img_title
Foto : FREEPIK

IntipSeleb – Punya anjing sebagai hewan peliharaan memang menyenangkan. Apalagi, anjing bisa menemani kita saat sedang kesepian. Nah, salah satu ras anjing yang kerap menjadi favorit banyak orang adalah anjing bulldog Inggris.

Jenis anjing satu ini punya ciri khas tubuh yang pendek dan bentuk wajah yang berkerut. Umumnya, anjing bulldog Inggris cenderung lebih suka berada di dalam rumah daripada anjing bulldog Amerika yang lebih atletis.

Namun, sebelum memeliharanya, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam perawatan anjing ras satu ini. Jadinya, anjing kesayangan kamu pun bisa tumbuh besar dengan bahagia. Apa saja itu?.
1. Beri makan secara teratur
Asupan gizi hewan peliharaan sangatlah penting untuk menjaga agar dia tetap sehat dan berumur panjang. Pastikan kamu memberikannya makanan secara teratur 3 kali sehari saat masih kecil. Namun, seiring pertumbuhan usianya, kamu bisa mulai kurangi menjadi 2 kali sehari untuk mencegah peningkatan bobot yang drastis.

Usahakan untuk memberikan makanan yang sama. Jadinya, anjing kesayangan kamu tidak mengalami gangguan pencernaan akibat syok dengan makanan yang terus berganti. Untuk menjaga gizi anjing bulldog, berikan makanan yang mengandung daging, sayuran, dan biji-bijian.

2. Jauhkan dari makanan yang berbahaya
Sebelum memberikan makanan anjing, perhatikan kandungan di dalamnya. Hindari makanan yang mengandung bahan kimia. Selain itu, kamu juga tidak boleh memberikan makanan manusia, seperti alpukat, alkohol, cokelat, anggur, daun bawang, kacang, atau makanan berperisa xylitol. Hal ini bisa menyebabkan penyakit, bahkan kematian.

3. Lakukan pemeriksaan kesehatan rutin
Saat merawat anjing bulldog Inggris, terutama yang masih kecil, kamu harus rutin membawanya ke dokter untuk mengetahui kondisi kesehatannya. Pastikan kamu memberikan suntikan pertama untuk pengobatan cacing dan parasit.

Setelah itu, lakukan pemeriksaan berkala setiap 6 minggu untuk mendapat vaksin lanjutan seperti rabies. Bila anjing sudah semakin besar, kamu bisa mengontrol kesehatannya setahun dua kali.

Topik Terkait