img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya HidupManfaat daun salam bagi kesehatan yang paling mengesankan antara lain kemampuannya untuk mendetoksifikasi tubuh, memperlambat proses penuaan, mempercepat penyembuhan luka, melindungi tubuh dari infeksi bakteri, mengelola diabetes, meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi peradangan, meredakan masalah pernapasan, mengoptimalkan pencernaan, dan mencegah jenis kanker tertentu.

Daun salam adalah tumbuhan yang sering digunakan untuk kuliner India. Dari sisi kesehatan, ia juga berguna untuk mengobati beberapa penyakit, antijamur, antiinflamasi, selain itu kaya antioksidan dan flavonoid.

Anda yang gemar dengan masakan Indonesia pasti mengenal nama daun salam. Daun ini biasanya digunakan untuk menambah citarasa makanan seperti sambal, kari, dan sebagainya.

Namun, ternyata daun salam juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Sebagian besar orang akan membuang daun salam ketika menikmati kari. Padahal, daun tersebut dapat memberi manfaat kesehatan bagi tubuh jika dimakan.

Daun salam sudah tidak asing lagi di kalangan para ibu-ibu Indonesia. Tanaman salam merupakan penghasil rempah yang umumnya digunakan dalam masakan dan campuran herba tradisional. Di antara manfaat air rebusan daun salam untuk menyembuhkan berbagai penyakit umum, termasuk sakit kronis

Daun salam dalam bahasa latin disebut Syzygium Polyanthum, perdagangan luar negeri kerap menyebutnya Bay-leaf ataupun Indonesian Laurel. Para orangtua kita telah menggunakan daun salam sebagai masakan, dan beberapa di antaranya memanfaatkannya sebagai obat tradisional.

Tinggi tanaman berkisar 30 meter, kulit batang berwarna cokelat abu-abu, memecah atau bersisik. Daun tunggal terletak berhadapan, memiliki tangkai 12 mm. Bentuk daun jorong-lonjong, lanset, gundul, dan terdapat 6 hingga 11 urat daun sekunder. Juga ditandai dengan bintik kelenjar minyak yang sangat halus.

Daun salam sangat mudah didapatkan di Indonesia, daun ini memang snagat populer dijadikan sebagai penyedap makanan Indonesia. Namun, daun salam ternyata tidak hanya berguna untuk menyedapkan makanan saja. Daun salam juga bisa digunakan sebagai obat tradisional

Caranya pun sangat mudah, Anda hanya tinggal meminum rebusan daun salam saja untuk mendapatkan manfaatnya. Nah, mungkin Anda penasaran, penyakit apa saja yang bisa disembuhkan oleh rebusan daun salam?

Kandungan mineral pada daun salam, ternyata sangat berguna untuk mengobati masalah persendian yang diakibatkan asam urat. Anda bisa menyembuhkan asam urat dengan cepat dengan menggunakan rebusan daun salam.

Selama ini Daun salam seringkali dijadikan salah satu pelengkap bumbu masakan. Daun satu ini memang memiliki aroma khas yang bisa mengharumkan dan menyedapkan makanan. Namun, manfaat daun salam tidak hanya untuk itu saja.

Sejak zaman dulu daun salam sudah diketahui memiliki banyak manfaat, bukan hanya digunakan sebagai bumbu masak saja. Daun salam juga dapat digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi sejumlah penyakit.

Jika Anda memiliki masalah kolesterol, maka rutinlah untuk mengonsumsi rebusan daun salam. Daun salam juga bisa menghancurkan kolesterol jahat yang menumpuk. Jika Anda rajin minum rebusan daun salam, maka bisa menghindarkan Anda dari penyakit jantung, stroke, hingga diabetes.

Selain itu, rebusan daun salam juga bisa sembuhkan asam urat. Daun salam bisa juga untuk mengurangi kadar asam urat yang menumpuk di persendian. Jika Anda rutin minum rebusan daun salam selama sebulan, maka peradangan akibat asam urat tinggi bisa disembuhkan.

Diketahui, daun salam memiliki sifat detoksifikasi yang kuat, melawan infeksi, meningkatkan kesehatan jantung, serta memudahkan pernapasan. Orang-orang bahkan telah memanfaatkan khasiat daun salam sebagai pengobatan selama berabad-abad.

Ada banyak jenis tanaman yang daunnya disebut sebagai “daun salam”, namun daun salam yang sebenarnya secara ilmiah dikenal sebagai Laurus nobilis, dan varietas kaya nutrisi inilah yang akan dibahas dalam artikel tersebut. Banyak daun lainnya yang memiliki tampilan dan aroma yang mirip seperti daun salam sejati, namun kandungan nutrisinya tidak sama.

Tanaman ini merupakan pohon kecil asli daerah Mediterania. Pohon Laurel ada di mana-mana di wilayah ini, tetapi iklim yang berubah telah menyusutkan pertumbuhan alami mereka. Namun, daun ini telah menjadi bagian dari dunia kuliner dan pengobatan selama ribuan tahun, setidaknya sejak zaman Romawi

Kegunaan daun salam termasuk daunnya menjadi bumbu untuk membumbui sup dan semur, tetapi daunnya paling sering ditambahkan dalam bentuk utuh sebagai penyedap masakan Italia tertentu dan kemudian dibuang atau digunakan sebagai hiasan.

Daun utuh tidak biasa dikonsumsi. Tidak ada berbagai aplikasi kuliner untuk daun salam, meskipun ekstrak daun salam memiliki banyak kegunaan medis. Daun ini juga merupakan elemen populer dalam aromaterapi dan perawatan herbal untuk berbagai kondisi kulit dan pernapasan.

Dengan berbagai manfaat yang ditawarkan daun yang kuat ini, adalah mandat untuk memasukkannya ke dalam makanan. Langsung saja kita Intip berbagai macam khasiat daun salam untuk penyakit kronis dan baik untuk kesehatan, chek it out!

1. Mencegah Peradangan

www.freepik.com/Lifestylememory
Foto : www.freepik.com/Lifestylememory

Salah satu manfaat daun salam adalah kemampuannya untuk mengurangi peradangan di seluruh tubuh. Hal ini dikonfirmasi oleh sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal penelitian Phytotherapy.Manfaat daun salam mengandung fitonutrien unik, yang disebut parthenolide, yang dapat dengan cepat mengurangi peradangan dan iritasi ketika dioleskan ke area yang terkena, seperti sendi yang sakit atau area yang terkena arthritis.

2. Mencegah Kanker Ganas

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik
Selain memanfaatkan daun salam sebagai pencegahan kanker, manfaat rebusan daun salam dapat membantu dalam proses penyembuhan kanker. Beberapa penelitian menunjukkan daun salam dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker payudara, kanker darah dan kolorektal. Namun, temuan tersebut masih awal dan beberapa penelitian sudah ketinggalan zaman.

3. Obat Asam Urat

Pinterest/Stylecraze
Foto : Pinterest/Stylecraze
Air rebusan daun salam dapat mengatasi mereka yang memiliki masalah asam urat. Penyakit asam urat merupakan penyakit yang menyerang persendian. Mereka yang menderita asam urat sering kali merasakan nyeri yang membuat aktivitas menjadi terganggu. Kandungan asam urat yang tinggi membuat rasa nyeri tersebut terasa sangat menyakitnya. Untuk mengobati penyakit ini bisa menggunakan daun salam.

4. Mencegah Diabetes

www.freepik.com/rawpixel.com
Foto : www.freepik.com/rawpixel.com

Daun salam menurunkan kadar glukosa darah, kolesterol, dan trigliserida, sehingga bermanfaat dalam penyembuhan diabetes tipe 2. Kamu bisa mengeringkan beberapa lembar daunnya dan menjadikannya bubuk lalu mengonsumsinya dengan menambahkan satu sendok sampai dua sendok ke dalam 200 ml air selama 30 hari.

5. Mengatasi Sesak Napas

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik

Menjadi stimulan saluran pernapasan, daun salam telah digunakan sebagai obat tradisional untuk berbagai penyakit yang berhubungan dengan pernapasan.

Ini mengurangi kemacetan dan membuat saluran udara bersih membuat tubuh kebal terhadap penyakit seperti batuk dan asma.

Campurkan daun salam yang dihancurkan dan kemangi suci. Rebus campuran dalam 250 ml air dan biarkan dingin, kemudian saring dan minum ini masih cukup hangat.

6. Obat Relaksasi

freepik.com
Foto : freepik.com

Daun salam memiliki efek peremajaan dan relaksasi yang membantu Anda menghilangkan kecemasan, stres, dan susah tidur.

Ini adalah komponen penting dalam banyak pijat Ayurvedic dan digunakan dalam berbagai terapi spa juga. Dalam 300 ml air, rebus masing-masing 3 gram daun salam dan bunga mawar liar. Saring dan minum ramuan untuk menghilangkan stres dan kecemasan. (bbi)

Topik Terkait