img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya HidupManfaat bawang putih bagi kesehatan sudah diketahui secara luas. Namun tahukah Anda bahwa bawang putih punya manfaat yang jauh lebih banyak dari sekedar bumbu dapur?. Namun siapa sangka jika bawang putih dapat dijadikan sebagai alat penangkal sihir dan roh jahat yang dapat mencelakai diri dan keluarga.

Bawang putih adalah salah satu rempah-rempah yang senantiasa ada di dapur kita. Banyak manfaat dari bawang putih ini, mulai dari penyedap untuk masakah hingga mengobati berbagai penyakit, dan itu tidak bisa diragukan lagi.
Apalagi bawang putih telah digunakan sejak ribuan tahun lalu, terutama untuk mengobati berbagai macam penyakit. Tapi ada cari optimal untuk memaksimalkan manfaat bawang putih ini, yang bisa Anda lakukan di rumah.

Pernahkah Anda mengonsumsi bawang putih tanpa dicampur dengan bahan masakan? Pasti belum, katanya bawang putih jika dimakan begitu saja akan membuat nafas menjadi tidak segar dan bau. Bahan dapur yang satu ini jika Anda konsumsi akan bermanfaat melindungi Anda dari penyakit-penyakit yang tidak pernah Anda inginkan sebelumnya. Tanaman yang termasuk keluarga Liliacea ini mampu menyehatkan tubuh anda sepanjang hari.

Beberapa orang mengatakan bahwa mengkonsumsi bawang putih akan menyebabkan bau mulut dan keringat yang tidak sedap. Di sisi lain, bawang putih memiliki sejuta manfaat selain menjadi bumbu masakan. Bawang putih sudah sejak lama digunakan untuk memasak. Manfaat kesehatan yang diberikan oleh bawang putih juga sangat beragam. Kandungannya terdiri dari lemak, protein, hidrat arang, vitamin B1 dan vitamin C.

Bumbu dapur satu ini juga bisa mengurangi gejala insomnia atau gangguan tidur, mengurangi hipertensi, mengobati sakit kepala serta membunuh bakteri-bakteri jahat yang dapat meracuni makanan. Namun untuk mendapatkan manfaat-manfaat bawang putih tadi, Anda harus mengetahui cara mengolahnya. Jika salah dalam proses pengolahan, manfaat bawang putih yang seharusnya dapat terserap oleh tubuh malah justru hilang begitu saja.

Harumnya yang khas dan rasanya yang gurih membuat masakan menjadi enak. Tapi, ternyata bawang putih selain dipakai untuk memasak, juga bisa dipakai untuk pengobatan. Dari berbagai macam khasiat bawang putih, ada satu khasiat yang sangat dibutuhkan bagi seseorang yang memiliki wajah berjerawat. Bawang putih merupakan salah satu makanan yang mempunyai efek penyembuhan paling kuat, sehingga dapat dimasukkan ke dalam diet harian. Berbicara tentang bawang putih, tentunya tak habis pada kegunaannya sebagai bumbu dapur saja. Karena bawang putih juga memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh manusia.

Bawang putih mengandung banyak zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, seperti vitamin C, kalsium, zat besi, karbohidrat, dan serat. Bawang putih telah digunakan sejak dahulu oleh nenek moyang sebagai media untuk pengobatan secara alami dan tradisional. Bawang putih merupakan salah satu bumbu wajib yang selalu ada di dapur. Tahukah Anda kalau ternyata, bawang putih tidak hanya berfungsi sebagai salah satu bumbu penyedap makanan saja. Namun bisa dijadikan pengontrol berat badan, Oleh karena itu, tidak heran jika bawang putih juga bisa mengontrol berat badan. Coba untuk selalu memasukkan bawang putih di makanan sehari-harimu. Selain menyedapkan rasa, ternyata bawang putih juga bisa menjaga berat badan.

Namun, bawang putih juga merupakan salah satu jenis obat-obatan alami yang memiliki sederet manfaat kesehatan bagi tubuh. Beberapa efek kesehatannya antara lain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, anti-bakteri, antiviral, anti-jamur dan masih banyak lagi. Tak hanya itu, didunia kecantikan pun khasiat bawang putih sudah tak diragukan lagi.

Banyak dari kalangan wanita maupun pria yang mencari ramuan awet muda. Mereka banyak yang mendambakan untuk memiliki kulit yang halus serta kencang sebagaimana wanita usia dua puluh tahunan. Bahan-bahan alami seperti bawang putih tidak diragukan lagi khasiat dan lebih aman penggunaannya dibandingkan dengan produk-produk yang berbahan kimia. Kulit merupakan bagian tubuh yang paling terkena dampak penuaan. Oleh karena itu, untuk bisa menikmati kulit yang halus dan kencang, Anda harus rutin melakukan perawatannya.

Selain itu juga disebutkan jika manfaat bawang putih, salah satunya yaitu sebagai pengusir roh jahat atau sebagai penangkal sihir. Bahkan ada mitos yang mengatakan bawang putih merupakan satu-satunya benda yang dipercaya ampuh untuk mengusir vampir dan roh jahat. Bawang putih disebut sebagai simbol dan juga penanda dari kekuatan sihir putih di Eropa. Dalam legenda Eropa, bawang putih digambarkan sebagai penangkal roh-roh jahat dan juga vampir. Bawang putih juga pernah dianggap sebagai makanan yang tabu atau tidak boleh dikonsumsi karena dianggap meningkatkan keinginan duniawi dan menggugurkan kesalehan.

Yuk langsung saja Intip manfaat bawang putih untuk manusia dan digunakan sebagai penangkal sihir, chek it out!

1. Meredakan Radang Tenggorokan

Freepik
Foto : Freepik

Untuk membantu menyembuhkan sakit tenggorokan dengan bawang putih, campurkan 6 siung bawang putih yang sudah dimemarkan hingga hancur ke dalam air panas.Lalu, berkumurlah menggunakan campuran tadi selama kurang lebih tiga hari sampai benar-benar sembuh.

Campuran tersebut dapat menghangatkan jaringan di dalam tenggorokan yang meradang. Bawang putih juga memiliki zat anti mikroba yang melawan nyeri yang diakibatkan oleh bakteri.

2. Menghambat Kanker Ganas

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik

Kehadiran belerang alil dalam bawang putih dipercaya dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker. Bumbu dapur ini akan terasa berkhasiat jika dikonsumsi dalam bentuk mentah dan kanker masih ada di stadium awal.

Kanker ganas yang sulit untuk disembuhkan, dapat dicegah dengan kita rutin mengkonsumsi bawang putih mentahan ataupun olahan dengan masakan. Bawang putih dipercaya memiliki kandungan luar biasa untuk memutuskan virus kanker ganas dan sulit untuk disembuhkan.

3. Detoks Tubuh

Bawang putih telah digunakan secara efektif untuk membasmi bakteri, jamur, dan virus. Ini tandanya, di saat Anda ingin melakukan detoks atau membuang racun dalam tubuh, sebaiknya Anda jangan melewatkan rempah satu ini.

Bawang putih dapat mengembalikan relaksasi dan keseimbangan tubuh yang terasa tak seimbang dan tak teratur dan mampu melancarkan peredaran darah yang tersumbat.

4. Menambah Sistem Imun

www.freepik.com/benzoix
Foto : www.freepik.com/benzoix

Karena memiliki sifat antiseptik, antijamur dan kaya nutrisi, bawang putih juga dapat digunakan untuk meningkatkan sistem imun. Di saat udara dingin seperti ini, ada baiknya memasukkan bawang putih dalam daftar makanan untuk mencegah flu.

5. Anti Penuaan Dini

www.freepik.com/valuavitaly
Foto : www.freepik.com/valuavitaly

Bawang putih juga dipercaya bisa menjadi anti penuaan yang sifatnya alami. Nutrisi yang ada dalam ekstra bawang putih dipercaya bisa membuat kulit nampak terlihat awet muda dan terbebas dari masalah penuaan dini, kulit kelihatan nampak lebih segar dan cerah alami.

6. Membuat Kulit Lebih Halus

Pinterest
Foto : Pinterest

Selain bisa mengatasi masalah jerawat dan penuaan ternyata bawang putih juga sangat efektif untuk melembutkan kulit tubuh. Siapa sih yang tidak menginginkan kulit tubuhnya halus dan lembut, kayaknya semua orang pasti menginginkannya. Untuk menghaluskan dan melembutkan kulit secara alami anda bisa mencobanya dengan menggunakan dengan bawang putih ini.

Caranya yaitu dengan mengiris tipis bawang putih kemudian cukup dioleskan saja pada kulit, atau bisa juga dibuat masker buat kulit wajah agar tambah bersih dan lembut.

7. Penangkal Sihir & Usir Roh Jahat

pexels.com
Foto : pexels.com

Cara penggunaan bawang putih sebagai penangkal datangnya makhluk halus ada berbagai macam. Di antaranya yaitu dengan membakar dan meletakkan bawang putih di depan hidung seseorang yang terganggu, atau bisa juga dengan mengiris tipis bawang putih tersebut dan meletakkannya di sebelah bantal.

Namun, cara lain yang juga sudah terbukti khasiatnya yaitu dengan memotong bawang putih dan meletakkannya pada tempat-tempat tertentu, yang dipercaya menjadi tempat menetapnya makhluk halus tersebut.

Topik Terkait