img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya Hidup – Berbagai manfaat buah nanas bagi kesehatan tubuh khususnya wanita, hingga bisa dijadikan sebagai obat dari penyakit autoimun. Autoimun merupakan sebuah virus yang menyerang kekebalan tubuh manusia, hal ini terjadi ke beberapa pesohor selebriti Tanah Air sepertu Ashanty dan pedangdut Cita Citata.

Manfaat buah nanas bagi kesehatan tubuh manusia memang sudah tak diragukan lagi. Terkenal dengan buah yang memiliki mahkota dan berduri di bagian luarnya, namun ternyata nanas memiliki segudang manfaat dan menjadi obat berbagai macam penyakit. Tak hanya itu, buah nanas banyak dijumpai di seluruh pelosok Indonesia dan sering dikonsumsi sebagai campuran rujak, salad buah, atau dibuat jus nanas.

Buah nanas memiliki nama latin Ananas comosus. Buah ini diyakini berasal dari negara tropis, yaitu Brasil, Bolivia, dan juga Paraguay. Tumbuhan ini dari keluarga nanas-nanasan, serta merupakan salah satu buah tropis yang tumbuh dengan baik di Indonesia.

Nanas, biasa disajikan untuk camilan segar di kala panas. Rasa asam bercampur manis daging buahnya, juga cocok sebagai pencuci mulut setelah makan. Namun, selain bagian daging buahnya,bagian batang nanas juga memiliki khasiat, yang belum diketahui banyak orang.

Jadi Anda yang biasa membuang bagian batang dari nanas, mungkin harus berpikir ulang setelah membaca artikel ini. Bagian batang, dari atas hingga bagian tengah buah nanas, ternyata memiliki khasiat luar biasa yang dapat menyehatkan tubuh.

Hal tersebut karena dalam bagian batang nanas, terkandung senyawa bernama Bromelain, enzim protease yang termasuk dalam keluarga tanaman Bromeliaceae. Kandungan dari Bromelain, dipercaya bisa menjadi zat anti kanker. Selain bermanfaat untuk kanker, bromelain juga berkasiat untuk menyembuhkan beberapa gejala penyakit, seperti jantung, rematik, gangguan pernapasan, hingga menyembuhkan bekas luka.

Semua wanita dan anak perempuan di seluruh dunia, tentu ingin tetap fit dan sehat. Makan buah-buahan segar adalah salah satu cara terbaik untuk mempertahankan bentuk tubuh yang sehat. Nanas merupakan salah satu buah yang merupakan buah yang dan juicy, segar, lezat, bergizi dan manis semua pada waktu yang sama. Selain memiliki rasa yang lezat, buah nanas juga memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya.

Ya, ternyata makan nanas adalah cara alami untuk menjaga gusi Anda, agar tetap sehat dan kuat. Hal ini pada akhirnya, membantu untuk menjaga gigi Anda tetap kuat. Makan nanas adalah cara yang sederhana dan lezat untuk memiliki gusi yang kuat.

Salah satu buah yang memiliki kadar vitamin C paling tinggi adalah nanas. Nanas merupakan buah bervitamin yang bisa tumbuh di daerah tropis. Awalnya buah nanas berasal dari Negara Brasil yang memiliki iklim tropis, berhubung iklim di Brasil tidak jauh berbeda dengan di Indonesia, maka buah ini bisa dibudidayakan di negara Indonesia.

Buah nanas mengandung vitamin A dan Vitamin C yang menyehatkan, tak jarang buah ini juga dapat digunakan sebagai obat herbal. Buah nanas mengandung antioksidan tinggi yang baik untuk kesehatan tubuh. Nanas menjadi buah yang kaya manfaat untuk tubuh.

Salah satunya nanas membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi pada nanas berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh manusia. Tak hanya itu, zat asam amino yang cukup banyak pada buah ini membantu menjaga tubuh agar tak mudah merasakan kelelahan

Salah satu hal yang mesti dilakukan orang setiap hari adalah mengonsumsi buah-buahan yang dijadikan menu sehari-hari. Di antara sekian banyak buah, nanas merupakan buah yang kaya manfaat untuk kesehatan. Untuk mendapatkan manfaat sehat dari nanas, Anda dapat memakannya secara langsung atau bisa pula diolah menjadi minuman jus.

Nanas mempunyai unsur fitonutrien yang bisa menambah kesuburan. Di samping itu, kandungan ini pun bisa mencegah terjadinya peradangan dan penyakit kardiovaskular. Riset sebelumnya menyatakan bahwa bromelain dapat menyembuhkan luka dengan cepat, membuat rileks otot, dan mencegah metastasis paru-paru. Manfaat tambahan dari enzim pada nanas adalah dapat mengobati arthtritis, infeksi sinus dan autoimun.

Konsumsi buah pada makanan sehari-hari adalah hal yang wajib dilakukan setiap hari. Satu buah yang memiliki manfaat kesehatan yang melimpah adalah nanas. Untuk mendapatkan manfaat sehat nanas ini, Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung atau juga mengolahnya menjadi minuman. Manfaat lain dari enzim dalam nanas dapat mengatasi radang sendi, penyakit autoimun, dan infeksi sinus. Nanas mengandung banyak nutrisi sehingga sangat cocok untuk kesehatan.

Ada banyak manfaat nanas yang dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari konsumsi nanas, chek it out!

1. Cegah Penyakit Autoimun

Pinterest
Foto : Pinterest

Air nanas mengandung vitamin C, nutrisi penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. Bila Anda meminumnya pada waktu perut kosong, ini mengurangi risiko infeksi virus dan penyakit lain yang terkait dengan virus, bakteri, dan jamur. Dengan mengkonsumsi buah nanas, kekebalan tubuh kita yang terkena dan terpapar virus autoimun, akan sedikit membaik dan imun kita menjadi lebih naik sehingga mampu melawan penyebaran virus yang meluas.

Kandungan nutrisi dalam satu porsi nanas memiliki lebih dari 130% kebutuhan vitamin C setiap hari bagi manusia. Hal ini menjadikannya salah satu sumber asam askorbat terkaya dan paling lezat. Vitamin C dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan merangsang aktivitas sel darah putih dan bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi efek berbahaya dari radikal bebas.

2. Meningkatkan Kesuburan

www.freepik.com/pikisuperstar
Foto : www.freepik.com/pikisuperstar

Nanas mengandung banyak mineral, seperti zinc, tembaga, beta karoten, dan folat yang akan membantu kita memiliki sistem reproduksi yang sehat. Rutin memakan nanas secara langsung atau meminumnya dalam bentuk jus dapat meningkatkan peluang kehamilan Anda.

Nah untuk kalian pasangan yang baru saja menikah dan tengah mengidam-idamkan kehamilan, alangkah baiknya mencoba mengkonsumsi buah nanas secara teratur baik jus ataupun di makan langsung. Agar hormon cepat terangsang sehingga membuat Anda cepat hamil.

3. Mencegah Penyakit Jantung

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik

Vitamin C dalam nanas akan mencegah oksidasi kolesterol, sehingga mencegahnya berubah menjadi plak penyumbatan arteri. Nanas juga sarat dengan kalium, mineral yang membantu menyeimbangkan jumlah air yang disimpan tubuh.

Terlalu banyak natrium dan tidak cukup kalium dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Jadi, mengonsumsi nanas yang kaya kalium adalah cara terbaik untuk memastikan elektrolit seimbang.

4. Meredakan Nyeri Haid

pexels.com
Foto : pexels.com

Buah nanas juga bermanfaat bagi perempuan yang sedang haid. Buah nanas dipercaya memiliki manfaat salah satunya untuk meredakan nyeri menstruasi. Rasa nyeri ini mungkin umum dirasakan setiap perempuan, dan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Kandungan mangan yang ada di dalam nanas ternyata bermanfaat untuk wanita yang sedang haid. Perempuan yang sedang mentruasi biasanya terjadi penuruan kadar mangan di tubuhnya. Dengan konsumsi nanas kadar mangan bisa cepat kembali normal dan nyeri serta keluhan lain saat haid bisa terobati. Bisa dikonsumsi langsung atau dibuat jus agar lebih segar.

5. Menjaga Gusi dan Gigi

pinterest.com
Foto : pinterest.com

Berkat kandungan vitamin C-nya yang tinggi, manfaat nanas berguna untuk kesehatan gigi dan gusi kamu. Hanya makan irisan nanas akan menjaga gigi dan gusi yang sehat, lho. Selain itu, nanas juga bisa membantu membuat gigi kamu terlihat lebih putih dan menghilangkan plak, terutama yang disebabkan oleh enzim yang disebut bromelain.

Topik Terkait