img_title
Foto : Pexels/Any Lane

IntipSelebManfaat buah naga rupanya berkhasiat dan banyak yang bagus jika di konsumsi dengan baik. Buah naga umumnya hanya tumbuh di daerah tropis dan subtropis yaitu seperti di kawasan Amerika Selatan dan Asia.

Seperti namanya, buah ini memiliki kulit menyerupai sisik naga, yang merupakan hewan mitos legendaris asal China, sehingga untuk penamaannya pun disebut sebagai buah naga. Bentuk tanamannya pun unik karena memiliki batang yang menyerupai kaktus besar namun pink di dalamnya.

Meski tampak unik, manfaat buah naga ada segudang loh, serta berkhasiat untuk kesehatan. Manfaat buah naga ini kaya akan kandungan gizi, sehingga dapat membantu kamu untuk memenuhi kebutuhan gizi harian kamu.

Buah naga memiliki sejumlah varietas, yang ditandai dengan perbedaan warna kulit dan daging buahnya. Di Indonesia, ada dua varietas atau jenis buah naga yang umum ditemukan, yaitu buah naga merah dan buah naga putih. Walaupun berbeda, manfaat buah naga keduanya tetap memiliki kandungan gizi hampir serupa. Perlu diketahui, inilah zat-zat nutrisi di dalamnya yang berfungsi sebagai manfaat buah naga ialah:

- 13 mg kalsium.
- 14 mg fosfor.
- 0,4 mg zat besi.
- 10 mg natrium.
- 128 mg kalium.
- 1,7 gram protein.

- 3,1 gram lemak.
- 9,1 gram karbohidrat.
- 71 kal energi.
- 3,2 gram serat.
- 0,4 gram abu.-
- 85,7 gram air.
- 5 mg vitamin B1.
- 0,3 mg vitamin B2
- 0,5 mg vitamin B3.
- 1 mg vitamin C.

Lantas, apa saja manfaat buah naga yang berkhasiat untuk kamu? Penasaran? Jangan khawatir. IntipSeleb akan merangkum berbagai sumber untuk menginformasikan kamu mengenai manfaat buah naga untuk dikonsumsi. Yuk langsung cek ke bawah untuk tahu selengkapnya manfaat buah naga! Check it out.

Mengurangi Jerawat

Manfaat buah naga pertama untuk mengurangi jerawat. Salah satu bahan alami yang bisa mengurangi jerawat adalah buah naga. Manfaat dari buah naga ternyata dapat melawan jerawat. Sehingga ini dapat menjadi jalan alternatif yang menguntungkan bagi kamu untuk mengurangi jerawat.

Caranya sangat mudah. Buatlah pasta dari buah naga. Setelah itu, kamu bisa mengoleskan pasta buah naga tersebut ke daerah kulit yang berjerawat.

Lakukanlah hal ini selama dua kali dalam sehari. Maka kamu akan memperoleh hasil yang maksimal. Bahkan dijadikan jus atau cemilan pun tak jadi masalah.

Menyegarkan Kulit

Manfaat dari buah naga yang lain yaitu menyegarkan atau menyehatkan kulit. Pasalnya, buah naga merah mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit. Salah satunya adalah kandungan vitamin C yang terbukti memiliki banyak manfaat bagi kulit.

Contohnya seperti mencerahkan warna kulit, mengurangi hiperpigmentasi, memperbaiki kulit, sekaligus meningkatkan elastisitas kulit. Menariknya lagi kandungan antioksidan yang tinggi pada buah naga merah juga memiliki sifat anti penuaan.

Sebab, antioksidan tersebut menghambat enzim yang memecah komponen kulit seperti kolagen dan asam hialuronat. Senyawa dalam buah naga juga disebut-sebut dapat mengendalikan produksi sebum, sehingga dapat mengatasi jerawat.

Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh seseorang yang mengonsumsi buah naga juga cenderung akan meningkat. Hal itu karena manfaat buah naga juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Buah naga memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh kamu dengan berbagai nutrisi di dalamnya. Salah satunya adalah adanya vitamin C. Selain itu, terdapat senyawa antioksidan dalam kandungan buah naga. Baik di buah naga merah dan buah naga putih.

Antioksidan dapat membantu tubuh untuk mencegah terjadinya kerusakan pada sel. Jika terdapat kerusakan pada sel, maka ada muncul berbagai penyakit di dalam tubuh. Maka dari itu, imun atau kekebalan tubuh harus selalu dijaga.

Bantu Kurangi Nyeri Sendi

Radang sendi adalah keadaan ketika sendi-sendi mengalami peradangan. Radang sendi juga bisa disebut dengan arthritis. Kondisi ini akan menimbulkan iritasi parah pada bagian sendi. Sehingga orang yang memiliki radang sendi akan kesulitan dalam bergerak.

Aktivitas yang bisa dilakukan pun terbatas. Tidak bisa melakukan aktivitas yang sangat berat. Salah satu cara untuk melawan radang sendi ini adalah dengan mengonsumsi buah naga. Buah naga dapat membantu melawan radang sendi. Hal itu karena di sifat buah naga adalah anti inflamasi.

Sifat tersebut akan membantu mengurangi peradangan pada sendi. Jika kamu memiliki masalah pada sendi, cobalah untuk mengonsumsi buah naga. Buah naga ini dapat menjadi alternatif untuk mengatasi radang sendi.

Bantu Tingkatkan Imun

Meningkatkan imun tubuh denga Vitamin C tingkat tinggi dalam buah naga rupanya sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Bantu Turunkan Berat Badan

Buah naga kerap dijadikan cemilan untuk kamu yang sedang diet. Karena salah satu tips untuk menurunkan berat badan dengan baik ialah dengan cara mengonsumsi makanan yang sehat.

Contohnya seperti banyak mengonsumsi buah dan sayuran. Buah yang dapat membantu menurunkan berat badan adalah buah naga. Buah naga adalah buah yang kaya akan serat. Selain itu, buah naga adalah buah yang rendah kalori. Sehingga buah naga adalah buah yang aman bagi orang yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

Jika mengonsumsi makanan yang rendah kalori tetapi tinggi serat, akan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Sehingga kamu akan lebih sedikit makan. Maka program diet lebih mudah dijalani. Selain itu kamu pun dapat bonus kulit yang segar. Menarik bukan?

Bantu Tingkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat buah naga terakhir ialah membantu tingkatkan kesehatan jantung. Jantung adalah organ tubuh yang sangat penting di dalam tubuh. Jika jantung tidak berfungsi, maka tubuh juga tidak akan berfungsi lagi. Maka dari itu, kesehatan jantung sangat perlu diperhatikan.

Salah satunya dengan cara memakan buah naga merah. Selain itu, cara menjaga kesehatan jantung adalah dengan berolahraga secara rutin. Selain itu, makanlah makanan yang sehat. Maka jantung kamu akan tetap sehat. Manfaat dari buah naga merah sangat baik untuk kesehatan jantung. Buah naga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung kamu loh.

Pasalnya, buah naga merah dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, buah naga akan meningkatkan kadar kolesterol baik. Hal itu terjadi karena ada beberapa kandungan baik di dalam buah naga. Seperti betalain, likopen dan serat-serat yang ada di dalam buah naga.

Buah naga tidak hanya dapat dikonsumsi dagingnya saja. Namun, biji buah naga juga dapat dikonsumsi. Di dalam biji tersebut terdapat kandungan lemak omega 3 dan lemak omega 9.

Kandungan itu sangat baik untuk kesehatan jantung. Maka dari itu, mengonsumsi buah naga akan mencegah penyakit jantung. Konsumsilah buah naga secara teratur supaya jantung menjadi lebih sehat.

Itulah deretan manfaat dari buah naga yang lezat. Selamat mencoba! (bbi)

Topik Terkait