img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya HidupManfaat daun kelor bagi kesehatan tubu dan berhasil mengobati berbagai macam penyakit, memang sudah tak diragukan lagi. Namun siapa sangka jika daun kelor, dipercaya sebagai alat atau obat pengusir roh jahat dan hal-hal yang berbau mistis ternyata.

Tanaman kelor memiliki manfaat yang terkenal misalnya saja dapat melancarkan ASI, digunakan sebagai suplemen makanan super dan sebagai bahan perawatan kecantikan di luar negeri. Daun kelor merupakan salah satu daun yang biasa digunakan sebagai obat tradisional. Ya, daun kelor memiliki banyak sekali manfaat luar biasa dalam dunia kesehatan. Bahkan, bukan hanya untuk kesehatan saja, daun kelor juga sangat baik untuk dijadikan sebagai perawatan kecantikan kulit.

Bagi para wanita, terutama wanita Indonesia, kulit yang cerah memang sudah menjadi standar kecantikan para wanita. Tak heran, berbagai perawatan dilakukan wanita untuk bisa mendapatkan kulit yang cerah. Nah, dalam mencerahkan kulit, Anda bisa menggunakan daun kelor sebagai masker. Daun kelor dapat mencerahkan kulit wajah dengan menyamarkan noda hitam dan mengangkat sel kulit mati.

Daun kelor selama ini dikenal memiliki segudang manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Daun ini kerap tumbuh di berbagai negara, mulai dari India, Bangladesh, Pakistan, dan tentu saja Indonesia. Daun kelor merupakan sumber makanan penting di beberapa bagian dunia. Itu karena dapat ditanam dengan murah dan mudah, dan daunnya menyimpan banyak vitamin dan mineral saat dikeringkan.

Tak hanya sebagai obat kecantikan, daun kelor juga digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam gejala penyakit, hingga dijadikan sebagai pengusir roh jahat. Konon daun kelor juga telah digunakan sejak lama sebagai obat tradisional. Kandungan antioksidan yang berfungsi melawan radikal bebas dalam tubuh, membuatnya dipercaya menyembuhkan berbagai penyakit.

Kelor juga kadang-kadang diterapkan langsung ke kulit sebagai pembunuh kuman atau zat pengering (astringent). Ini juga digunakan secara topikal untuk mengobati kantong infeksi (abses), kaki atlet, ketombe, penyakit gusi (radang gusi), gigitan ular, kutil, dan luka. Dan tak banyak yang tahu jika, daun kelor biasanya kerap dianggap sebagai pengobatan untuk orang yang kesurupan hingga gangguan mistis lainnya.

Daun kelor yang terkenal untuk mengusir roh jahat, ternyata punya manfaat lainnya yang tak kalah ampuh. Anda bisa menggunakan daun kelor ini sebagai alternatif menu makanan setiap hari. Jika Anda mencari cara mengolah daun kelor maka itu bisa dilakukan sangat mudah. Daun kelor yang bisa saja dalam bentuk bubuk pun, bisa digunakan menjadi makanan atau minuman enak dan sehat.

Daun kelor selama ini lebih dikenal sebagai bahan pangan yang biasanya diolah menjadi sayur. Padahal, daun kelor juga bisa dimanfaatkan sebagai tanaman obat, sebab ada banyak khasiat kesehatan yang bisa diperoleh dari daun kelor. Daun kelor memiliki antioksidan flavonoid yang cukup tinggi, dibandingkan dengan tanaman berdaun hijau lainnya. Raissa juga menjelaskan bahwa daun kelor memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh salah satunya dapat mencegah diabetes atau gula darah. Hal ini karena kandungan antioksidan yang tinggi dalam daun kelor, dapat meningkatkan kerja insulin dalam tubuh.

Kedua, karena daun kelor mengandung kalium, dan magnesium yang tinggi sehingga baik untuk mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Manfaat kesehatan lainnya, dapat mencegah penyakit jantung dan pembuluh darah. Selain itu manfaat penting lainnya berdasarkan penelitian, daun kelor ternyata dapat menghambat sel-sel kanker.

Meski memiliki manfaat yang banyak, penting bagi masyarakat untuk berhati-hati dalam mengonsumsinya. Sebab jika daun kelor dikonsumsi secara berlebihan dapat memiliki efek samping yang merugikan seperti alergi, mual, muntah, perut begah, sakit maag.

Langsung saja kita kupas tuntas kira-kira apa saja manfaat daun kelor untuk obat segala penyakit dan benarkah bisa mengusir roh jahat, yuk simak artikel berikut ini!

1. Pengusir Roh Jahat

Konon katanya daun kelor memiliki manfaat sebagai pengusir jin dan roh jahat yang telah dipercaya dan dilakoni banyak orang sejak lama. Daun kelor memiliki Aromanya menyengat bisa menangkal gangguan roh halus.

Kabarnya daun kelor dipercaya mampu melemahkan dan memusnahkan ilmu hitam yang ditujukan ke rumah sesorang. Namun banyak orang yang tidak menyukai tanaman ini lantaran bau yang menyengat. Daun kelor juga bisa diolah menjadi sayuran yang bergizi.

2. Memperlambat Penuaan Wajah

www.freepik.com/valuavitaly
Foto : www.freepik.com/valuavitaly

Daun kelor dan kapsul bubuk daun kelor digunakan secara topikal pada wajah untuk mencegah keriput dan kerusakan akibat radikal bebas pada kulit. Moringa dapat membantu mengencangkan kulit wajah Anda dan juga membantu mengurangi kerutan dan noda, membuat terlihat lebih muda.

Daun kelor ternyata memiliki banyak kegunaan salah satunya dapat mencegah penuaan dini yang terjadi di kulit wajah, lantaran memiliki kandungan extra oksidan yang sangat tinggi, dan dipercaya bisa memudarkan beberapa flek penuaan.

3. Mengempeskan Jerawat

Pinterest
Foto : Pinterest

Ini mungkin tampak kontra-produktif tetapi mengoleskan minyak kelor pada wajah telah diketahui dapat mencegah timbulnya jerawat, karena sifat anti-bakterinya. Efek yang sama dapat dicapai dengan mengoleskan pasta daun kelor pada area wajah yang terkena. Namun, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli kulit sebelum melakukan perawatan kulit apa pun, baik secara internal maupun topikal.

4. Melancarkan ASI

Pinterest/Freepik
Foto : Pinterest/Freepik

Daun kelor dapat secara drastis meningkatkan produksi ASI. Para ahli sepakat bahwa daun kelor atau bubuk daun kelor murni tidak hanya sangat bermanfaat bagi ibu hamil, tetapi juga bagi wanita yang sedang hamil.

Daun kelor ternyata dapat merangsang produksi ASI, sekaligus meningkatkannya. Dalam sebuah penelitian, wanita yang rutin mengonsumsi daun kelor murni menghasilkan ASI dua kali lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi daun kelor.

5. Meningkatkan Kesuburan Prostat

www.freepik.com/pikisuperstar
Foto : www.freepik.com/pikisuperstar

Daun kelor kaya akan senyawa yang mengandung sulfur yang disebut glukosinolat, yang mungkin memiliki sifat antikanker. Studi tabung reaksi telah menunjukkan bahwa glukosinolat dari biji tanaman ini dapat menghambat pertumbuhan sel kanker prostat.

Ada juga spekulasi bahwa kelor dapat membantu mencegah hiperplasia prostat jinak (BPH) . Kondisi ini biasanya menjadi lebih umum seiring bertambahnya usia pria dan ditandai dengan pembesaran prostat, yang dapat membuat sulit buang air kecil. Terlebih lagi, ekstraknya tersebut juga mengurangi kadar antigen khusus prostat, protein yang diproduksi oleh kelenjar prostat. Kadar antigen yang tinggi ini mungkin merupakan tanda kanker prostat.

6. Merangsang Kesburuan Pria

Daun dan biji kelor merupakan sumber antioksidan yang sangat baik, yang dapat membantu memerangi kerusakan oksidatif yang dapat mengganggu produksi semen atau merusak DNA-nya.

Studi pada tikus menunjukkan bahwa sifat antioksidan dari ekstrak daun kelor secara signifikan meningkatkan jumlah semen. Meskipun hasil ini menjanjikan, penelitian pada manusia diperlukan sebelum kesimpulan dibuat tentang keefektifan kelor untuk meningkatkan kesuburan pria.

7. Perawatan Kulit Kepala

Sangat mudah untuk melupakan bahwa kulit kepala juga kulit, yang perlu dirawat. Daun kelor memiliki banyak unsur mikro dan vitamin yang membantu menyehatkan kulit kepala, sehingga menghilangkan ketombe dan memperbaiki kondisi rambut.

Topik Terkait