img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya Hidup Manfaat kunyit bagi kesuburan rahim wanita dan kesuburan rahim, bahkan hingga dijuluki sebagai obat sejuta penyakit. Kunyit juga diketahui telah lama digunakan pada pengobatan tradisional Cina dan India. Sejuta manfaat yang dimiliki kunyit, mengundang berbagai peneliti untuk meneliti bumbu dapur yang memiliki nama latin Curcuma longa ini. Namun tahukah Anda bahwa Kunyit juga bisa digolongkan sebagai tanaman herbal yang bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Ekstrat kunyit terbukti bisa menghambat dan menyembuhkanpenyakit kanker. Khasiat kunyit yang terkandung di dalamnya, biasa digunakan sebagai jamu dan juga sebagai bumbu-bumbu ramuan obat tradisional. Kunyit sebagai bumbu yang banyak digunakan dalam berbagai masakan, memberikan citarasa tersendiri sekaligus warna kuning yang khas. Bumbu dapur yang satu ini, telah lama diketahui memiliki khasiat anti-inflamasi dan telah digunakan pada berbagai pengobatan penyakit.

Bahkan akhir-akhir ini telah banyak produk kecantikan yang mengaplikasikan produknya dengan mencampurkan kunyit sebagai bahan dasarnya, karena memang kunyit memiliki khasiat yang dapat menghilangkan noda hitam pada kulit, dan juga mampu menghaluskan kulit.

Karena terkenal akan sifat menyehatkan dan menguntungkannya, kunyit juga dimanfaatkan sebagai suplemen alami untuk mengobati berbagai penyakit fisik dan masalah kesehatan. Tapi sayangnya, banyak orang yang tidak tahu bahwa konsumsi kunyit secara rutin dapat berpengaruh baik untuk otak dan organ hati Anda.

Kunyit asam merupakan perpaduan antara kunyit dan asam jawa, dan ini adalah jamu yang cukup populer di Indonesia. Di dalamnya terkandung nutrisi yang baik untuk tubuh, dan dipercaya mampu meningkatkan kesuburan terutama bagi wanita. Jamu kunyit asam yang memiliki rasa segar, bagus untuk kesehatan rahim wanita. Ini membuat kunyit asam menjadi salah satu pilihan minuman yang baik untuk dikonsumsi.

Tak hanya terkenal sebagai bumbu masak yang memiliki cita rasa dan warna yang khas, kunyit juga dikenal dengan sejumlah manfaat kesehatannya. Bahkan, kunyit sendiri telah digunakan oleh para nenek moyang untuk mengatasi berbagai kondisi kesehatan. Secara umum, kunyit memang memiliki senyawa kimia bernama kurkumin. Zat pewarna kuning tersebut diduga mampu membantu proses penyembuhan berbagai penyakit pada tubuh, seperti maag, antiperadangan, antibakteri dan masalah pencernaan.

Kunyit merupakan salah satu tanaman rimpang yang kerap dipakai sebagai bumbu masakan dan pewarna alami. Masyarakat Indonesia juga mengolah kunyit sebagai jamu untuk diminum lantaran dinilai memiliki banyak manfaat, termasuk kesehatan reproduksi pria. Benarkah?

Tanaman kunyit sudah dikenal sejak zaman dahulu dan digunakan oleh nenek moyang dalam beragam olahan khas Tanah Air. Jamu dari kunyit pun menjadi salah satu yang cukup populer sejak lama dan kian digemari di tengah pandemi ini. Kunyit juga dikenal dengan banyak khasiatnya sehingga diburu oleh masyarakat kekinian agar tak mudah tertular COVID-19. Tak hanya itu, kunyit dianggap mampu menjaga kesehatan reproduksi pria.

Dalam daftar khasiat obat yang sangat panjang dan begitu banyaknya, kami telah memilih sejuta khasiat kunyit yang paling penting (sering dibutuhkan) dalam menyembuhkan penyakit sehari-hari. Selain itu, kunyit juga tidak memiliki efek samping sering seperti halnya obat-obatan konvensional lainnya. Salah satunya kini, bumbu dapur berwarna kuning tersebut diteliti sebagai salah satu obat untuk melawan penyakit kanker. Penyakit yang mematikan ini kerap sulit dideteksi, hingga didiagnosa sudah menyebar ke seluruh tubuh.

Dan saat itulah pengobatan kan menjadi sangat sulit dilakukan. Tetapi ternyata masih ada harapan bagi pasien penderita penyakit kanker. Salah satu pengobatan yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan kunyit. Kunyit juga berperan aktif untuk kesehatan rahim dan kesuburan kewantiaan.

Sering dikonsumsi dan dicampurkan dengan jamu tradisional, Salah satu manfaat yang seringkali beredar di masyarakat ialah bahwa kunyit mampu meredakan nyeri saat menstruasi. Sehingga banyak perempuan yang rutin meminum kunyit asam saat tengah menstruasi.

Dari pada penasaran, yuk langsung saja Intip manfaat kunyit untuk kesuburan rahim wanita dan dijadikan obat sejuta penyakit, berikut artikelnya.

1. Obat Nyeri Haid

pexels.com
Foto : pexels.com
Kram perut ini terjadi karena kontraksi yang kuat pada otot-otot rahim. Kram perut yang terjadi saat menstruasi bisa terasa menyakitkan bagi sebagian wanita. Nah, kurkumin dalam kunyit juga berfungsi sebagai agen anti peradangan untuk menenangkan kram perut akibat kontraksi pada otot rahim dan usus.

Jadi, kalau kamu sering mengalami kram perut saat menstruasi, mungkin kamu perlu mencoba minum air kunyit. Biasanya olahan kunyit asam sering dijual dan direkomendasikan untuk wanita yang tengah merasakan nyeri haid dan merasa sakit berlebihan.

2. Mengatasi Tuba Falopi yang Tersumbat

Dengan rutin mengonsumsi kunyit (tentunya dengan batas wajar), dapat membantu memperlancar saluran tuba falopi. Kunyit sangat bermanfaat untuk membantu mengatasi tuba falopi yang tersumbat karena memiliki kandungan kurkumin.

Tuba falopi adalah sebuah saluran yang menghubungkan ovarium dengan rahim. Saluran ini sangat penting karena jika tuba falopi tersumbat maka cairan sperma dan sel telur akan sulit bertemu.

3. Mencegah Kanker Rahim

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik

Kunyit dapat melindungi sel dari berbagai jenis kanker. Misalnya, kanker usus dan kanker kulit. Sel-sel kanker berhenti menggandakan diri saat bertemu dengan curcumin, zat kimia utama dalam kunyit.

Kunyit dapat memberi dampak positif pada para penderita kanker ovarium. Namun hingga sekarang, hal ini masih perlu penelitian lebih lanjut. Dengan konsumsi ramuan kunyit atau olahan kunyit, sedikit demi sedikit dapat mengurangi kanker rahim yang tengah menjalar dan mengurangi rasa nyeri yang dirasakan.

4. Melindungi Organ Hati

Kunyit juga membantu melindungi dan menjaga kesehatan organ hati. Potensi khasiat kunyit pada organ hati dan empedu termasuk membantu meningkatkan produksi cairan empedu pada pencernaan, sekaligus membantu melindungi sel pada organ hati dari risiko kerusakan akibat paparan senyawa kimia yang berkaitan dengan empedu.

5. Merawat Kesehatan Paru

Pinterest
Foto : Pinterest

Sifat antioksidan dan antiinflamasi pada kunyit juga diyakini dapat membantu mengurangi gejala yang berkaitan dengan masalah kesehatan paru kronis atau jangka panjang. Meski masih terbatas, bukti klinis telah menunjukkan bahwa kunyit efektif sebagai obat penyakit asma, kanker atau cedera pada paru, PPOK, dan fibrosis paru dan kistik.

6. Obat Lambung & Sakit Maag

Pinterest
Foto : Pinterest

Sering disebut sebagai obat maag dan lambung, dosis kunyit yang direkomendasikan untuk mengobati asam lambung adalah 500 miligram curcumin setara dengan 1/2 sendok teh bubuk kunyit per hari. zat antiinflamasi curcumin bisa mencegah peradangan esofagus. Dengan demikian, kunyit dan ekstrak curcumin potensial digunakan sebagai obat asam lambung alami.

Kunyit atau kunir memiliki kurkumin yang bisa mengobati iritasi pada lambung. Kurkumin juga dipercaya bisa mengendalikan produksi dari asam lambung yang berlebih.

7. Memudarkan Bekas Jerawat

pexels/Anna Nekrashevich
Foto : pexels/Anna Nekrashevich

Kunyit dapat membantu memudarkan bekas jerawat hormonal. Tidak hanya sifat antiinflamasi kunyit yang membantu, tetapi juga sifat antibakterinya. Buat masker dari campurkan bubuk kunyit dengan bahan alami lain, seperti madu, cuka sari apel, yogurt, atau lidah buaya.

8. Mencegah Diabetest

www.freepik.com/rawpixel.com
Foto : www.freepik.com/rawpixel.com

Diabetes menjadi salah satu penyakit yang banyak diderita masyarakat Indonesia. Penyakit ini sangat berbahaya dan dapat mengancam jiwa. Diabetes terjadi ketika kandungan gula yang ada di dalam darah jumlahnya banyak atau berlebih. Untuk mengatasi penyakit ini salah satunya dengan menggunakan bahan alami seperti kunyit.

Kunir bisa menurunkan glukosa yang ada di darah. Tidak hanya itu, ekstrak dari kunir juga dapat meningkatkan fungsi dari insulin. Dengan begitu, diabates lebih mudah untuk disembuhkan dan risiko komplikasi akibat penyakit ini bisa diminimalisir.

Topik Terkait