses regenerasi kulit.

Selain dengan cara meminum jus alpukat, Anda juga bisa menggunakan minyak esensial alpukat yang dioleskan pada permukaan wajah, sehingga manfaatnya bisa terasa langsung oleh kulit Anda.

5. Membuat Rambut Berkilau

www.freepik.com/jcomp
Foto : www.freepik.com/jcomp

Banyak wanita yang kehilangan rasa percaya dirinya karena rambut kusam dan tidak berkilau. Untuk itu, daripada mengeluarkan kocek untuk menjalani perawatan mahal di salon, Anda bisa menggunakan alpukat, sebagai bahan alami pengembali kilau rambut.

Caranya, cukup ambil alpukat ukuran sedang dan hancurkan hingga bertekstur lembut, tambahkan kuning telur dan satu sendok teh minyak zaitun, lalu bubuhkan pada seluruh bagian rambut. Tunggu selama 1 setengah jam, lalu bilas dengan air. Lakukan secara rutin, agar rambut Anda kembali bersinar dalam waktu dekat.

6. Mengatasi Jerawat

freepik.com
Foto : freepik.com

Dengan kandungan yang sehebat itu, alpukat sering digunakan untuk mengobati jerawat. Cara memanfaatkan alpukat untuk wajah berjerawat sangat mudah. Cukup dengan menghaluskan alpukat hingga membentuk bubur, ambil secukupnya, lalu oleskan di wajah sebagai masker hingga merata.

Tunggulah sekitar 15-30 menit, lalu basuh dengan air dingin. Lakukan teratur 1-3 kali dalam satu minggu. Jangan lupa untuk selalu membersihkan wajah secara teratur setiap hari dan menghindari makanan fast food atau junk food, karena makanan tersebut mengandung kolesterol dan minyak jahat.

7. Mencegah Serangan Jantung

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik

Menurut para ahli, alpukat merupakan salah satu buah yang baik untuk kesehatan jantung anda. Ini di karenakan buah alpukat mengandung asam lemak tak jenuh tunggal, folat, vitamin e, kalium, pitosterol dan juga mengandung sumber serat penting yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung anda.

8. Membantu Program Diet

www.freepik.com/jcomp
Foto : www.freepik.com/jcomp

Buah alpukat mengandung serat dan karbohidrat, sehingga mengonsumsinya bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Meski mengandung lemak, tetapi buah alpukat tidak mengakibatkan kenaikan berat badan karena lemak yang terkandung dalam buah ini adalah lemak baik.

Ini karena kandungan kalori dalam buah alpukat yang bisa dikatakan cukup tinggi, antara 150 sampai 200 kalori pada satu buahnya. Tak hanya itu, guna membantu mendapatkan berat badan ideal, kamu juga disarankan untuk berolahraga secara rutin selain mengonsumsi buah alpukat.

Topik Terkait