img_title
Foto : Pexels/monicore

IntipSelebManfaat daun kemangi rupanya sangat banyak untuk tubuh. Kamu pasti sering menemukan daun kemangi untuk bahan masakan ataupun berada di lalapan bukan? Sehingga jangan lupa untuk rasakan manfaat daun kemangi tersebut.

Daun kemangi adalah salah satu tumbuhan yang masuk dalam keluarga mint. Daun kemangi atau ocimum basilicum berperan dalam banyak masakan Mediterania, dan khususnya Italia. Masakan Asia Tenggara pun tak ketinggalan termasuk Indonesia, Thailand, dan Vietnam juga menyajikan daun kemangi sebagai campuran masakan.

Jika di Vietnam, manfaat daun kemangi sebagai penampah wewangian dalam kuah sajian pho sehingga menambah aroma yang khas dan semakin lezat untuk dinikmati. Selain sebagai penambah rasa yang khas dan wangi, ternyata ada banyak manfaat daun kemangi untuk kesehatan. Bahkan termasuk untuk ibu hamil, pria, dan wanita.

Dalam 1 sendok makan daun kemangi segar memiliki berat sekitar 2,6 g, yang mencatat beberapa kandungan nutrisi penting di dalamnya yang berfungsi sebagai manfaat daun kemangi dengan perhitungan mikrogram (mcg), yaitu:

- Kalsium (mg): 4,6/1.000–1.300.
- Vitamin A (mcg, RAE): 6,9/700–900.
- Beta karoten (mcg): 81,7.
- Beta cryptoxanthin (mcg): 1,2.
- Lutein dan zeaxanthin (mcg): 147,0.
- Vitamin K (mcg): 10,8/75–120.
- 0,4 gram abu.
- 13 mg kalsium.

Selain nutrisi yang disebutkan, manfaat daun kemangi juga termasuk vitamin B, jejak zat besi dan mineral lainnya, dan berbagai antioksidan tambahan. Berkat kandungan yang dimilikinya, manfaat daun kemangi untuk kesehatan akan dirasakan bagi orang yang mengonsumsinya secara rutin.

Lantas, apa saja manfaat daun kemangi yang bagus untuk kamu? Penasaran? Jangan khawatir. IntipSeleb akan merangkum berbagai sumber untuk menginformasikan kamu mengenai manfaat daun kemangi. Yuk langsung cek ke bawah untuk tahu selengkapnya manfaat daun kemangi. Check it out!

1. Membantu menyehatkan otak

Mengonsumsi daun kemangi rupanya dapat membantu pencegahan degradasi kognitif. Penurunan kemampuan kognitif telah menjadi masalah besar bagi para lansia saat ini. Terdapat sebuah penelitian yang menyatakan jika daun kemangi mengandung mineral seperti mangan, yang dapat meningkatkan aktivitas pemancar elektronik di otak.

Hal ini dikaitkan dengan refleks mental dan dapat membantu merangsang pikiran serta meningkatkan fungsinya. Metabolisme glycosylceramides juga terkait dengan refleks otak. Glycosylceramides juga dikenal sebagai Sphingolipids, yang pada dasarnya adalah molekul yang bertindak sebagai perisai pelindung untuk otak. Perisai ini melindungi otak dari stres radikal bebas dan oksidatif.

2. Dapat Mengurangi Stres Oksidatif

Antioksidan sangat penting untuk menghilangkan radikal bebas dari tubuh. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang berkembang sebagai hasil metabolisme dan proses alami lainnya. Hal tersebut bisa terbentuk akibat merokok dan beberapa pilihan makanan yang tidak sehat.

Antioksidan adalah senyawa yang membantu menghilangkan molekul ini dari tubuh. Jika menumpuk, stres oksidatif dapat terjadi yang mengakibatkan kerusakan sel dan beberapa penyakit.

3. Membantu Perlindungan Kulit dari Penuaan

Manfaat dari daun kemangi lainnya ialah, memiliki khasiat yang dapat membantu melindungi kulit dari beberapa efek penuaan. Dalam sebuah penelitian, para ilmuwan menerapkan ekstrak daun kemangi ke model kulit laboratorium.

Hasilnya, ekstrak daun kemangi meningkatkan hidrasi kulit dan mengurangi kekasaran dan kerutan. Antioksidan dalam daun kemangi mungkin memiliki efek perlindungan jika seseorang mengonsumsinya sebagai bagian dari makanan yang bervariasi.

4. Melawan Radikal Bebas

Manfaat dari daun kemangi lainnya adalah daun tersebut mengandung berbagai antioksidan alami, yang dapat membantu melindungi jaringan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Radikal bebas adalah atom yang tidak stabil. Untuk menjadi stabil, mereka mengambil elektron dari atom lain dan membentuk rantai. Rantai radikal bebas ini menyebabkan stres oksidatif pada tubuh dan menyebabkan lebih banyak kerusakan pada sel.

Untuk mengurangi stres oksidatif dalam tubuh, seseorang harus menambah asupan antioksidan. Basil mengandung dua antioksidan flavonoid penting yang larut dalam air, yang dikenal sebagai orientin dan viceninare. Antioksidan kuat ini memperkuat sistem kekebalan, melindungi struktur sel, DNA, dan menunda efek penuaan kulit.

5. Membantu Peningkatkan Kesehatan Mental

Stress mental bisa memicu produksi radikal bebas di dalam tubuh. Oleh karena itu, daun kemangi dapat meredakan stres, kecemasan, dan depresi. Kemudian dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan bernalar. Tak hanya itu, daun kemangi juga mencegah kehilangan memori terkait usia. Bahkan dapat memperbaiki masalah tidur dan seks terkait stres.

6. Melawan Kanker

Manfaat daun kemangi lainnya dapat mencegah penyakit kanker. Adanya kesimpulan bahwa fitokimia dalam daun kemangi ternyata dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker kulit, hati, mulut, dan paru-paru. Daun kemangi dapat meningkatkan aktivitas antioksidan, mengubah ekspresi gen, memicu kematian sel, dan memperlambat pembelahan sel.

Namun, studi mengenai ini masih bersifat praklinis atau dilakukan pada hewan. Sehingga ntuk memastikan efeknya pada manusia, tentunya membutuhkan penelitian lebih lanjut.

7. Memerangi Infeksi

Berbagai pengobatan tradisional telah menggunakan daun kemangi sebagai agen antimikroba, dan beberapa penelitian ilmiah mendukung penggunaannya. Sehingga terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan manfaat dari daun kemangi saat diolah menjadi minyak.

Hasilnya, mengoleskan daun kemangi dapat melawan bakteri. Salah satunya melawan Escherichia coli atau bakteri E coli, yang merupakan bakteri yang berasal dari penderita infeksi saluran pernapasan, perut, kencing, atau kulit, serta dari peralatan rumah sakit.

8. Menurunkan Gula Darah Tinggi

Daun kemangi sering ditemukan dalam pengobatan tradisional. Umumnya merekomendasikan daun kemangi untuk membantu mengatur kadar gula darah. Terdapat sebuah studi pada tikus yang ditemukan bahwa ekstrak daun kemangi dapat membantu menurunkan kadar gula darah yang tinggi.

Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa manfaat dari daun kemangi lainnya juga dapat membantu mengobati efek gula darah tinggi jangka panjang. Jika penyelidikan lebih lanjut mengkonfirmasi temuan tersebut, ekstrak daun kemangi terbukti berguna untuk penderita diabetes.

9. Menambah Stamina

Salah satu manfaat yang jarang diketahui, daun kemangi berkhasiat untuk menambah stamina dan menghilangkan kelelahan. Selain itu juga digunakan untuk mengobati migrain, demam, depresi, dan insomnia. Kandungan kimia daun kemangi diantaranya adalah eugenol, sineol, metilkhavikol, protein, dan kalsium.

10. Membantu Menambah Kesehatan Rahim

Disebutkan bahwa wanita juga dapat merasakan manfaatnya, terlebih untuk kesehatan rahim. Daun yang disebut juga sebagai lemon basil ini dapat merangsang pertumbuhan hormon estrogen, mengobati penyakit keputihan, dan jamur. Khasiat lainnya ialah merangsang pematangan sel telur untuk menambah kesuburan, dan mengurangi sekresi cairan.

Cara Pengelolaan Daun Kemangi Untuk Dikonsumsi:

- Pertama, ambil segenggam daun kemangi yang masih segar, kemudian blender.
- Kedua, masukkan ramuan ke dalam gelas dan tambahkan air panas.
- Ketiga, tunggu hingga air terasa hangat, tambahkan satu sendok madu dan aduk hingga merata.
- Keempat, minum jus hangat daun kemangi sehari sekali. Jika tidak menyukai rasanya, ramuan ini bisa dicampurkan dengan makanan lain. Misalnya mengurangi takaran air panas dan dijadikan selai yang dioleskan pada roti. (jra)

Topik Terkait