img_title
Foto : Pinterest/Freepik

IntipSelebManfaat daun sirih ternyata sangat baik untuk tubuh. Sirih merupakan tanaman asli atau endemik dari Indonesia. Pohon sirih merupakan salah satu tanaman yang tumbuh merambat. Tanaman ini bisa mencapai tinggi 15meter. Umumnya batang sirih berwarna hijau kecoklatan, bulat, beruas, dan menjadi tempat keluarnya akar. Daun sirih berbentuk seperti jantung, berujung runcing bertangkai dan apabila diremas akan mengeluarkan bau yang sedap.

Sudah menjadi rahasia umum jika manfaat daun sirih sangat baik untuk tubuh. Sudah sejak dulu, para orang tua di Indonesia memanfaatkan daun sirih untuk pengobatan herbal. Hal ini disebabkan sirih memiliki kandungan senyawa yang bagus untuk tubuh.

Lantas apa saja manfaat daun sirih untuk kesehatan? Simak 9 manfaat daun sirih untuk kesehatan berikut ini.

1. Menjaga kesehatan mulut dan gigi

Manfaat daun sirih yang pertama adalah dapat menjaga kesehatan mulut. Hal ini disebabkan daun sirih yang memiliki sifat antimikroba sehingga dapat mengatasi bakteri yang tertinggal di dalam mulut. Selain itu daun sirih juga dapat membuat gigi lebih kuat.

Pasti sudah pada tahu bukan jika orang tua pada zaman dulu senang mengunyah daun sirih? Hal ini dipercaya mengunyah daun sirih dapat membuat gigi sehat dan kuat. Namun sayangnya budaya mengunyah daun sirih ini mulai pudar dan hanya masih dilakukan oleh para orang tua saja.

2. Mampu menurunkan kadar gula darah

Manfaat daun sirih selanjutnya adalah dapat menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh. Pasalnya, daun sirih mengandung antioksidan yang tinggi yang berfungsi untuk mengurangi stres oksidatif yang menjadi penyebab sel-sel tubuh rusak, pemicu ketidakseimbangan hormon insulin. Caranya cukup mudah, yakni dengan meminum rebusan daun sirih atau atau menggerus daun sirih kering kemudian diseduh dengan air panas.

Jadi daun sirih bisa menjadi salah satu pengobatan alami yang para penderita diabetes coba untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

3. Menurunkan kolesterol

Manfaat daun sirih lainnya adalah dapat menurunkan kolesterol. Hal ini disebabkan daun sirih yang mengandung antioksidan yang tinggi. Antioksidan di dalam tubuh dapat bekerja melawan radikal bebas yang memicu stres oksidatif penyebab penyakit kronis.

Dengan demikian, daun sirih dapat menurunkan kadar tigliserida dan kolesterol LDL, hingga lemak jahat di dalam tubuh. Dengan kata lain, daun sirih dapat mengurangi lemak total dalam darah.

Jika kadar kolesterol seseorang terlalu tinggi, maka dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit kardiovaskular, penyakit jantung koroner, gagal jantung bahkan stroke. Cara memanfaatkan daun sirih pun cukup mudah, yakni dengan merebus daun sirih kemudian minum air rebusan tersebut sebanyak dua kali dalam sehari.

4. Mencegah depresi

Depresi terjadi ketika seseorang mengalami stres berlebih hingga membuat depresi. Ternyata manfaat daun sirih yang tak banyak orang tau ialah dapat mencegah seseorang mengalami depresi.

Hal ini sebakan daun sirih mampu membuat otak memproduksi hormon bahagia serotonin yang lebih banyak. Jadi seseorang akan lebih merasa tenang dan rileks serta terhindar dari depresi. Caranya pun cukup mudah, yakni dengan cara meminum resbusan daun sirih ketika otak mulai merasa penat.

5. Menyehatkan pencernaan

Manfaat daun sirih selanjutnya adalah dapat menyehatkan pencernaan. Hal ini disebabkan daun sirih yang dapat meningkatkan produksi lendir yang berfungsi untuk melindungi saluran cerna agar tidak terluka. Selain itu, daun sirih juga mencegah luka pada dinding usus dan lambung dari berbagai hal yang membahayakan saluran cerna.

Tak hanya itu saja, daun sirih juga sangat efektif untuk mengurangi nyeri lambung dan juga gejala GERD. Daun sirih nantinya dapat menormalkan kembali tingkat asam yang ada di lambung sehingga dapat meredakan maag, refluks asam lambung, hingga sakit yang disebabkan oleh perut kembung.

Tak cukup sampai di situ, manfaat daun sirih juga dapat meningkatkan metabolisme saluran cerna ketika membuang zat yang tidak berguna dari dalam tubuh. Untuk yang memiliki masalah diare, daun sirih juga ampuh mengatasi diare maupun sembelit. Jadi tidak ada salahnya mengonsumsi daun sirih untuk kesehatan tubuh.

6. Meredakan batuk

Mungkin tak banyak yang tahu jika salah satu manfaat daun sirih adalah dapat meredakan batuk. Hal ini disebabkan daun sirih ternyata mengandung vitamin B dan C serta alkaloid yang ampuh untuk meredakan peradangan yang ada di tenggorokan. Peradangan inilah yang umumnya dapat menyebabkan batuk dan juga gatal pada tenggorokan.

Caranya cukup mudah, yang dengan merebus daun sirih kemudian minum sebanyak satu kali dalam sehari ketika sedang mengalami batuk.

7. Bagus untuk kulit

Ternyata daun sirih juga bagus untuk kulit wajah. Hal ini disebabkan daun sirih yang mengandung antioksidan chavicol, zat antiradang hingga antibakteri yang mampu mengobati jerawat dan juga gatal akibat jerawat di wajah.

Tak hanya untuk kulit wajah saja, namun juga dipercaya dapat mengatasi gatal, alergi bahkan bau badan. Caranya dengan menghancurkan daun sirih dan ambil ekstraknya. Lalu bisa ditambahkan sedikit kunyit yang telah diambil ekstraknya juga. Lalu oleskan kepada kulit yang berjerawat.

Namun tentu saja, pengobatan herbal memiliki dampak yang mungkin sensitif untuk sebagian orang. Sehingga ada baiknya dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter untuk penggunannya.

8. Mempercepat penyembuhan luka

Manfaat daun sirih lainnya ialah dapat mempercepat penyembuhan luka. Pasalnya, daun sirih mengandung antioksidan yang tinggi. Oleh sebab itu, ketika seseorang terluka, terutama ketika mengalami luka bakar, akan mengalami stres oksidatif. Stres oksidatif inilah yang dapat menghambat penyembuhan luka, daun sirih memiliki efek untuk menghilangkan stres oksidatif tersebut.

Daun sirih juga disebut memiliki kandungan polifenol yang tinggi, sehingga dapat menjadi antiseptik herbal. Namun tetap, walaupun dipercaya mampu mempercepat penyembuhan luka, risiko tetap pasti ada. Jadi ada baiknya konsultasi terlebih dahulu jika memang ingin menjadikan daun sirih sebagai obat herbal penyembuh luka bakar.

9. Mencegah kanker

Manfaat daun sirih selanjutnya adalah dapat mencegah kanker. Kanker merupakan penyakit yang banyak dihindari oleh banyak orang. Sebab, menurut data dari World Health Organization (WHO), tercatat ada lebih dari 390 ribu penduduk Indonesia menderita kanker pada tahun 2020. Sedangkan angka kematiannya pun mencapai 230 ribu kasus.

Siapa sangka, ternyata daun sirih memiliki manfaat untuk mencegah seseorang menderita penyakit yang satu ini. Hal ini disebabkan kandungan antioksidan eugenol yang tinggi di dalam daun sirih yang mampu mengurangi radikal bebas. Radikal bebas inilah yang menjadi penyebab seseorang menderita kanker. Caranya cukup dengan meminum rebusan daun sirih saja sebanyak 1 kali dalam sehari.

Demikian adalah 9 manfaat daun sirih untuk kesehatan. Semoga informasi di atas dapat membantu anda. Meskipun daun sirih memiliki banyak manfaat, namun tentu daun sirih memiliki efek samping yang tidak boleh dihiraukan.

Konsumsi daun sirih dengan porsi cukup dan konsultasi ke dokter jikalau ingin menjadikan daun sirih sebagai obat herbal. Sebab bagi sebagian orang, mungkin daun sirih dapat menimbulkan efek negatif yang tentu tidak baik untuk tubuh. (bbi)

Topik Terkait