img_title
Foto : Instagram/@masakbarengtetehvika & @rachveda

IntipSelebCara membuat cireng ternyata tak sesulit yang dibayangkan. Cireng sendiri merupakan camilan yang berasal dari daerah Sunda. Bahan dasar cireng adalah dari tepung aci atau tepung tapioka. Nama cireng juga merupakan kepanjangan dari ‘aci digoreng’. Jajanan yang satu ini pun cukup populer di masyarakat Indonesia.

Saking populernya, kini banyak varian rasa dan bentuk dari cireng. Ada cireng bumbu rujak hingga cireng isi (biasanya diisi suiran ayam, sosis dan lain sebagainya). Ternyata, cara membuat cireng cukup mudah loh. Bahan yang dibutuhkan pun tidak sulit dicari dan mudah didapatkan.

Penasaran bagaimana cara membuat cireng yang mudah? Simak 4 cara membuat cireng aneka varian yang mudah dan enak berikut ini.

1. Cireng crispy

Instagram/@rachveda
Foto : Instagram/@rachveda

Bahan cireng crispy

- 200 ml air
- 200 gram tepung tapioka
- 1 sdm tepung beras
- 2 siung bawang putih (haluskan)
- 1 batang daun bawang (iris halus)

- ¾ garam
- ¼ merica bubuk
- ½ sdt kaldu ayam bubuk
- ¼ baking powder

Cara membuat cireng crispy

1. Masak 200 ml air yang telah ditambahkan 50 gram tepung tapioka atau tepung air, kemudian aduk-aduk terus hingga mengental.
2. Setelah adonan mengental, kecilkan api kemudian tambahkan 2 siung bawang putih yang telah dihaluskan, 1 batang daun bawang yang telah diiris halus, ¾ garam, ¼ merica bubuk, ½ sdt kaldu ayam bubuk kemudian aduk rata dan sisihkan.
3. Langkah selanjutnya, tuang 150 gram tepung tapioka ke dalam wadah, lalu tambahkan 1 sdm tepung beras, ¼ sdt baking powder. Kemudian tambahkan bahan aci yang sebelumnya telah dimasak ke dalam bahan tepung kering.

4. Lalu aduk rata hingga semua bahan tercampur rata.
5. Setelah itu bentuk cireng sesuai dengan selera, biasanya dibentuk bulat kecil dan dipipihkan. Lakukan hingga semua adonan habis.
6. Kemudian goreng adonan cireng yang telah dibentuk dengan minyak yang penuh yang sebelumnya telah dipanaskan dengan api sedang. Kemudian jangan lupa dibalik dan digoreng hingga aci kering.
7. Setelah matang, angkat kemudian tiriskan. Cireng siap disajikan.

2. Cireng bumbu rujak

Pinterest/tria anindya
Foto : Pinterest/tria anindya

Bahan cireng bumbu rujak

- 3 siung bawang putih
- 2 sdt garam
- 1 sdt kaldu bubuk
- 150 ml air
- 120 gr tepung tapioka

- 30 ml air panas
- 1 sdm asam jawa
- 8 cabe rawit merah (disesuaikan dengan selera)
- ½ sdt garam
- 150 gr gula jawa

Cara membuat cireng bumbu rujak
1. Langkah pertama untuk bumbu rujaknya, campurkan 30 ml air panas demham asam jawa kemudian aduk rata, lalu sisihkan.
2. Haluskan cabe rawit, garam dan juga gula merah (lebih enak jika diulek). Setelah semuanya halus, tambahkan air asam jawa yang tadi telah dicairkan kemudian aduk rata.
3. Selanjutnya untuk membuat cireng, langkah pertama yakni haluskan bawang putih dengan kaldu bubuk, dan garam (lebih bagus jika diulek).

4. Setelah itu, tuang 150 ml air ke dalam panci dan tambahkan bumbu halus serta 2 sdm dari 120 gram tepung tapioka, lalu aduk hingga tepung tercampur dengan bumbu dan air. Baru nyalakan api, masak dengan api kecil sambil terus diaduk hingga adonan tepung mengental. Pastikan adonan benar-benar telah mengental.
5. Setelah adonan tepung jadi, tuang sisa tepung tapioka ke wadah lalu tambahkan adonan aci yang telah dimasak sebelumnya. Aduk kedua bahan kering dan basah tersebut hingga rata.

6. Setelah siap, ambil sedikit adonan lalu bulatkan dan pipihkan.
7. Setelah selesai membentuk semua adonan cireng, panaskan minyak dengan api sedang lalu goreng adonan cireng hingga kering. Saat dimasak, jangan lupa menggunakan api kecil.
8. Cireng siap disajikan bersama dengan bumbu rujak yang telah dibuat.

3. Cireng isi ayam suir

Instagram/@masakbarengtetehvika
Foto : Instagram/@masakbarengtetehvika

Bahan cireng isi ayam suir

- 150 gr dada ayam fillet
- 4 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 8 cabai rawit merah (disesuaikan dengan selera)
- 1 cabai merah
- 1 sdm air

- 3 sdm minyak goreng
- 3 lembar daun jeruk
- 12 sdm tepung tapioka/tepung aci
- 6 sdm tepung terigu protein tinggi
- 1 sdt garam
- 1 sdt kaldu bubuk
- 1/3 merica bubuk
- 15 sdm air panas

Cara membuat cireng isi ayam suir

1. Langkah pertama ialah membuat isian cireng. Rebus ayam hingga matang kemudian potong dan suir-suir ayam dan sisihkan.
2. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabai merah dan tambahkan 1 sdm air. Haluskan dengan menggunakan blender. Jika tidak ada, bisa juga dengan diulek.
3. Selanjutnya, tumis bumbu halus dengan 3 sdm minyak goreng, masak hingga haru. tambahkan juga 3 lembar daun jeruk (dipotong), 1 sdt garam, 1 sdt kaldu bubuk, 1/3 merica bubuk kemudian aduk dan masak hingga harum. Setelah itu tambahkan 50 ml air.

4. Aduk sebentar lalu masukkan ayam yang telah disuir-suir sebelumnya, kemudian aduk hingga rata. Masak hingga air meresap ke dalam suiran ayam dan isian telah siap.
5. Untuk membuat kulit cirengnya, tambahkan 120 gram tepung tapioka, 6 sdm tepung terigu, dan 1 sdt garam. Kemudian aduk sebentar adonan keringnya.
6. Setelah itu tambahkan 150 ml air panas kemudian aduk-aduk dengan sendok, setelah setengah tercampur bisa langsung diuleni dengan tangan hingga adonan kalis.

7. Setelah itu, ambil sedikit adonan yang telah kalis kemudian pipihkan dan tambahkan suiran ayam, lalu lipat dan tekan-tekan pinggiran adonan agar rapat dan pastikan isian cireng tidak keluar ketika digoreng nantinya.
8. Kemudian siapkan minyak panas lalu goreng cireng isi hingga kering dan matang.
9. Angkat dan cireng siap disajikan.

4. Cireng montok crispy

Pinterest/diahdidi.com
Foto : Pinterest/diahdidi.com

Bahan cireng montok crispy

- 250 ml air
- 6 sdm tepung tapioka
- 2 siung bawang putih (dihaluskan)
- 1 sdt garam
- ½ sdt merica

- 1 sdt kaldu bubuk
- 2 lembar bawang daun (diiris tipis)
- 16 sdm tapioka (campur dengan biang)
- 16 sdm tapioka (untuk pelapis)

Cara membuat cireng montok crispy

1. Cara membuat cireng montok crispy yang pertama adalah siapkan 250 ml air kemudian tambahkan 6 sdm tepung tapioka. Jangan lupa tambahkan bawang putih yang telah dihaluskan, kaldu bubuk, garam, merica dan yang terakhir adalah tambahkan daun bawang yang telah diiris tipis.
2. Aduk adonan sambil dimasak dengan api sedang. Setelah adonan siap, angkat dan sisihkan.
3. Kemudian siapkan 16 gram tepung tapioka dan tambahkan adonan yang telah dimasak sebelumnya. Kemudian aduk hingga adonan kering dan basah menyatu.

4. Setelah siap, ambil sedikit adonan (sesuai selera) dan taruh adonan ke dalam 16 sdm tepung tapioka, hal ini untuk melapisi adonan cireng sebelumnya agar lebih crispy.
5. Kemudian panaskan minyak dengan api sedang, lalu masak adonan cireng (ketika dimasak, gunakan api kecil).
6. Setelah matang, cireng siap untuk disajikan.

Demikian adalah 4 cara membuat cireng aneka varian yang mudah dan enak. Semoga informasi cara membuat cireng di atas dapat menjadi inspirasi dan ide masak untuk anda. (bbi)

Topik Terkait