img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya Hidup – Sejumlah Manfaat daun sirsak bagi kesehatan tubuh dan dipercaya sebagai obat paling mujarab dan ampuh dalam mengobati beberapa penyakit kronis. Daun sirsak biasanya dikonsumsi sebagai teh ataupun dimanfaatkan air rebusannya saja.

Banyak sekali manfaat dari daun sirsak, salah satunya baik bagi para penderita diabetes. Ektrak daun sirsak banyak diyakini sebagai salah satu obat diabetes alami yang memiliki khasiat yang mujarab. Karena itulah para ahli melakukan beberapa penelitian untuk mengungkap kebenaran dari khasiat daun sirsak. Dari penelitian yang dilakukan ditemukan fakta bahwa daun sirsak mengandung berbagai senyawa antara lain protein, fruktosa, lemak, kalsium, vitamin A dan B dan masih banyak lagi.

Tanaman sirsak yang dalam bahasa latin disebut Annona muricata L adalah tanaman yang berasal dari Amerika Selatan, Amerika Tengah dan Karibia yang pertama kali dibawa ke Indonesia pada saat saat zaman kolonial Belanda. Daun sirsak memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Dari beberapa penelitian menyebutkan, manfaat daun sirsak ini. Salah satunya menguatkan sistem saluran pencernaan dan meningkatkan nafsu makan.

Tak hanya itu, Daun sirsak memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat yang paling terkenal adalah sebagai obat kanker dan sudah banyak dibuktikan oleh banyak penelitian. Selain sebagai obat kanker, daun sirsak juga memiliki banyak manfaat daun sirsak untuk kesehatan, diantaranya.

Sirsak, sudah pasti tahu kan dengan buah yang satu ini? Buah segar yang memiliki rasa manis keasam-asaman. Buah sirsak berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan, buah ini cocok sekali dikonsumsi pada cuaca panas. Bisa dijadikan dengan cara dibuat jus atau langsung dimakan. Bukan hanya buahnya, tetapi daun sirsak juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan Anda. Sirsak mengandung senyawa linoleicacid, annocatalin, annomuricin, anonol, muricapentocin, dan masih banyak lagi kandungan lainnya. Senyawa-senyawa tersebut memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Hal seperti inilah yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Tanpa disadari, ternyata daun sirsak dapat digunakan sebagai pengobatan berbagai penyakit.

Dengan kandungan tersebut, daun sirsak mampu mengobati kanker dan sebagai pengganti kemoterapi. Sebab itulah daun sirsak sangat baik sekali jika Anda manfaatkan untuk menjaga kesehatan Anda. Khasiat yang terkandung di dalam daun sirsak sudah dikenal sejak tahun 1965.
Sayangnya, kebanyakan orang mengambil keuntungan dari buah sirsak saja, sedangkan manfaat daun sirsak terlalu banyak yang mengabaikannya. Hal ini terjadi karena kurangnya informasi tentang manfaat luar biasa, yang ada dalam kandungan daun sirsak.

Memiliki tubuh yang sehat tentu dambaan setiap orang. Kesadaran akan pola hidup sehat yang sekarang menjadi program bisa menjadi salah satu cara agar terhindar dari penyakit yang berbahaya. Bahkan saat ini banyak yang menggunakan cara herbal seperti mengambil manfaat daun sirsak atau bahan alami lain untuk mengatasi berbagai jenis penyakit.

Kandungan yang terdapat pada daun sirsak sangat bermanfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah acetogenin, merupakan kumpulan senyawa aktif yang mampu mengobati kanker. Selain mampu mengobati kanker dan diabetes, daun sirsak juga bisa mengatasi berbagai keluhan penyakit lainnya. Tumbuh-tumbuhan yang hidup di sekitar rumah ternyata memberikan manfaat yang tak sedikit bagi keberlangsungan hidup banyak orang. Mulai dari menghasilkan oksigen, menyerap air, dan mengandung vitamin serta mineral yang diperlukan tubuh. Kita pun mengenal beraneka ragam jenis buah-buahan yang hidup di dataran Indonesia.

Salah satu buah-buahan yang hidup di beberapa wilayah Indonesia yang digadang mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan, ialah buah sirsak. Buah sirsak merupakan buah yang identik dengan warna putih dengan biji-biji yang cukup banyak dan kulit luar berwarna hijau serta memiliki rasa yang khas. Biasanya buah ini diolah menjadi minuman dingin atau dibuat jus. Beberapa tahun belakangan ini buah sirsak mulai diagung-agungkan karena manfaatnya. Akan tetapi bukan manfaat pada daging buahnya melainkan daun sirsak sendiri. Sehelai daun sirsak dengan nama latin Annona muricata L ternyata dapat dijadikan sebagai obat kesehatan.

Selain itu, daun sirsak juga dipercaya Selain dapat menurunkan risiko kanker, daun sirsak juga diketahui dapat menurunkan kolesterol. Meskipun, kata Wawaimulu studi masih terbatas pada hewan coba, daun sirsak pada manusia dapat menunrukan kadar kolesterol. Namun, Daun sirsak pun merupakan salah satu bahan alami yang bisa diolah menjadi obat salah satunya untuk penyakit diabetes. Diabetes sendiri merupakan salah satu jenis penyakit yang banyak diderita orang.

Kabarnya daun sirsak memiliki kandungan ekstrak daun sirsak diketahui mengandung polifenol dan flavonoid yang sifatnya antihiperglikemik dan bisa mengurangi laju pemecahan gula dari makanan menjadi lebih sederhana. Secara tradisional, air rebusan daun sirsak dan madu ini dipercaya bisa membunuh sel kanker. Maka tidak heran jika saat ini banyak sekali penjual ekstrak daun sirsak, yang bisa langsung diseduh dengan air panas dan langsung diminum layaknya teh.

Lantas, apa saja manfaat yang terkandung dalam daun sirsak untuk kesehatan tubuh? Pada kali ini akan dijelaskan apa saja manfaat yang terdapat dalam daun sirsak yang tentunya bermanfaat bagi tubuh dan mencegah hadirnya penyakit, berikut simak artikelnya!

1. Obat Kanker

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik

Daun sirsak juga dapat dimanfaatkan sebagai kemoterapi secara alami tanpa disertai efek mual dan kerontokan seperti yang terjadi pada penderita kanker yang sedang menjalani kemoterapi mutakhir. Namun begitu, alangkah lebih baik lagi apabila penderita kanker menjalani keduanya.

Minum air rebusan daun sirsak setiap pagi dan sore. Lakukan selama dua minggu secara berturut-turut. Ulangi kembali bila masih ada keluhan. Jangan khawatir karena air rebusan daun sirsak tidak pahit. Tidak perlu tutup hidung ketika meminumnya.

Ambil 10 lembar daun sirsak rebus kedalam 3 gelas air biarkan sampai mendidih. Konsumsi rebusan daun sirsak 2X sehari. Konsumsi rutin selama 2 minggu kedepan. Penyakit anda akan teratasi.

2. Obat Diabetest

www.freepik.com/jcomp
Foto : www.freepik.com/jcomp

Jika kesehatan anda terganggu akibat penyakit gula yang berbelihan, cobalah untuk menggunakan daun sirsak untuk alternatifnya. Cara membuat ramuannya sangat mudah, ambil 5 helai daun sirsak, lalu cuci daun tersebut. setelah itu rebus daun dengan 3 gelas air sampai berubah menjadi 1 gelas air. Setelah angat-angat kuku anda bisa langsung mengonsumsi air daun sirsak tersebut. sebaiknya konsumsi rutin setiap pagi dan malam, rasakan sendiri kehebataanya setelah 4 hari kedepan.

3. Obat Sakit Pinggang

Freepik
Foto : Freepik

Jika penyakit yang anda alami adalah sakit pinggang, maka sama hal nya dengan mengobati asam urat. Ambil daun sirsak sebanyak 20 lembar dan rebus dengan 5 gelas air. Tunggu sampai mendidih dan berubah sampai tiga gelas. Minum rebusan sebanyak ¾ cangkir saa dalam sehari. Rasakan sendiri kesehatannya.

4. Obat Tumor Ganas

Pinterest
Foto : Pinterest

Tumor biasanya ditandai dengan benjolan pada bagian tubuh tertentu. Salah satu cara tradisional yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan penyakit tumor ialah dengan memanfaatkan kandungan daun sirsak. Daun sirsak dipercaya sebagai salah satu pengobatan alternatatif anti tumor.

Cara mengonsumsi daun sirsak ini bukan seperti mengonsumsi sayuran ya, jadi tidak bisa dijadikan pelengkap masakan ataupun lalapan. Untuk memperoleh khasiat daun sirsak sebagai penyembuh penyakit tumor yaitu dengan cara merebus daun sirsak dan meminum air rebusannya setiap hari.

5. Meningkatkan Kesuburan

www.freepik.com/pikisuperstar
Foto : www.freepik.com/pikisuperstar

Daun sirsak juga dipercaya bisa meningkatkan kesuburan wanita. Sebab daun herbal ini memiliki kemampuan untuk memperkuat rahim. Namun manfaat daun sirsak ini butuh penelitian lebih lanjut, sehingga jika anda ingin konsumsi obat herbal ini sebagai peningkat kesuburan anda harus konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan agar tidak terjadi kesalahan yang menimbulkan efek samping berbahaya.

Topik Terkait