img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya HidupManfaat daun pepaya bagi kesehatan tubuh dan mengobati berbagai macam penyakit, memang sudah tak diragukan lagi. Selain sebagai obat penyakit keras, daun pepaya juga dapat digunakan sebagai obat penghilang nyeri pada saat akan menstruasi atau nyeri haid yang selama ini sangat meresahkan kaum wanita.

Berbagai macam olahan daun pepaya baik dijadikan masakan, jus ataupun lalapan, daun pepaya mengandung banyak vitamin dan khasiat yang mampu mengobati berbagai macam gejala. Tak hanya buahnya, pepaya dan daun pepaya dapat di konsumsi secara langsung ataupun diolah dengan aneka macam hidangan, rasanya akan menjadi lebih nikmat dan lezat.

Daun pepaya merupakan daun yang umum ditemukan di daerah tropis, seperti negara kita, Indonesia. Mungkin banyak orang yang hanya mengetahui manfaat daun pepaya sebagai sayur saja, namun sedikit yang mengetahui beragam manfaat daun pepaya bagi kesehatan tubuh.

Sebenarnya daun pepaya sudah digunakan oleh nenek moyang kita sebagai salah satu obat tradisional. Hanya saja, sayangnya generasi sekarang sangat sedikit yang mengetahui atau meneruskan pengetahuan yang berguna ini, seiring dengan berkembangnya teknologi terutama di bidang kedokteran dan juga farmasi.

Buah Pepaya sendiri, memiliki banyak manfaat bagi manusia. Daun, bunga, dan akar pepaya sering digunakan untuk kesehatan dan penyembuhan berbagai penyakit. Tumbuhan biji berkeping satu ini mudah tumbuh dan berkembang biak.

Hanya batang pepaya yang jarang dimanfaatkan untuk pengobatan. Batang pepaya termasuk batang palsu. Pada kesempatan ini akan dikemukakan manfaat praktis daun pepaya

Anda pasti sudah tidak asing dengan buah pepaya, bukan? Ternyata selain buahnya, kita juga bisa memanfaatkan daun pepaya. Daun pepaya muda bisa diolah menjadi aneka hidangan lezat yang menggugah selera. Namun sayangnya, rasa pahit dari daun pepaya membuat kebanyakan orang mengurungkan niat untuk mengonsumsinya.

Padahal di balik rasa pahitnya, terdapat kandungan nutrisi yang luar biasa. Semua kandungan yang terdapat pada daun pepaya sangat berkhasiat bagi kesehatan.

Dengan sedikit trik, daun pepaya bisa diolah menjadi aneka hidangan yang lezat dan tidak pahit. Jadi alangkah ruginya, jika hanya karena alasan pahit, Anda harus melewatkan berbagai manfaat luar biasa dari daun pepaya.

Daun pepaya dikenal sebagai salah satu solusi alami terbaik untuk membantu menyembuhkan beberapa penyakit. Daun pepaya dikenal sebagai obat terbaik untuk demam berdarah dan juga kanker. Daun ini kaya akan senyawa khusus yang disebut papain, serta alkaloid, dan senyawa fenolik.

Senyawa ini dapat membantu mencerna protein dalam tubuh dan dikenal mampu mengobati masalah pencernaan. Daun pepaya mengandung alkaloid khusus yang dikenal sebagai carpaine, yang memiliki efek pelindung dalam kemoterapi.

Daun pepaya juga diketahui memiliki sifat anti-kanker serta anti-malaria. Daun pepaya dikenal menjadi profilaksis dan membantu dalam mencegah malaria di daerah endemis tertentu. Sifat anti-kanker terbesar dari pepaya terkonsentrasi pada ekstrak daunnya.

Daun pepaya menjadi salah satu jenis sayuran yang dipercaya memiliki banyak khasiat. Dari memperlancar produksi Air Susu Ibu (ASI), hingga membantu memperlancar saluran pencernaan.

Selain berjuta manfaat yang ada di dalamnya, ternyata banyak juga mitos yang beredar dan dipercaya selama ini oleh masyarakat tentang daun pepaya.

Selain itu, daun pepaya dapat meredakan kram yang di alami saat menstruasi. Cara yang bisa dilakukan adalah dapat merebus satu lembar daun pepaya bersama garam dan asam jawa. Setelah mendidih diamkan hingga hangat dan minumlah.

Langsung saja kita Intip, kira-kira apa saja manfaat daun pepaya bagi tubuh kita dengan berbagai macam olahan, yuk simak artikelnya berikut ini!

1. Obat Penghilang Nyeri Haid (Menstruasi)

pexels.com
Foto : pexels.com

Daun pepaya juga sangat membantu untuk para wanita yang sering merasakan sakit di perut saat datang bulan, dengan cara meringankan rasa sakit yang di rasakan di perut bagian bawah.

Caranya pun sangat simpel, yaitu dengan mengambil selembar daun pepaya dan kemudian anda rebus bersamaan dengan asam jawa, dan juga garam hingga mendidih. Setelah rebusannya berubah dari keadaan panas hingga menjadi hangat, maka segera minumlah air rebusan tersebut karena akan mempercepat khasiat dari daun pepaya. Minum jus ini secara teratur dapat mengurangi gejala PMS dan juga membantu menyeimbangkan siklus menstruasi.

2. Mencegah Virus Kanker

Pinterest
Foto : Pinterest

Menurut beberapa penelitian, Daun pepaya dapat digunakan sebagai obat untuk mencegah kanker. Hal ini disebabkan karena daun pepaya mengandung getah yang dapat mencegah pertumbuhan dari sel-sel kanker, atau menghambat berkembangnya sel-sel kanker tersebut. Namun jangan khawatir, karena Anda tidak perlu meminum getahnya secara langsung, sebab getah dalam daun pepaya akan bercampur dalam setiap proses olahan dari daun pepaya tersebut.

Salah satu manfaat yang bisa didapat dari konsumsi daun pepaya adalah tubuh menjadi lebih sehat dan mencegah risiko kanker. Pasalnya, daun pepaya memiliki kandungan sifat anti-kanker yang bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan kanker. Konsumsi daun pepaya juga disebut bisa membantu membuang racun dalam tubuh yang bisa menyebabkan kanker.

3. Mengatasi Sembelit

Pinterest
Foto : Pinterest

Melalui penelitian, diketahui bahwa daun dari tanaman pepaya memiliki suatu zat yang disebut sebagai Karpain. Zat inilah (karpain) yang akan membantu untuk melancarkan pembuangan kotoran dari perut manusia, dengan cara membunuh semua bakteri-bakteri jahat yang ada di dalam sistem pencernaan atau perut manusia. Yang mana bakteri-bakteri jahat tersebut dianggap sebagai suatu parasit oleh zat karpain.

Tentunya, jika bakteri jahat tersebut sudah disingkirkan, maka sistem pencernaan di dalam perut pun akan semakin lancar. Sehingga akan memudahkan pembuangan kotoran dari dalam perut manusia, yang akan menghindarkan kita dari sembelit atau pun diare.

4. Atasi Gejala Demam Berdarah

Pinterest
Foto : Pinterest

Penyakit demam berdarah merupakan salah satu penyakit yang menakutkan, dan pernah menjadi wabah di beberapa daerah di Indonesia. Tapi tahukah Anda, bahwa demam berdarah ternyata bisa dicegah dengan menggunakan daun pepaya. Caranya sangat sederhana, yaitu dengan merebus daunnya dan langsung meminum air rebusan tersebut.

Tentu saja, semua orang mengetahui bahwa daun pepaya memiliki rasa yang pahit. Jadi sebaiknya anda bisa menambahkan madu ke dalam air rebusan daun papaya tersebut agar terasa lebih enak saat diminum.

5. Menambah Energi Tubuh

freepik.com
Foto : freepik.com

Meskipun rasanya sedikit agak pahit, ada keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan jika mengonsumsi daun pepaya. Kandungan karbohidrat yang tinggi pada daun ini bisa memberikan energi tambahan pada tubuh. Ini membantu Anda menjadi lebih bersemangat dalam menjalani berbagai aktivitas sehari-hari.

Rutin mengonsumsi daun pepaya disebut bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga lebih kuat dalam mencegah infeksi virus dan bakteri penyebab penyakit. Dengan begitu, tubuh tetap bugar dan terhindar dari penyakit. Selain itu, daun pepaya juga bisa membantu meregenerasi sel-sel darah putih secara alami.

6. Melancarkan ASI Bagi Ibu Menyusui

freepik.com
Foto : freepik.com

Bagi para ibu yang sedang menyusui ketika baru melahirkan seorang anak, ada baiknya jika mengganti suplemen atau vitamin non alami dengan mengonsumsi daun pepaya untuk melancarkan ASInya.

Cara mendapatkan manfaat daun pepaya untuk wanita yang sedang menyusui, tidak harus dikonsumsi dalam bentuk olahan jamu, namun bisa juga dengan diolah dalam bentuk makanan rumahan. Untuk mengolahnya tentunya harus dengan proses pengolahan yang benar agar rasa pahit dari daun pepaya tidak terlalu terasa.

Topik Terkait