img_title
Foto : Pinterest

IntipSelebCara membuat bakso ternyata cukup mudah. Bakso sendiri memiliki beragam jenisnya. Ada bakso sapi, bakso ayam, bakso ikan, bakso udang, hingga bakso aci. Panganan yang satu ini tampaknya pun telah menjadi makanan segala kalangan usia. Sebab, baik orang dewasa maupun anak-anak, semuanya suka bakso.

Selain itu, bakso pun bisa dinikmati di cuaca apapun. Jika cuaca hujan dan dingin, menikmati semangkuk bakso dengan kuah yang panas dan gurih pasti akan terasa hangat di perut. Tapi, jika makan bakso di panas terik sekalipun, bakso tetap terasa segar karena kuah dan cita rasanya yang cocok dengan lidah orang Indonesia.
Mungkin sebagian orang merasa cara membuat bakso cukup rumit sehingga lebih memilih untuk membelinya

saja. Namun ternyata, cara membuat bakso cukup mudah, selain itu, bakso yang dibuat sendiri pasti rasanya lebih bernilai dibandingkan hanya beli jadi. Lantas bagaimanakah cara membuat bakso? Simak 4 cara membuat bakso aneka varian berikut ini.

1. Bakso ikan

Pinterest/lokita dewi
Foto : Pinterest/lokita dewi

Bahan bakso ikan
- 750 gram daging Ikan tenggiri
- 50 gram tepung tapioka
- 2 butir putih telur dingin
- 250 ml air es atau es batu
- 1.5 sdt garam
- 2 sdt gula
- 1/2 sdt lada
- 1.5 sdm kaldu jamur

Cara membuat bakso ikan

1. Langkah pertama yang dilakukan untuk membuat bakso ikan adalah fillet daging ikan tenggiri dan pisahkan daging ikan tenggiri dengan kulit dan juga tulangnya. Kemudian giling daging ikan tenggiri bersamaan dengan es batu sebanyak 100 gram.

2. Setelah itu pindahkan adonan ke wadah, beri gula, lada, dan garam. Jangan lupa tambahkan kaldu jamur dan juga 1 putih telur dingin. Uleni hingga putih telur terserap oleh adonan daging.

3. Setelah terserap, tuangkan sisa putih telur kemudian, uleni adonan hingga tercampur rata. (Tambahan, sembari menguleni adonan, bisa mulai panaskan air untuk mencetak adonan bakso).

4. Tambahkan air dingin sedkit demi sedikit, kemudian uleni sampai adonan benar-benar bertekstur kenyal. Uleni adonan bisa dengan dibanting-banting.

5. Setelah itu, tambahkan tepung tapioca agar bakso makin kenyal, kemudian uleni kembali hingga adonan halus dan tampak mengkilat.

6. Setelah adonan siap, cetak bakso dengan menggunakan tangan dan taruh bakso yang telah dibulatkan ke dalam air panas. Gunanya agar adonan bakso termasak dan tidak lembek atau hancur.

7. Setelah itu masak bakso dengan api sedang. Tanda bakso sudah matang adalah bakso tersebut akan mengapung.

8. Setelah matang, angkat dan tuang ke dalam air es. Hal ini agar tekstur bakso tidak terlalu kematangan dan kenyal.

9. Bakso ikan siap dihidangkan.

2. Bakso sapi

Pinterest/lyndamaitimu.blogspot.nl
Foto : Pinterest/lyndamaitimu.blogspot.nl

Bahan bakso sapi
- 250 gram daging sapi bagian paha dalam tanpa lemak
- 100 gram es batu
- 40 gram tepung tapioka
- 1 sdm garam kasar
- 1 sdt baking powder
- Kaldu penyedap secukupnya

Cara membuat bakso sapi

1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah haluskan daging bersamaan dengan es batu. Setelah halus tambahkan garam, baking powder dan juga kaldu penyedap kemudian haluskan kembali.

2. Setelah itu tambahkan tepung tapioka lalu aduk hingga adonan tercampur rata kemudian sisihkan.

3. Kemudian, panaskan air mendidih di dalam panci yang akan jadikan alat untuk merebus bakso nantinya.

4. Setelah air panas siap, anda bisa mulai membentuk adonan bakso bulat-bulat dengan tangan, kemudian setelah dibentuk bulat, taruh ke dapat air yang berisi air panas. Ditaruh ke dalam air panas bertujuan agar adonan bakso mulai termasak secara tidak langsung dan adonan yang telah dibulatkan pun tidak menjadi lembek nantinya.

5. Setelah selesai membentuk adonan bakso, kemudian masak dengan api sedang hingga bakso mengapung. Jika telah mengapung dan berubah warna menjadi putih keabu-abuan tandanya bakso telah matang.

6. Angkat bakso, dan bakso sapi siap disajikan.

3. Bakso ayam

Pinterest/dapurmamaisyah.blogspot.co.id
Foto : Pinterest/dapurmamaisyah.blogspot.co.id

Bahan bakso ayam
- 400gr daging ayam giling
- 100 gr tepung tapioka
- 1 butir telur
- 4 siung bawang putih (yang telah dihaluskan)
- 2 sdm bawang goreng (yang telah dihaluskan )
- 2 sdt garam
- 1 sdt kaldu ayam bubuk
- 1 sdt merica bubuk
- 1/2 sdt baking powder
- Air es secukupnya

Cara membuat bakso ayam

1. Langkah pertama adalah masukkan daging ayam giling ke wadah, kemudian tambahkan telur, kaldu, garam, merica, baking powder, bawang putih yang telah dihaluskan, dan bawang goreng yang telah dihaluskan. Setelah itu aduk hingga semua bahan tercampur rata.

2. Kemudian tambahkan tepung tapioka dan aduk sebentar. (Sebelum itu, anda bisa mulai panaskan air untuk dipakai mencetak bakso nantinya)

3. Lalu agar adonan makin halus, aduk menggunakan mixer (jika tidak ada, bisa diaduk menggunakan spatula). Sembari diaduk, tambahkan air es sedikit demi sedikit hingga adonan bertekstur lembut dan seperti adonan bakso.

4. Setelah siap, bentuk adonan bakso bulat-bulat kemudian taruh ke dalam air panas. Setelah selesai semua, masak bakso dengan api sedang. Masak bakso hingga bakso mengapung, jika telah mengapung tandanya telah matang.

5. Angkat dan bakso ayam siap untuk disajikan.

4. Bakso udang

Pinterest/resepkoki.id
Foto : Pinterest/resepkoki.id

Bahan bakso udang
- 100 gr udang
- 1/4 sdt baking soda
- 250 gr ayam bagian dada
- 1 wortel
- 2 putih telur

- 1 sdm tepung tapioka
- 1 daun bawang iris halus
- 1 sdt minyak wijen
- 1 sdt kecap asin
- 1 sdt garam
- 1 sdt gula pasir
- 1 sdt kaldu bubuk
- 1/4 sdt merica

Cara membuat bakso udang

1. Tambahkan soda kue ke atas udang yang telah dikupas kulitnya kemudian diamkan selama kurang lebih 15 menit.

2. Setelah itu cincang halus wortel, kemudian sisihkan.

3. Setelah 15 menit, haluskan udang bersama dengan ayam dengan blender. Setelah itu pindahkan ke wadah dan tambahkan wortel yang telah dihaluskan. Lalu aduk.

4. Setelah itu tambahkan putih telur dan tepung tapioka, aduk kembali hingga adonan tercampur rata.

5. Jangan lupa tambahkan daun bawang yang telah dipotong kecil-kecil, minyak wijen, kecap asin, garam, gula, kaldu dan juga merica, kemudian aduk rata.

6. Bentuk adonan bakso bulat-bulat ke dalam wadah aluminium foil bentuk oval, kemudian kukus selama kurang lebih 25 menit.

7. Angkat, bakso udang siap dihidangkan.

Demikian adalah 4 cara membuat bakso aneka varian. Semoga resep cara membuat bakso di atas dapat menjadi inspirasi anda untuk memasak di rumah.

Resep di atas hanya menyajikan cara membuat baksonya saja, walaupun bakso umumnya menggunakan kuah sebagai pelengkapnya, namun bakso yang dimakan langsung tanpa kuah juga tak kalah enaknya. (bbi)

Topik Terkait