img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya HidupManfaat madu untuk wajah, baik kecantikan kulit dan mengobati berbagai jenis penyakit lainnya. Madu merupakan produk hasil lebah yang penggunaannya paling populer karena mudah untuk didapatkan. Madu mengandung vitamin, mineral dan zat gizi yang dibutuhkan oleh kulit wajah sehingga baik untuk kesehatan.

Siapa yang tak kenal dengan madu? Semua orang sudah pasti tahu bahwa madu mempunyai banyak manfaat bagi manusia. Biasanya banyak orang memanfaatkan madu untuk kesehatan dan kecantikan, baik itu dengan cara dikonsumsi maupun dioleskan pada kulit. Seperti yang kita ketahui bahwa madu bisa dikonsumsi dengan cara langsung ataupun dicampur dengan makanan dan minuman. Selain itu, madu juga dapat digunakan sebagai pengganti gula, karena madu mempunyai rasa yang manis alami tanpa harus diolah.

Ternyata banyak sekali manfaat madu. Bukan hanya sekadar bisa diminum, tetapi madu juga bisa menjadi obat alami yang bisa membuat kita tetap sehat dan cantik. Madu juga dipercaya sebagai obat penyakit kulit, mulai dari jerawat, kulit kering, bruntusan, dan lain sebagainya.
Madu merupakan salah satu bahan yang bisa digunakan untuk perawatan kulit dan cocok untuk semua jenis kulit. Penggunaan secara teratur dapat memberikan manfaat luar biasa bagi kulit dan rambut.

Madu selain dapat memberikan cahaya pada kulit, juga memiliki kemampuan mengobati berbagai masalah kulit seperti keriput, garis-garis halus, jerawat dan bekas jerawat. madu juga dapat menenangkan kulit yang teriritasi dan membuka pori-pori tersumbat.

Madu banyak manfaatnya dan sudah terbukti khasiatnya. Produk kecantikan yang beredar sekarang ini, banyak menggunakan madu sebagai bahan utamanya. Di antaranya adalah sebagai perawatan kulit, rambut dan wajah. Sejak dahulu kala, madu dikenal sebagai bahan makanan yang memiliki khasiat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Dengan berkembanganya industri kesehatan, seperti obat-obatan, makanan, minuman, dan produk kosmetik. Sekarang madu bisa kita konsumsi dengan berbagai bentuk.

Madu juga biasanya digunakan oleh kaum wanita untuk dijadikan masker paling ampuh yang dapat mengatasi berbagai keluhan wajah. Mulai dari jerawat yang meradang, kulit kering, hingga warna kulit yang tidak merata. Ada beragam manfaat masker madu bagi kesehatan wajah. Tidak hanya melembapkan dan mencerahkan kulit wajah, beragam kandungan nutrisi di dalamnya juga diketahui efektif untuk mengatasi jerawat. Selain itu, masker madu juga dapat dengan mudah dibuat dan gunakan di rumah.

Dari penggunaan masker madu, ternyata Manfaatnya ini berasal dari kandungan vitamin, seperti vitamin C dan vitamin E, serta antioksidan flavonoid di dalamnya. Madu, yang berasa manis, memiliki berbagai kandungan mineral dan vitamin, seperti natrium, asam amino, zat besik, zink, kalsium, vitamin A, dan vitamin D.

Ada segudang manfaat madu asli untuk wajah yang bisa Anda rasakan apabila menggunakannya secara rutin. Madu lebih dari sekadar pemanis. Cairan kental ini juga memiliki manfaat kesehatan yang baik, termasuk untuk kesehatan kulit wajah. Madu mentah yang tidak dipasteurisasi memiliki potensi paling besar untuk aplikasi topikal pada kulit. Madu mentah dikemas dengan komponen yang bermanfaat untuk kulit. Langsung saja kita Intip manfaat madu untuk wajah dan terbukti ampuh untuk mengatasi berbagai keluhan kulit, yuk simak artikel berikut ini.

1. Memudarkan Bekas Jerawat

freepik.com
Foto : freepik.com

Manfaat madu untuk wajah yang tak kalah ampuh adalah meminimalkan peradangan dan menyembuhkan kulit lebih cepat. Sifat antiseptik dan antioksidan tidak hanya memperbaiki kulit yang rusak tetapi juga mempercepat proses penyembuhan bekas luka dari jerawat atau jerawat itu sendiri.

Dalam kasus seperti itu, madu dapat digunakan pada area yang bermasalah. Dari memberikan nutrisi ke jaringan yang rusak hingga mengurangi peradangan, manfaat menggunakan madu di wajah adalah menjadikannya salah satu solusi terbaik untuk mengobati luka bakar.

Campurkan satu sendok madu mentah dengan dua sendok gel lidah buaya. Campur dengan baik dan oleskan ke bagian kulit yang terbakar. Campuran ini akan menenangkan kulit Anda dan pada saat yang sama menyembuhkan kulit terbakar.

2. Mencerahkan Kulit Wajah

Pinterest
Foto : Pinterest

Mencampur madu dengan bahan alami lain, seperti lemon dan yoghurt, dapat membuat warna kulit menjadi lebih putih. Campurkan satu sendok makan yoghurt segar dan satu setengah sendok makan madu. Oleskan campuran ini ke seluruh wajah Anda dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat.

Meski penuaan tidak bisa dihindari, mencegah tanda-tanda awal penuaan sepenuhnya ada di tangan Anda. Selain menggunakan krim dan serum anti penuaan, sangat baik untuk memanjakan kulit Anda dengan kebaikan alami madu. Dengan menggunakan madu wajah dan kulit musam mampu diatasi dengan mudah, asal digunakan secara rutin dan benar.

3. Mencegah Penuaan Dini

www.freepik.com/valuavitaly
Foto : www.freepik.com/valuavitaly

Manfaat madu untuk wajah lainnya adalah sebagai anti-aging. Hal ini dikarenakan madu mengandung vitamin, mineral, asam amino, serta antioksidan lebih banyak dan lebih lengkap jika dibandingkan dengan krim anti-aging. Menggunakan madu sebagai masker wajah mampu melembapkan, menenangkan, dan menyembuhkan kulit, membuatnya sangat cocok dijadikan sebagai ramuan penangkal gejala penuaan.

Untuk mendapatkan manfaat madu untuk wajah, kamu bisa menggunakan masker madu alami pada wajah. Kemudian diamkan selama kurang lebih 15 hingga 30 menit sebelum dibilas dengan air. Lakukan kebiasaan ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Melembapkan Kulit Wajah

Freepik/benzoix
Foto : Freepik/benzoix

Madu bisa membantu melembabkan kulit wajahmu dikarenakan adanya kandungan senyawa humektan dalam madu yang mampu merawat kulit kering.

Namun, buat kamu yang memiliki kulit berminyak, tetap bisa mendapatkan Manfaat Madu Untuk Wajah karena zat pemanisnya dapat membantu mempertahankan kelembapan dan elastisitas kulit.

5. Eksfoliasi Kulit

www.freepik.com/diana.grytsku
Foto : www.freepik.com/diana.grytsku

Khasiat madu untuk kesehatan kulit lainnya yaitu untuk eksfoliasi kulit. Tidak semua eksfoliator memiliki tekstur yang kasar, karena ternyata madu yang lembut pun memiliki manfaat sebagai eksfoliator yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati di wajah. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan enzim di dalam madu.

Dari campuran oat dan madu untuk dijadikan masker dan scrub wajah. Masker yang terbuat dari oat dan madu ini cocok untuk kamu yang memiliki kulit kering karena akan melembutkan kulitmu. Sedangkan untuk kamu yang memiliki kulit yang berminyak, kamu bisa mencampurkan madu dengan tepung gram untuk dijadikan masker wajah.

7. Menghilangkan Luka Bakar di Wajah

pinterest.com
Foto : pinterest.com

Manfaat madu juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka. Penggunaan yang rutin dan teratur akan memberikan hasil yang diinginkan.

Tetapi, karena madu adalah bahan alami, tentu saja akan membutuhkan waktu yang lebih lama daripada produk yang menggunakan bahan kimia. Untuk kalian yang memiliki luka bakar atau goresan yang sulit untuk dihilangkan, alangkah baiknya mencoba masker madu atau mengoleskan madu setiap hari ke bagian bekas luka tersebut.

8. Bikin Kulit Super Glowing

Freepik
Foto : Freepik

Selain itu, manfaat madu juga dapat mencerahkan kulit agar terlihat lebih glowing. Inilah rahasia yang digunakan oleh perempuan pada masa kerajaan Mesir kuno.

Kandungan antioksidannya dapat menangkal paparan radikal bebas. Inilah yang membuat madu dapat mencerahkan kulit.

Topik Terkait